Sponsors Link

7 Penyebab Mata dan Badan Bayi Kuning Saat Baru Lahir

Sponsors Link

Kesehatan mata menjadi salah satu perhatian penting untuk semua orang. Termasuk untuk bayi yang baru saja lahir. Dokter akan memeriksa dengan teliti apakah mata bayi dalam kondisi yang normal, adakah penyakit mata bawaan dan kondisi medis lain. Hal ini karena bayi yang baru lahir bisa saja terkena beberapa penyakit seperti konjungtivitis, ambliopia atau mata malas, mata juling dan mata kuning.

ads

Nah dari keempat masalah kesehatan mata tersebut maka hal paling umum yang ditemukan pada bayi adalah mata kuning. Penyakit mata kuning pada bayi biasanya juga diikuti oleh kondisi lain yaitu semua badan bayi tampak sangat kuning. Dalam bahasa medis ini kondisi ini disebut dengan istilah jaundice. Penyebab umum kondisi ini adalah menumpuknya kadar bilirubin dalam tubuh bayi. Jika dalam kondisi normal maka biasanya warna kuning akan berubah secara alami, namun jika dalam waktu lama tidak berubah maka menandakan ada hal yang cukup berbahaya. Lalu apa saja penyebab mata dan badan bayi kuning saat baru lahir? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Penyakit Kuning

Penyebab utama dari kondisi ini adalah penyakit kuning yang  biasanya sangat umum untuk bayi yang baru lahir. Mata kuning pada bayi umur 1 minggu juga sangat umum meskipun kondisi ini tidak terjadi sejak lahir. Hal ini dianggap masih wajar jika penyebabnya karena pemecahan sel darah merah yang terjadi sangat cepat akibatnya kadar bilirubin dalam tubuh juga lebih tinggi. Jika termasuk kondisi yang normal maka akan sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari.

2. Kelainan Hati pada Bayi

Bayi yang baru lahir dan menderita kelainan hati juga akan mengalami kondisi ini. Salah satu penyakit yang paling dicurigai adalah sirosis hati. Dimana jaringan terbentuk dalam hati karena kerusakan hati sejak dalam masa perkembangan janin. Pengaruh ini bisa terjadi karena masalah yang terjadi sebagai penyakit bawaan atau pengaruh gaya hidup orang tua. Misalnya jika ibu hamil memiliki riwayat minum alkohol sebelum hamil atau selama hamil. Juga jika orang tua menderita penyakit hati sejak sebelum hamil. Jenis penyakit mata pada anak biasanya akan muncul ketika sirosis memburuk dan membutuhkan perawatan intensif termasuk dengan cangkok hati atau operasi untuk menghilangkan jaringan parut.

3. Bayi Tidak Segera Menerima ASI

Penyebab lain dari kondisi ini adalah ketika bayi tidak segera menerima ASI setelah lahir. Ibu yang baru melahirkan harus sadar bahwa memberikan ASI sejak bayi baru lahir adalah hal yang sangat penting. Termasuk dengan mulai memberikan kolostrum yang menjadi bentuk ASI pertama untuk bayi. Ketika bayi menerima ASI yang cukup maka bisa menurunkan kadar bilirubin sehingga tidak sampai terjadi jaundice. Karena itu ibu yang melahirkan secara caesar atau normal harus bekerjasama dengan pihak medis agar bisa segera memberikan ASI. Kekurangan ASI ini juga menjadi salah satu penyebab mata kuning pada bayi umur 4 hari.

4. Bayi terkena Infeksi

Infeksi pada bayi juga menjadi ancaman serius ketika sudah menyebabkan mata kuning. Kondisi ini bisa terjadi akibat infeksi bakteri, virus, atau ketika bayi mengalami kekurangan enzim tertentu yang bisa menyebabkan perdarahan internal. Terkadang kondisi ini juga paling sering muncul akibat bayi mengalami kelahiran prematur sehingga organ hati belum bisa bekerja secara normal. Infeksi yang sudah menyebar ke darah atau sepsis juga akan menyebabkan mata dan tubuh bayi menjadi kuning.

5. Masalah Pencernaan

Kondisi kesehatan organ pencernaan yang buruk juga bisa menyebabkan masalah mata dan tubuh bayi yang menjadi kuning. Kondisi ini biasanya termasuk sebagai penyakit bawaan atau sering dikenal dengan sindrom allagile. Sindrom hasil genetik ini bisa diwariskan dari salah satu DNA orang tua dan sifatnya sulit untuk dihindari. Gangguan pencernaan ini membuat hati juga tidak bisa mengirimkan enzm khusus yang bekerja untuk mendukung pencernaan bayi.

6. Penyakit Rhesus

Kelainan rhesus darah antara ibu dan bayi juga bisa menyebabkan mata bayi menjadi kuning dan semua bagian tubuh bayi. Kondisi ini bisa terjadi sejak lahir atau sejak dalam kandungan yang menyebabkan jumlah bilirubin tubuh bayi sangat tinggi. Kasus kelainan rhesus misalnya rhesus ibu positif dan bayi negatif biasanya sulit dihindari sehingga pemeriksaan jenis darah ibu dan pasangan memang sangat penting. Meskipun ini penyakit bawaan ternyata bayi kemungkinan tetap memiliki peluang hidup yang tinggi dengan perawatan yang tepat sejak lahir. Kemudian saat harus menerima transfusi darah maka harus berasal dari rhesus yang sama.

7. Penyakit Atresia Bilier pada Bayi

Salah satu penyakit yang sangat menakutkan untuk semua orang tua adalah atresia bilier pada bayi. Penyakit ini sangat sering terjadi pada bayi yang lahir secara prematur. Dimana organ hati terutama yang terhubung dengan saluran empedu tidak terbentuk dengan sempurna sehingga terjadi penyumbatan dan menyebabkan gejala seperti perut besar, mata dan tubuh bayi menjadi kuning. Perawatan untuk kondisi ini harus dilakukan cangkok hati yang membutuhkan biaya sangat tinggi. Selama belum menerima cangkok hati maka komplikasi akan terus berlanjut.

Perawatan

  1. Pemberian ASI. Jika masalah penyakit mata kuning disebabkan karena bayi belum menerima ASI maka sebaiknya bayi harus mendapatkan ASI yang cukup. Paling tidak bayi harus menerima ASI selama 12 sampai 15 kali dalam sehari. Jika tidak maka bayi bisa diberi susu formula yang bisa membuat tubuh bayi memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar bilirubin.
  2. Perawatan dengan sinar biru. Biasanya jika kadar bilirubin dalam tubuh bayi sangat tinggi maka disarankan untuk menjalani perawatan dengan sinar biru. Selama perawatan maka bayi tinggal dalam tempat khusus sampai kadar bilirubin menurun dan tubuh bayi normal. Dengan perawatan ini maka bayi juga tetap harus menerima ASI.
  3. Jangan menjemur bayi. Kemudian selama mata dan tubuh bayi masih kuning maka sangat disarankan untuk tidak menjemur bayi. Kebiasaan ini sangat efektif untuk bayi yang sehat tapi untuk bayi dengan kondisi kuning bisa menerima dampak yang sangat buruk. Lebih baik segera membawa bayi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Itulah beberapa penyebab mata dan badan bayi kuning saat baru lahir. Karena kondisi ini bisa sangat berbahaya untuk bayi maka segera bawa ke rumah sakit agar bayi bisa segera ditangani.

, ,
Oleh :