Sponsors Link

3 Penyebab Mata Kuning dan Kotor yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Pernahkah Anda mengalami gangguan jenis-jenis penyakit mata mata kuning dan kotor? Jika penyebabnya adalah debu yang masuk ke dalam mata, mungkin warna kuning dan kotor pada mata akan lekas menghilang. Namun, apa yang terjadi jika penyebabnya selain debu dan polusi udara? Biasanya warna kuning dan kotor pada mata akan hilang dalam waktu yang lama. Salah satu faktor yang menjadikan penyebab mata kuning dan kotor adalah adanya peningkatan kadar bilirubin darah akibat:

ads

1. Gangguan pada liver

Liver atau sakit hati dapat terjadi karena adanya peradangan pada organ hati. Organ hati tergolong sebagai organ terbesar kedua dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi diantaranya sebagai metabolisme hemoglobin. Jika kinerja organ hati terganggu, maka metabolisme hemoglobin pun akan terganggu. Padahal hemoglobin merupakan komponen pembentuk sel darah merah sehingga sel darah merah dapat berfungsi dengan normal.

Hati juga digunakan sebagai tempat penyimpanan zat besi sebagai bahan baku membentuk hemoglobin dan membersihkan bilirubin yang merupakan hasil buangan dari metabolisme hemoglobin atau sel darah merah. Apabila bilirubin yang terkandung dalam tubuh jumlahnya banyak akan membuat tubuh menjadi kuning. Gejala penyakit liver tersebut dapat menimbulkan kulit dan mata menjadi kuning. Jadi, ini bukan merupakan efek samping operasi katarak.

2. Penyumbatan saluran empedu

Salah satu gangguan yang paling umum yang terjadi pada saluran empedu adalah obstruksi atau penyumbatan yang disebabkan oleh batu empedu. Biasanya gejala adanya batu empedu muncul disertai dengan adanya rasa sakit pada bagian atas perut yang menjalar pada bagian tubuh lainnya seperti dada dan bahu, mual, muntah, demam, kulit kekuningan, dan warna mata kekuningan. Untuk bisa menemukan batu empedu dengan mudah yakni melalui pemeriksaan medis secara periodik atau melalui sinar-X atau USG. Tapi Anda tenang saja, ini bukan penyakit mata yang menular.

Menurut ilmu medis, batu empedu muncul karena ketidakseimbangan dalam zat-zat yang menghasilkan cairan empedu, yakni adanya jumlah kolesterol atau bilirubin yang berlebihan maupun kondisi kantung empedu yang tidak benar-benar kosong. Kolesterol tersebut dihasilkan oleh hati, namun biasanya zat kimia yang terkandung di dalam empedu dapat melarutkannya. Kecuali jika kolesterol dihasilkan dalam jumlah banyak, maka bisa saja zat kimia empedu tidak dapat melarutkannya dan lama-kelamaan akan membentuk kristal yang menjadi batu empedu. Organ hati juga mengeluarkan bilirubin. Jumlah bilirubin akan meningkat apabila terjadi sirosis hati, kelainan darah, dan infeksi saluran empedu. Jumlah bilirubin yang berlebihan juga dapat berubah menjadi kristal yang membentuk batu empedu.

3. Gangguan sel darah merah

Mata kuning dapat terjadi adanya gangguan atau kelainan pada sel darah merah. Gangguan tersebut menjadikan sel darah merah mudah pecah. Sementara itu, kelainan darah yang dapat membuat mata kuning yakni anemia hemolitik yaitu penghancuran dini sel-sel darah merah yang dapat disebabkan oleh obat-obatan yang dikonsumsi, reaksi tubuh akibat ketidakcocokan transfusi darah, atau anemia sel sabit.

Sebenarnya, mata kuning dan kotor juga disebabkan oleh efek samping pemakaian obat-obatan, seperti rifampin dan isoniazid (untuk mengobati TB), chlorpromazine (untuk menangani gangguan mental), didanosine (untuk pengobatan HIV), isotretinoin, dan obat-obatan herba. Apabila obat-obatan tersebut digunakan dalam jangka waktu yang panjang serta dosis tinggi akan menyebabkan efek samping kulit dan mata kuning.

Selain itu, mata kuning juga disebabkan oleh kondisi tubuh yang sangat lelah dan waktu istirahat yang kurang (normalnya waktu tidur untuk 6-22 tahun selama 8,5 jam per harinya, dan untuk usia dewasa dari 23 ke atas minimal 7 jam per hari).  Sebaiknya, Anda segera periksakan ke dokter bila kondisi mata berbayang bintik hitam terjadi pada Anda.

Dengan demikian, jika Anda ingin mengetahui apakah mata kuning disebabkan oleh peningkatan bilirubin atau bukan, periksakan kadar bilirubin Anda kepada dokter. Anda juga harus mengonsultasikan penyebab mata kuning dan kotor kepada dokter dengan menyampaikan informasi lengkap dari gejala fisik yang Anda alami. Konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata juga sangatlah dianjurkan agar kesehatan mata Anda selalu terjaga

, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan