Sponsors Link

6 Penyebab Mata Cepat Lelah dan Tips Mengatasinya

Sponsors Link

Hampir semua orang pasti pernah mengalami ngantuk pada pagi atau siang hari. Mata akan sangat terasa berat dan ingin sekali tidur saat itu juga. Namun kondisi mengantuk mungkin bisa dinilai wajar jika Anda pada malam sebelumnya tidak tidur atau begadang. Tetapi, apa penyebab mata cepat lelah lainnya yang bisa mempengaruhi Anda? Apakah mata lelah adalah salah satu indikasi kemunculan  Jenis penyakit mata berbahaya? Berikut ulasannya.

ads

1. Kurang istirahat

Kurang istirahat tentu bisa menjadi penyebab utama Anda mengapa mengalami kondisi mata yang selalu cepat lelah. Anda mungkin terlalu sering terjaga pada malah hari padahal siangnya Anda harus melakukan aktivitas. Kurang istirahat disebabkan begadang akan mengakibatkan oksigen oksigen dalam darah kekurangan dan otot yang ada di mata mengalami penyusutan.

2. Terlalu lama melihat layar gadget, tv atau komputer.

Gejala mata yang cepat lelah tentu saja akan timbul kapan saja, baik saat Anda sedang mengemudi atau sedang bekerja. Penyebab selanjutnya yang juga bisa menyebabkan Anda mengalami kondisi mata yang cepat lelah adalah karena Anda terlalu lama dan terlalu sering melihat layar gadget, tv atau komputer. Saat Anda melihat pada layar maka otot mata Anda akan terasa tegang secara terus menerus, kemudian memaksa retina serta kornea mata untuk fokus dan bisa menangkap visual serta cahaya apa yang sedang Anda lihat. Hati-hati efek radiasi hp terhadap mata bisa menyebabkan mata mengalami kondisi paling buruk seperti katarak dan kebutaan.

3. Efek dari ruangan yang kurang cahaya

Apakah Anda sering menghabiskan waktu di ruangan yang kurang pencahayaannya? Hati-hati mungkin hal tersebutlah yang menyebabkan mata Anda sering merasa lelah. Ruangan yang kurang pencahayaan dan suhu yang dingin karena AC akan memaksa jaringan mata untuk bekerja lebih keras dan tetap fokus pada objek yang sedang dilihatnya. Jika hal ini berlangsung dalam waktu cukup lama maka akan mengakibatkan mata menjadi lelah, bahkan sering terasa pedih dan berair.

4. Sering mengeluarkan air mata

Mungkin kondisi ini akan dialami oleh seorang actor yang memaksanya harus terus bisa mengeluarkan air mata. Jika hal ini terlalu sering dilakukan maka akan mengakibatkan mata mudah cedera dan penyebab iritasi mata merah karena kelenjar yang biasanya memproduksi air mata terus di paksa mengeluarkan air mata. Sehingga akan menyebabkan adanya pembengkakan pada sekitar kelopak mata dan mata akan sangat mudah lelah dan mengantuk.

5. Mengemudi terlalu lama

Kondisi mata lelah juga bisa saja dirasakan oleh seseorang yang sering mengemudi dalam waktu lama. Misalnya ia bisa menghabiskan 4 sampai 5 dalam sehari untuk terus mengemudi. Hal tersebut akan memaksa mata untuk terus fokus, jika mengalami lelah sedikit mungkin pengemudi akan terus saja memaksanya untuk fokus. Hal ini sangatlah buruk karena bisa mengakibatkan otot mata malah menjadi tegang, akibatnya bisa saja pengemudi malah tiba-tiba tertidur saat sedang menyetir.

Sponsors Link

6. Stress

Stress juga bisa menjadi salah satu penyebab lainnya yang menyebabkan mata Anda terasa sering sekali lelah. Keadaan stress juga akan mempengaruhi pada ketegangan otot matanya. Sehingga pada situasi yang sama bukan hanya pikirannya saja yang merasa stress namun otot pada tubuhnya pun akan ikut terpengaruh.

Tips Mengatasi Mata Lelah

Tips terbaik untuk mengatasi mata Anda yang sering kelelahan tentu saja dengan beristirahat yang cukup. Atau saat Anda sedang bersantai, Anda bisa coba Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami dengan mengompres mata menggunakan kantung teh yang sudah direndam dalam air es, tujuannya adalah agar mata tetap dalam keadaan segar.

Itulah 6 penyebab mata cepat lelah dan tips mengatasinya yang perlu Anda ketahui agar bisa menghindari resiko terburuknya. Jika mata Anda sering sekali mengalami gangguan cobalah konsumsi  makanan untuk menjaga kesehatan mata agar mata lelah tidak memicu penyakit mata yang lebih bahaya.

, , , ,