Sponsors Link

5 Penyebab Mata Buta Mendadak dan Gejala Awalnya

Sponsors Link

Pernahkah Anda mengalami kondisi tidak bisa melihat secara tiba-tiba? Jika pernah, mungkin itu bisa berbahaya atau mungkin juga hanya karena kondisi kelelahan. Ya, normalnya jika memang mata Anda mengalami kondisi sangat kelelahan Anda bisa saja tiba-tiba tidak bisa melihat namun hanya dalam waktu hitungan detik saja penglihatan juga sudah bisa kembali. Lalu apa yang menjadi penyebab mata buta mendadak dan gejala awalnya? Berikut ulasannya.

ads

1. Kerusakan pada retina

Retina merupakan permukaan fokus di bagian belakang mata. Setiap ada kerusakan yang terjadi pada retina, seperti misalnya retina yang terpisah atau ada lubang makula maka bisa menjadi pemicu Anda mengalami buta mendadak. Kondisi retina terpisah bisa menyebabkan kerugian secara total dari visi pada mata yang terserang, atau hanya menyebabkan kehilangan secara parsial maka akan membuatnya seperti tirai yang menghalangi pada bagian visi Anda.

Sedangkan makula merupakan daerah fokus sentral pada retina dan letaknya ada di belakang mata. Saat lubang makula terjadi maka akan mengakibatkan hilangnya penglihatan secara sentral. Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami adalah bisa dengan cara mengkonsumsi makanan mengandung vitamin A.

2. Mengalami pendarahan

Pendarahan yang dimaksud adalah pendarahan vintreous. Beberapa kondisi mata kemungkinan akan mengakibatkan dar menjadi bocor ke bagian vitreous atau gel yang ada di dalam mata. Kondisi ini dinamakan pendarahan vintreaous. Apabila Anda mengalami kondisi ini, maka akan mengakibatkan terblokirnya cahaya yang masuk mata, sehingga secara mendadak penglihatan Anda akan kabur.

3. Mengalami kondisi medis tertentu yang cukup serius

Ada juga kondisi medis tertentu yang bisa menjadi penyebab mata buta mendadak. Misalnya saja ketika seseorang mengalami stroke atau tumor otak, maka bisa saja penyakit tersebut memicu terjadinya kebutaan yang secara tiba-tiba.

4. Glaukoma

Glaukoma merupakan jenis penyakit mata dimana kondisi yang biasanya akan terjadi saat ada tekanan cairan pada salah satu atau bisa juga kedua mata yang meningkat secara bertahap. Tekanan ini akan merusak saraf optik dan juga retina yang akan mengakibatkan adanya penurunan pada penglihatan tepi dengan bertahap.

Kehilangan yang terjadi pada penglihatan karena glaukoma tidak bisa dikembalikan atau akan menjadi permanen. Namun  Cara Mengobati Sakit Mata dengan Cepat penyakit ini bisa saja di obati lewat penggunaan tetes mata atau dengan berkala sehingga Anda bisa saja menyadari kondisinya lebih awal.

5. Mengalami kondisi penyumbatan arteri retina

Penyebab kebutaan mata mendadak bisa karena penyumbatan yang terjadi secara tiba-tiba bisa merupakan hasil dari adanya pembekuan darah atau potongan kecil materi yang lepas dan masuk ke dalam arteri. Sehingga arteri yang mengarah ke saraf optic bisa diblokir dengan cara yang sama dan juga bisa mengakibatkan adanya peradangan pada mata.

Sponsors Link

Gejala Awal

Berikut ini adalah gejala awal Anda mengalami kebutaan mendadak:

  1. Ketika melihat objek Anda akan melihatnya menjadi 2, padahal hanya terdapat 1 objek.
  2. Pandangan mata juga tidak akan bisa fokus pada objek yang bisa dilihat.
  3. Anda akan mengalami penglihatan yang mulai kabur atau buram.
  4. Anda akan mengalami penurunan penglihatan secara mendadak.
  5. Mata akan terlihat merah dan juga bol mata akan sedikit sakit, bahkan bisa menyebar dan menyebabkan sakit kepala.
  6. Anda akan tiba-tiba bisa melihat kilatan cahaya atau adanya floaters, biasanya bisa berupa bintik hitam, benang atau jaring jaring sehingga terlihat seperti ada tirai yang menjadi penghalang pada penglihatan Anda.

Itulah 5 penyebab buta mendadak dan gejala awalnya yang perlu Anda ketahui, karena bisa saja penyebab tersebut menjadi alasan mengapa Anda mengalami buta mendadak. Untuk menjaga kesehatan mata ada baiknya sejak dini Anda sudah mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata agar bisa mencegah terjadi kelainan pada mata.

, , ,