Sponsors Link

10 Penyebab Mata Buta Sebelah Secara Tiba-Tiba

Sponsors Link

Kehilangan penglihatan dan menjadi buta akan menjadi kondisi yang sangat buruk untuk semua penderitanya. Termasuk jika kebutaan hanya menyerang satu sisi mata sementara bagian mata yang lain bisa melihat secara normal. Kondisi kebutaan ini juga bisa disebabkan oleh banyak kondisi, termasuk jika terjadi secara mendadak atau bahkan secara bertahap.

ads

Ada beberapa penyebab mata buta mendadak yang terkadang disadari dan tidak disadari. Bisa saja kondisi ini berhubungan dengan penyakit tertentu, dan bisa juga karena kejadian yang berlangsung dengan cepat. Nah berikut ini kami berikan beberapa penyebab mata buta sebelah secara tiba-tiba.

1. Trauma pada Mata

Penyebab pertama yang paling sering menyebabkan kebutaan sebelah mata adalah adanya trauma yang terjadi secara langsung pada mata. Trauma mata ini bisa jadi karena pukulan, kecelakaan, hantaman dan terkena cairan kimia yang merusak mata. Kondisi ini yang kemudian akan menyebabkan beberapa organ mata dan syaraf pada bagian dalam mata mengalami kerusakan sehingga terjadi kebutaan. Kebutaan karena trauma mata bisa berlangsung sementara saja atau bersifat permanen yang tidak bisa diatasi.

Perawatan

Perawatan pasca trauma perlu dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan seperti:

  • Jika terkena pukulan maka cobalah untuk kompres dingin, analisa luka di dalam dan sekitar mata, jahitan pada luka dan pemberian obat untuk mengatasi pendarahan, serta disarankan untuk istirahat berbaring.
  • Jika terkena benda asing maka harus segera pergi ke dokter. Perawatan yang diperlukan seperti pemberian obat tetes mata, pengambilan benda asing dengan alat steril, dan menutup mata sementara setelah mata dibersihkan.

2. Syaraf Mata Terlepas

Penyebab lain dari kebutaan sebelah mata juga bisa terjadi karena adanya syaraf mata yang terlepas dari pusatnya. Kondisi ini bisa disebabkan karena tekanan besar yang terjadi dari bola mata. Misalnya saja pada penderita penyakit glaukoma. Selain terjadi pada penderita glaukoma juga bisa menyerang penderita rabun jauh dengan minus yang sangat tinggi sehingga tekanan bola mata cukup besar.

Perawatan untuk kondisi ini harus dilakukan secara medis oleh dokter mata. Jika disebabkan oleh glaukoma maka tidak bisa disembuhkan tapi mata yang masih bisa melihat bisa dipertahankan agar tidak cepat mengalami kerusakan.  

3. Lensa Mata Kerung

Lalu ada juga penyebab kebutaan sebelah mata akibat adanya penumpukan penghalang pada refraksi mata. Kondisi ini yang kemudian bisa terjadi pada penderita penyakit katarak. kondisi ini masih bisa dirawat dengan prosedur operasi untuk menghapus kekeruhan pada mata. Katarak tidak bisa diobati dengan kacamata sehingga operasi menjadi jalan yang efektif. Jadi ini menjadi salah satu penyebab kebutaan mata yang sangat meresahkan untuk semua usia.

4. Penyakit Infeksi Uveitis

Ternyata penyakit mata uveitis juga bisa menyebabkan kebutaan. Infeksi yang terjadi pada bagian mata ini bisa membuat cahaya sulit untuk masuk ke bagian organ mata, sehingga tidak ada bayangan yang tertangkap oleh lensa mata.

Ada banyak penyebab uveitis yang bisa terjadi pada semua orang seperti : cedera pada mata, infeksi akibat penyakit yang mempengaruhi sistem imunitas seperti HIV/AIDS, lupus, toksoplasma, TBC, penyakit autoimun, dan terkena bahan kimia yang masuk ke mata.

5. Dampak Stroke

Untuk penderita stroke maka gangguan yang terjadi pada sistem syaraf pusat bisa menyebabkan kebutaan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika gangguan sistem saraf yang menghubungkan mata dan otak sudah mengalami kerusakan. Dampaknya bisa memicu kebutaan secara mendadak dan biasanya bersifat sementara atau permanen.

6. Penyakit Kanker Mata

Penyakit kanker mata atau retinoblastoma adalah penyakit yang berkembang secara perlahan dan biasanya menyerang anak-anak. Namun juga bisa terjadi pada orang dewasa dimana ancaman penyakit ini bisa menyebabkan kebutaan dan komplikasi. Sayangnya gejala penyakit ini sering diabaikan karena mirip sebagai gejala penyakit mata biasa. Jadi beberapa gejala yang perlu diwaspadai seperti: penglihatan terus menurun, sakit mata, demam, mata bengkak, mata berair, tekanan pada bola mata, dan terkadang warna mata berbeda dengan warna mata normal.

7. Kondisi Papilledema

Kondisi lain yang menyebabkan kebutaan pada sebelah mata adalah papilledema. Kondisi ini terjadi akibat tekanan pada saraf mata yang dimulai dari tekanan pada area kepala. Biasanya setelah satu mata kehilangan penglihatan maka bagian mata yang lain akan ikut terkena dampaknya. Kondisi ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena biasanya kebutaan bersifat sementara. Hanya saja untuk mengetahui penyebabnya maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan dengan MRI.

8. Dampak Migrain

Orang yang terkena migrain bisa saja mengalami kebutaan mendadak baik itu terjadi pada satu atau dua mata sekaligus. Biasanya kebutaan sementara ini berlangsung antara 10 sampai 60 menit. Kondisi ini diawali dengan rasa sakit pada satu sisi kepala, tekanan yang berat dan kemudian mata melihat lingkaran atau aura. Tidak perlu khawatir karena kondisi ini hanya bersifat sementara.

9. Kondisi Amaurosis fugax

Penyakit amaurosis fugax adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan penglihatan pada salah satu mata yang diawali dengan rasa nyeri dan tekanan selama beberapa detik. Biasanya kondisi ini terjadi pada orang yang berusia lanjut dan penderita diabetes. Bahkan penderita tekanan darah tinggi dan hiperlipidemia juga bisa mengalami kondisi yang sama. Awalnya kondisi ini terjadi karena adanya sumbatan yang mengalami pembuluh darah pada retina. Pemeriksaan lebih lanjut dengan CT Scan sangat disarankan untuk menemukan perawatan yang tepat.

10. Insufisiensi Arteri pada Otak

Beberapa orang yang hidup dengan penyakit tertentu kemungkinan juga bisa mengalami kebutaan karena menderita insufisiensi arteri pada bagian otak. Kondisi ini harus mendapatkan perawatan lanjutan untuk mengetahui penyebab masalah aliran darah antara batang otak, bagian belakang batang otak dan otak kecil. Ketika terjadi gangguan aliran darah pada area ini maka kebutaan singkat bisa terjadi secara mendadak.

Ternyata ada banyak sekali penyebab mata buta sebelah secara tiba-tiba. Kondisi ini memang tidak boleh diremehkan, karena itu segera temui dokter mata untuk diperiksa lebih lanjut.

, ,



Oleh :