Sponsors Link

7 Penyebab Mata Celong yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Pernahkah anda mengalami ketidak percayaan diri karena mata anda terlihat lelah, hitam, dan celong? Mata celong atau cekung adalah sebuah kondisi dimana mata bagian bawah anda terlihat terdorong kedalam dan terdapat lingkaran hitam. Mata celong biasanya dialami oleh sebagian orang dewasa.  Jangan merasa gelisah, sebaiknya anda ketahui dahulu penyebabnya, setelah itu anda bisa mengatasinya dengan mudah. Berikut 7 penyebab mata celong yang wajib anda ketahui :

ads

1. Pola Tidur yang Tidak Teratur

Tidur merupakan kebutuhan yang cukup penting untuk kehidupan manusia. Dengan tidur manusia akan mendapatkan energinya kembali. Maka bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika manusia tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Selain berpengaruh pada kondisi tubuh, yakni lemas dan pusing. Waktu tidur yang kurang juga bisa mempengaruhi kondisi mata, mulai dari mata yang terlihat lelah, sering berair, hingga mata yang semakin celong. Tidurlah yang cukup yakni sekitar 8 jam perhari, jangan pernah paksakan mata anda untuk terus melihat ketika kondisi anda sudah mulai lelah di malam hari.

2. Salah Satu Tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia maka elastisitas kulit manusia pun akan menurun. Jika usia anda sudah lebih dari 30 tahun maka adanya cekungan pada mata mungkin akan terlihat wajar. Untuk menguranginya anda bisa melakukan berbagai perawatan untuk menjaga mata akan tetap terlihat sehat dan segar. Banyak sekali perawatan yang bisa anda lakukan untuk menjaga kekencangan kulit mata diantaranya adalah menggunakan masker atau eye cream yang dapat menjaga kelembaban kulit mata anda. Namun jika anda berusia dibawah 20 tahun dan sudah mengalami hal tersebut maka dapat dipastikan munculnya cekungan pada mata anda juga dipengaruhi oleh faktor lain.

3. Stress

Stress bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah banyaknya pikiran yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh anda, beberapa perubahan pun kerap terjadi ketika anda mengalami stress. Seperti kurang tidur, tidak mau makan, dan sikap penolakan lainnya yang membuat kondisi tubuh anda terlihat lemah dan kurang energi. Ketika lemak tubuh anda berkurang akibat stress, itu akan membuat perubahan nyata pada bentuk tubuh anda seperti terlihat sangat kurus, juga termasuk munculnya lingkaran hitam pada mata dan terlihat cekung.

4. Tidak Merawat Kesehatan Mata Dengan Baik

Anda suka melakukan perawatan tubuh? banyak orang yang senang melakukan perawatan tubuh terutama kaum wanita. Wanita seringkali lebih memperhatikan penampilannya dengan baik sehingga mereka kerap kali melakukan perawatan terutama kulit wajah. Namun ada hal yang kerap kali dilupakan saat melakukan perawatan wajah, yaitu kulit mata. Memang terlihat sepele pada awalnya. Namun melakukan perawatan pada kulit mata juga merupakan hal yang sangat penting. Memiliki kondisi kulit mata yang sehat dan lembab akan mempengaruhi penampilan anda. Jika anda tidak merawatnya dengan benar, maka hal tersebut beresiko memunculkan tanda-tanda seperti penuaan dini, kulit mata yang kering, dan bahkan timbulnya cekungan mata.

5. Faktor Keturunan

Ada beberapa ras yang memang memiliki mata yang terlihat cekung dibanding yang lainnya. Seperti orang-orang Arab, India, dan beberapa orang di daerah Sumatera memiliki tulang mata yang relative lebih cekung sehingga jika dilihat dari jauh akan terlihat lebih gelap. Jika anda termasuk salah satu diantara mereka maka hal tersebut merupakan hal yang wajar.

6. Mengalami Dehidrasi

Anda merasa lemas dan kantung mata anda terlihat cekung ? hati-hati mungkin anda sedang mengalami dehidrasi. Ya, dehidrasi juga dapat menyebabkan mata terlihat cekung karena kurangnya cairan dalam tubuh. Rajin-rajinnya meminum air putih untuk mengembalikan kebugaran tubuh anda sehingga mata anda pun akan terlihat sehat dan segar.

7. Kurang Asupan Vitamin

Penyebab lainnya adalah mungkin saja anda kurang mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamain yang baik untuk kesehatan mata. Seperti wortel atau beberapa sayuran yang mengandung vitamin A lainnya. Selain vitamin A, kurangnya mengonsumsi vitamin C dan K juga dapat menyebabkan tubuh terlihat lemas dan kurang bertenaga. Oleh karenanya mulailah mengonsumi banyak makanan yang mengandung banyak vitamin. Baik vitamin yang baik untuk kesehatan mata, maupun kesehatan tubuh dan kulit.

Itulah 7 penyebab mata celong atau cekung. Setiap penyebab pasti memiliki solusinya masing-masing. Namun hal umum yang dapat anda lakukan untuk menghindari mata cekung ialah menjaga kesehatan anda, terutama asupan mineral dan vitamin yang baik kesehatan tubuh. Jaga pula pola tidur dan rajin-rajinlah berolahraga. Mari jaga kesehatan mata kita untuk menunjang penampilan yang lebih baik!

, , ,