Sponsors Link

8 Penyebab Mata Bintitan Pada Anak

Sponsors Link

Bintitan merupakan kondisi bintil yang akan muncul seperti jerawat dan biasanya akan menyakitkan. Kondisi bintitan biasanya akan menyerang bagian kelopak mata. Bintitan bukan jenis penyakit mata  yang membahayakan, jadi jika menyerang anak, Anda sebagai orang tua tidak perlu terlalu khawatir. Lalu apa yang menjadi penyebab mata bintitan pada anak? Berikut ulasannya.

ads

1. Bintintan disebabkan bakteri

Penyebab bintitan yang bisa menyerang anak adalah bisa disebabkan karena bakteri yang bernama stafilokus. Bakteri ini biasanya akan dibawa oleh kotoran yang bisa menempel pada tangan anak. Saat bakteri menempel dan anak tidak sengaja menyentuh mata maka akan menyebabkan terjadinya bintitan. Bakteri akan masuk lewat kelenjar minyak atau bagian saluran keringat.

2. Mata anak terkena debu

Penyakit Mata pada Anak seperti bintitan  juga bisa disebabkan karena mata anak kemasukan debu. Misalnya saja saat Anda sedang menyapu tiba-tiba dengan tidak sengaja debu masuk ke mata anak, maka hal tersebut akan memicu terjadinya bintitan.

3. Mata mengalami bisul

Bintitan yang terjadi pada anak juga bisa saja disebabkan karena adanya bisul pada mata. Bisul adalah benjoolan merah yang ada pada kulit, dan biasanya akan sakit dan bernanah. Benjolan ini akan muncul karena bakter penyebab inflamasi folikel rambut. Sehingga jika kondisi tersebut terjadi pada bagian mata, akan memicu terjadinya bintitan.

4. Anak yang mengalami alergi karena pelembab

Seorang ibu biasanya akan memberikan lotion atau pelembab pada anak. Baik lotion untuk muka atau pun untuk badan. Namun jika ternyata anak tidak cocok dengan loito yang Anda berikan biasanya anak akan mengalami alergi yang juga akan memicu terjadinya bintitan. Kondisi ini bukan merupakan  penyebab kebutaan mata sehingga Anda sebagai orang tua tidak perlu merasa khawatir.

5. Lotion masuk ke mata

Selain karena alergi lotion, bintintan pada anak juga bisa disebabkan karena lotion yang secara tidak sengaja masuk ke dalam mata. Jika hal ini terjadi, biasanya mata akan terasa sakit kemudian akan memicu terjadinya bintitan dimulai dengan adanya benjolan kecil pada mata. Jika Anda melihat kondisi ini terjadi pada anak, cobalah untuk mengompres matanya menggunakan air dingin.

6. Tangan anak yang kotor

Bintitan juga bisa terjadi karena kondisi kebersihan anak. Misalnya tangan anak yang kotor, sehingga menyimpan banyak sekali bakteri. Saat tangan menyimpan banyak sekali bakteri, kemudian anak mengucek mata menggunakan tangan maka akan memicu terjadinya perpindahan bakteri ke mata sehingga akan menyebabkan terjadinya bintitan. Bintitan bukan merupakan  Penyakit Mata yang Menular sehingga sebagai orang tua Anda tidak perlu merasa khawatir.

Sponsors Link

7. Barang yang digunakan tidak steril atau bersih

Bintitan pada anak juga bisa diakibatkan karena penggunaan barang-barangnya yang tidak steril atau tida bersih. Akibatnya akan cukup banyak bakteri yang menempel, misalnya salah seperti alat makan yang sering di gunakan anak. Karena pada dasarnya bakteri akan hinggap dan menempel dimana saja, sehingga akan lebih baik Anda sebagai orang tua bisa membantu menjaga kondisi kebersihan barang pribadi yang biasa anak gunakan.

8. Penggunaan air yang kotor

Penggunaan air yang kotor juga bisa menjadi salah satu sebab lainnya anak mengalami kondisi bintitan. Misalnya saja, air yang digunakan anak setiap hari ternyata kotor kemudian digunakan untuk membasuh wajahnya, maka akan memicu terjadinya bintitan. Untuk mengatasi bintitan, Anda bisa coba menggunakan obat tetes atau  obat sakit mata di apotik.

Itulah 8 penyebab mata bintitan pada anak yang bisa terjadi kapan saja. Kebersihan adalah hal yang paling penting untuk dijaga agar mata anak tidak mengalami bintitan, karena kondisi bintitan akan sangat mengganggu bahkan membuatnya rewel.

, , ,