Sponsors Link

5 Penyebab Mata Cekung

Sponsors Link

Mata menjadi cekung bahkan lebih cekung dari biasanya, pernahkah Anda mengalami hal tersebut? Kondisi ini bisa dialami siapa saja, namun paling sering dialami oleh orang dewasa. Lantas, apa sih yang menjadi penyebab mata cekung? Untuk mengetahuinya, berikut pembahasannya.

ads

1. Mata cekung karena kurang tidur

Masalah kurang istirahat atau kurang tidak bukan hal yang bisa dianggap sepele. Kondisi mata yang menjadi semakin cekung karena kurang tidur bisa sangat membahayakan untuk tubuh. Bahkan kurang tidur juga bisa sangat memberikan masalah pada ingatan, tekanan darah, diabetes dan terkadang berpengaruh pada psikologi seperti mudah merasa stress.

2. Diet yang tidak tepat atau terlalu ekstrim

Kondisi mata cekung juga bisa disebabkan karena kesalahan saat menjalankan program diet. Sebenarnya, diet sendiri sangat dianjurkan bila memang Anda memiliki berat badan yang berlebihan. Namun cara dietnya itu yang terkadang selalu menjadi penyebab berbagai macam masalah kesehatan. Jangan sampai, penurunan berat badan Anda benar-benar drastis dalam satu waktu, ini malah akan menyebabkan lapisan lemak yang ada pada wajah membuat mata terlihat lebih cekung dan membuat kesehatan semakin terganggu. Lakukanlah diet seimbang dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan tanpa lemak. Ingat, melakukan diet bukan berarti Anda tidak boleh makan ya, namun Anda perlu mengurangi intensitas makanan yang masuk khususnya makanan yang berlemak.

3. Mengalami dehidrasi

Dehidrasi atau kondisi hilangnya sejumlah air dari tubuh juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami mata cekung. Bahkan bila memang terkena dehidrasi, Anda juga bisa saja menjadi lemas dan mengalami gangguan kesehatan tertentu. Penuhilah kebutuhan air untuk tubuh, 8 sampai 10 gelas per harinya. Konsumsi 2 gelas air setelah tidur, 2 gelas air saat pukul 9 pagi, 2 gelas air saat tengah hari, dan 2 gelas air saat sore hari, selain itu sebelum tidur juga Anda dianjurakan untuk minum 1 gelas air pada malam hari.

4. Proses pemulihan

Penyebab mata cekung juga bisa saja diakibatkan karena Anda sedang mengalami proses pemulihan. Misalnya saja, Anda baru sembuh karena penyakit demam berdarah, hal tersebut biasanya akan menyebabkan adanya lingkaran hitam pada bagian bawah mata, sehingga mata akan terlihat lebih cekung. Anda sebaiknya benar-benar harus beristirahat ya, jangan dulu melakukan aktivitas berat agar lingkaran hitam dan mata cekungnya tidak semakin parah dan kesehatan kembali pulih.

5. Kurang mengkonsumsi vitamin

Apakah Anda kurang bahkan tidak pernah mengkonsumsi vitamin? Hati-hati hal tersebut juga bisa menyebabkan mata Anda menjadi cekung. Kondisi malnutrisi bisa mengakibatkan muncul lingkaran hitam sekaligus mata cekung sehingga membuat kondisi menjadi terlihat tidak segar. Khususnya bila Anda kekurangan vitamin C dan juga K serta kekurangan zat besi, itu akan membuat Anda terlihat sangat lelah serta berwajah kusam. Oleh sebab itulah, Anda sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin untuk tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin khusus yang dibeli di apotik atau bisa juga mendapatkannya dari makanan, seperti buah-buahan dan sayuran misalnya.

Itulah 4 penyebab mata cekung yang bisa menimpa siapa saja. Mata cekung dengan penyebab di atas memang sangat erat kaitannya dengan kesehatan, sehingga sangat dianjurkan Anda selalu menjaga kesehatan agar selalu terlihat bugar dan tidak mengalami masalah pada bagian tubuh mana saja, termasuk mata. Namun, sebenarnya untuk Anda yang memang memiliki mata cekung sejak lahir tidak perlu merasa khawatir karena hal tersebut tidak membahayakan karena memang terpengaruh genetic.

, ,