Sponsors Link

6 Penyebab Mata Berair Sebelah dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Pernahkah anda mengalami keluhan pada mata anda yang berair sebelah? Pasti bagi sebagian banyak orang pernah merasa matanya berair sebelah. Namun jangan khawatir, ini adalah hal wajar yang bisa dialami siapa saja. Mata berair sebelah dapat diatasi secara alami dengan beberapa cara. Namun sebelumnya, mari kita simak dulu penyebab mata berair sebelah seperti berikut ini.

ads

Air yang keluar dari mata berguna untuk melindungi mata dan menghalangi benda asing masuk ke mata. Jadi, sebetulnya tidak perlu khawatir juga mata anda berair saat anda kelilipan benda asing, karena air mata inilah yang akan melindungi benda asing agar tidak masuk ke mata.

Meskipun mata berair menjadi hal yang wajar, namun mata berair dapat menjadi masalah serius jika produksi air mata tidak mengalir dengan baik. Terlebih jika disertai dengan berbagai keluhan seperti adanya rasa perih dan sakit di mata, atau perubahan pada pandangan, atau adanya rasa mengganjal di area kelopak mata. Lantas apa penyebab mata berair sebelah? Berikut penjelasannya:

  1. Alergi

Alergi adalah reaksi yang terjadi antara mata terhadap asap, debu, bulu binatang dan lain-lain yang dapat menyebabkan mata gatal dan berair terus disertai kemerahan. Umumnya, mata berair karena alergi ini akan disertai dengan gejala yang khas seperti bersin-bersin, terdapat ruam-ruam merah pada kulit dan hidung menjadi tersumbat.

Solusinya, apabila anda mengalami alergi, maka anda dapat menggunakan obat sakit mata di apotik berupa tetes mata sebagai pertolongan pertama untuk mata anda. Atau anda dapat gunakan juga obat antihistamin seperti cetirizine untuk mengatasi gejala alergi pada umumnya.

  1. Mata kering

Biasanya, mata kering juga dapat menyebabkan mata menjadi berair. Hal ini terjadi karena respon tubuh yang mendeteksi bahwa permukaan mata terlalu kering sehingga otak memerintahkan kelenjar air mata untuk memproduksi air mata secara berlebih untuk melindungi mata anda.

Penyebab mata kering juga bermacam-macam seperti adanya perubahan pada hormon, kondisi medis tertentu, efek samping penggunaan obat, menatap layar HP atau computer dan televisi terlalu lama, efek membaca, ataupun pemakaian kosmetik tertentu.

Solusinya, apabila anda mengalami mata kering adalah dengan menggunakan obat tetes mata dan perbanyak minum air putih. Apabila sindrom mata kering ini memburuk maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter mengenai penanganan yang tepat karena ditakutkan mata kering sebagai kondisi medis tertentu.

  1. Saluran air mata tersumbat

Saluran air mata ini fungsinya adalah untuk menyalurkan air mata yang diproduksi ke dalam kelenjar air mata menuju ke seluruh permukaan mata. Apabila saluran ini tersumbat, maka akan terjadi penumpukan air mata yang berlebihan sehingga menyebabkan mata berair.  Biasanya, saluran air mata tersumbat karena disebabkan oleh cedera pada area mata, peradangan atau infeksi tertentu, bahkan fatalnya ini bisa jadi tumor, meski ini jarang sekali terjadi.

Solusinya, apabila anda mengalami saluran air mata yang tersumbat, hendaknya konsultasikan dengan dokter untuk tahu apa penyebabnya. Disini dokter mungkin akan meresepkan antibiotik atau pembedahan jika memang kondisinya tidak kunjung membaik.

  1. Masalah pada kornea

Kornea merupakan lapisan bening terluar pada mata yang berfungsi sebagai pelindung dan pertahanan pertama pada kuman, kotoran, atau apapun yang akan masuk ke mata. Maka, apapun yang akan mengganggu kornea mata seperti debu, goresan atau kondisi tertentu, maka mata anda akan berair. Kondisi ini juga dapat membuat mata anda menjadi kemerahan, terasa perih dan sakit dan membuat mata anda sensitive terhadap cahaya.

Umumnya hal ini berlangsung sementara, jadi tidak perlu diobati dengan pengobatan khusus. Namun, apabila kondisi ini tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut pada dokter agar diberikan pengobatan yang tepat.

  1. Masalah pada kelopak mata

Masalah pada kelopak mata dapat menyebabkan mata berair. Masalah pada kelopak mata itu seperti ektopion atau entropion. Ektopion adalah kondisi dimana kelopak mata membalik ke arah luar sehingga tepinya tidak menyentuh bola mata. Sedangkan entropion adalah kondisi dimana kulit pada kelopak mata terbalik dan terlipat ke arah dalam sehingga bulu mata menyentuh bola mata.

Sponsors Link

Solusinya, apabila anda mengalami masalah pada kelopak mata, maka anda dapat menggunakan obat tetes mata. Apabila masalah ini tidak kunjung membaik dan mengganggu kenyamanan anda, maka sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter agar diberikan penanganan yang tepat.

  1. Infeksi

Penyebab mata berair sebelah bisa juga karena infeksi. Hal ini dikarenakan adanya reaksi sistem imun pada tubuh untuk menyerang bakteri, kuman dan virus yang akan menyebabkan terjadinya infeksi tersebut. Infeksi pada mata contohnya seperti konjungtivitis, yaitu kondisi mata menjadi merah, bintitian, dan infeksi lainnya yang membuat mata berair.

Solusinya, apabila anda mengalami infeksi pada mata, maka gunakan obat tetes mata untuk mengurangi infeksi tersebut. Namun, apabila tidak kunjung membaik segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter agar diberikan penanganan yang tepat.

Untuk mengatasi mata berair sebelah, dapat dilakukan di rumah dengan bahan sederhana seperti:

  • Kompres mata dengan menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat. Lakukan ini secara rutin untuk mengurangi rasa perih dan sakit pada mata.
  • Menggunakan obat tetes mata guna menghindari mata kering.
  • Gunakan antibiotik yang diresepkan oleh dokter untuk mengatasi mata berair yang disebabkan konjungtivitis dan infeksi pada mata.
  • Konsumsi antihistamin jika penyebab mata berair adalah alergi.

Namun apabila cara mengatasi tersebut sudah dilakukan secara rutin dan berkepanjangan tetapi mata belum juga membaik maka sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter agar diberikan penanganan yang tepat. Atau bisa saja operasi menjadi salah satu pilihan untuk menangani masalah tersebut.

Namun, apabila mata berair ini tidak begitu mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Mungkin tidak perlu perawatan khusus dan hanya perlu perawatan sederhana dirumah seperti yang tadi telah disebutkan di atas.

Umumnya, mata yang berair sebetulnya tidak memerlukan perawatan khusus. Hal ini dikarenakan mata yang berair biasanya dapat membaik dengan sendirinya. Meski terkadang masalah mata berair ini sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas, namun dapat dilakukan pengobatan sederhana yang rutin dilakukan di rumah. Namun, kita tetap harus berhati-hati karena bisa saja mata berair yang kita anggap sepele ini justru membutuhkan penanganan dan pengobatan khusus.

, ,