Sponsors Link

5 Penyebab Mata Merah Setelah Eyelash Extension dan Perawatan

Sponsors Link

Memiliki tampilan mata yang cantik tentu menjadi keinginan semua wanita. Termasuk untuk bagian kelopak mata, bulu mata sampai alis. Kondisi mata yang jernih dan bersih juga akan membuat mata menjadi sangat menawan. Salah satu hal yang sering dilakukan oleh wanita adalah merias mata untuk bagian kelopak mata, alis, dan bulu mata. Nah, akhir-akhir ini tehnik untuk menyambung bulu mata menjadi yang banyak disukai wanita.

ads

Tehnik ini dilakukan dengan cara menyambung bulu mata asli dengan bulu mata palsu secara satu per satu. Alat yang sering digunakan adalah jenis lem khusus yang dilakukan dengan cara sangat hati-hati. Setelah melakukan eyelash extension maka bulu mata menjadi lebih panjang, lentik dan tebal. Nah sayangnya setelah melakukan proses ini maka area mata dan sekitar mata menjadi tidak nyaman. Selain itu juga membuat mata tampak lebih merah. Agar tidak salah paham berikut ini penyebab mata merah setelah eyelash extension dan perawatan.

1. Iritasi Penyebab Konjungtivitis

Salah satu bahaya eyelash extension adalah munculnya iritasi akibat penggunaan lem yang tidak tepat atau jenis lem yang mengandung bahan yang tidak cocok dengan mata. Jika iritasi sampai menyebabkan peradangan di bagian selaput bening mata maka akan membuat mata tampak sangat merah dan perih. Sebenarnya kondisi ini bisa disebabkan oleh bahan asing yang mengenai mata dan juga infeksi virus. Jika penyakit ini disebabkan oleh virus atau bakteri maka akan sangat mudah menular.

Gejala awal yang perlu diwaspadai adalah munculnya rasa gatal, perih, mata merah dan mata mengeluarkan cairan. Bahkan jika tidak dirawat dengan tepat bisa menyebabkan mata mengeluarkan kotoran kering yang berkerak sehingga menyakitkan. Kondisi ini jika ringan bisa sembuh sendiri namun jika cukup berat maka bisa mendapatkan tetes mata antibiotik dengan resep dokter.

2. Keratitis

Salah satu efek samping extension bulu mata adalah bisa menyebabkan keratitis atau peradangan pada kornea. Penyakit ini biasanya terjadi akibat infeksi bakteri atau virus, cedera, penggunaan lensa kontak dan penyakit mata. Jika terjadi setelah menggunakan eyelash extension maka kemungkinan karena cedera saat proses atau masuknya benda asing ke dalam mata. Gejala yang sering muncul yaitu mata sangat merah, nyeri yang ringan sampai berat, dan gangguan penglihatan seperti penglihatan ganda.

Perawatan

Perawatan untuk kondisi penyakit ini sangat membutuhkan perhatian medis karena bisa menjadi penyebab kebutaan yang diawali dengan penglihatan ganda dan kabur. Dokter biasanya akan memberikan obat seperti antibiotik dan anti jamur.

3. Uveitis

Uveitis adalah peradangan yang terjadi pada bagian lapisan di tengah mata atau area uvea. Penyakit ini sebenarnya termasuk penyakit mata yang sangat langka. Untuk memastikan apakah terkena uveitis atau tidak maka dibutuhkan pemeriksaan dengan pencitraan dan uji laboratorium. Gejala yang paling sering muncul yaitu nyeri, peka terhadap cahaya, mata merah, pandangan mata kabur dan munculnya bintik-bintik hitam pada mata.

Perawatan

Tindakan perawatan yang sangat dibutuhkan adalah usaha untuk menurunkan peradangan dengan memberikan obat anti infeksi, antibiotik dan antivirus. Namun dokter akan memastikan lagi jika penyebabnya adalah akibat eyelash extension.

4. Blefaritis

Blefaritis adalah sebuah kondisi yang menyebabkan peradangan pada kelopak mata yang bisa terjadi karena pengaruh bulu mata dan merusak proses produksi cairan mata. Ketika sebuah kelenjar minyak yang sangat kecil dari bagian dalam mata mengalami peradangan maka kondisi kulit di sekitar mata terkena efeknya. Kondisi ini kemudian berkembang dengan alergi dan masalah kulit di sekitar mata sampai menyebabkan mata merah.

Gejala awal yang perlu diwaspadai adalah mata merah, mata gatal, mata mengeluarkan banyak minyak dan kerak mata.

Perawatan

Usahakan untuk membersihkan area sekitar kelopak mata. Dan dokter biasanya memberikan obat antibiotik dan tete mata steroid yang bisa digunakan sesuai dengan penyebabnya. Biasanya ketika sudah terkena blefaritis sekali maka akan muncul lagi jadi jaga kebersihan area mata setelah eyelash extension.

5. Mata Kering

Kondisi sindrom mata kering menjadi salah satu hal yang sangat umum setelah melakukan eyelash extension. Sebenarnya mata kering ini memang sangat berbahaya untuk mata dan bisa menyebabkan kerusakan mata.  Proses eyelash extension bisa membuat area sekitar mata tidak menerima bahan-bahan yang digunakan. Kondisi alergi juga akan menyebabkan mata merah dan kering. Gejala yang perlu diwaspadai termasuk seperti mata mengeluarkan cairan berkerak, mata gatal, bengkak dan sangat kering. Jika tidak dirawat dengan tepat maka bisa menyebabkan kerusakan.

Perawatan

Mata kering bisa dirawat dengan menggunakan obat tetes mata khusus untuk mengembalikan kelembapan mata. Namun karena kondisi ini dipicu oleh tindakan pada bulu mata maka sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Gejala Bahaya Eyelash Extension

Tindakan eyelash extension tidak selalu cocok untuk semua orang. Penggunaan bahan sintetis dan tindakan pada mata terkadang sangat berbahaya. Juga karena penggunaan alat-alat yang tidak steril. Hal yang harus diwaspadai jika terjadi bahaya seperti dibawah ini:

  1. Mata langsung bengkak setelah prosedur. Kondisi ini mungkin karena alergi, terjadi infeksi dan alat yang tidak steril. Segera hubungi dokter mata agar bisa dirawat.
  2. Mata merah. Mata merah menjadi salah satu tanda yang sangat sering terjadi. Mata merah bisa karena adanya bahan asing masuk ke dalam mata seperti lem atau cairan khusus untuk prosedur.
  3. Mata berair. Mata berair bisa menjadi tanda yang sangat serius. Dibandingkan dengan masalah mata berair yang normal maka pemasangan eyelash extension bisa menyebabkan mata berair yang perih, pedas dan ada sensasi panas.
  4. Tidak nyaman dan mengganjal saat membuka atau menutup mata. Reaksi ini bisa segera terjadi setelah melakukan eyelash extension. Hal ini menggambarkan proses yang kurang sempurna sehingga konsultasikan ke dokter Anda.
  5. Pandangan ganda. Ini bisa terjadi karena ada bahan asing yang masuk ke dalam mata. Jika dalam waktu dua hari tidak sembuh maka segera kunjungi dokter Anda.

Ternyata itulah beberapa penyebab mata merah setelah eyelash extension dan perawatan. Karena itu sangat penting untuk merawat mata setelah prosedur dan segera periksa ke dokter mata jika ada gejala-gejala aneh yang tidak nyaman untuk mata.

, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup