Sponsors Link

Apa Penyebab Mata Berurat Merah?

Sponsors Link

Ada banyak sekali jenis penyakit mata, mulai dari yang ringan hingga bisa menjadi penyebab kebutaan mata. Lalu, bagaimana dengan penyebab mata berurat merah? Apakah hal tersebut akan membahayakan atau tidak? Berikut adalah pembahasannya.

ads

Urat Mata Merah

Beberapa orang mungkin pernah mengalami kondisi sakit mata yang menyebabkan mata terlihat merah, bahkan timbul urat tipis yang terlihat dari bola mata yang berwarna putih. Apakah hal tersebut berbahaya? Ada beberapa penyebabnya yang menjadikan hal tersebut terjadi.

1. Dipengaruhi oleh tekanan darah tinggi

Jika Anda menemukan mata Anda dalam keadaan merah, plus muncul urat merah namun tidak terasa sakit sama sekali, kemungkinan besar itu dipengaruhi karena tekanan darah tinggi Anda yang mulai naik. Tekanan darah yang terlalu tinggi akan menyebabkan pembuluh darah Anda mulai menegah, termasuk salah satunya pembuluh darah pada bagian bola mata. Oleh karena itulah kondisi mata dan urat mata merah akan terjadi.

2. Gangguan konjungtiva

Penyebab selanjutnya adalah bisa saja Anda mengalami gangguan konjungtiva yang mengakibatkan mata mengeluarkan urat tipis yang merah. Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh bakteri, virus atau bisa juga karena mengalami alergi sesuatu. Selain mata merah dan mengeluarkan urat, Anda juga akan mengalami gejala lain seperti mata yang berair dan sedikit perih, Anda juga akan mengeluarkan kotoran mata sangat banyak, dan biasanya akan ada kerak kotoran di sekitar mata.

Ini merupakan  jenis penyakit mata  yang tidak terlalu parah sebenarnya, namun sangat mengganggu dan merupakan  penyakit mata yang menular. Jadi sebaiknya saat mengalami masalah konjungtiva, Anda harus menggunakan kacamata guna melindungi mata Anda dan penyebaran penyakitnya.

3. Iritasi karena softlens

Apakah Anda pengguna softlens? Nah, mungkin urat merah yang keluar dari mata karena Anda memiliki masalah dengan penggunaan softlensnnya yang menyebabkan mata Anda terkena iritasi dan menjadi penyebab iritasi mata merah. Beberapa orang biasanya akan mengalami masalah ini, karena memang tidak cocok saat penggunaan softlense.

Atau bisa juga ini disebabkan karena softlense Anda yang kotor atau karena sudah masuk masa kadaluarsa. Untuk memastikannya, cobalah melepaskan softlense selama beberapa hari dan gunakan obat tetes mata di apotik jika semakin membaik artinya softlense Anda lah akar masalahnya.

4. Mata lelah dan stress

Mata merupakan indera penglihatan yang sangat sering digunakan, dan Anda hanya akan mengistirahatkannya saat tidur saja. Saat mata Anda tidak mendapatkan jatah istirahat yang cukup maka mata akan sangat kelelahan dan stress, ia akan bekerja di luar batas kemampuannya. Apakah kondisi ini membahayakan? Tentu saja, jika Anda tidak kunjung istirahat mata akan mulai merah dan timbul urat merah. Selain itu kesehatan Anda juga akan sangat terganggu.

Sponsors Link

5. Luka pada bagian dalam mata

Beberapa orang sering kali tidak menyadari kalau matanya terdapat luka, yang bisa disebabkan oleh serangga atau benda asing yang masuk ke mata. Hal tersebut akan mengakibatkan mata merah dan mengeluarkan urat mata yang merah juga. Jika Anda mengalami rasa nyeri pada mata secara tiba-tiba sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar kondisinya tidak semakin parah.

Itulah, penyebab mata berurat merah yang bisa membahayakan dan bisa juga tidak. Anda hanya perlu menjaga kesehatan mata dengan baik, jangan terlalu membuat mata lelah dan konsumsilahmakanan untuk menjaga kesehatan mata. Hindari juga penggunaan softlens yang sudah memasuki masa kadaluarsanya.

, ,