Sponsors Link

Penyebab Mata Plus Pada Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Kondisi mata plus atau dikenal juga dengan nama hyperopia atau rabun dekat, biasa akan menyerang pada orang dewasa yang sudah menginjak usia 40 tahun. Sehingga tidak sedikit yang menghubungkan mata plus sebagai  jenis penyakit mata  orang tua. Namun, tahukah Anda? Ternyata tidak hanya akan menyerang pada orang dewasa saja, anak kecil juga tidak menutup kemungkinan bisa menderita mata plus atau rabun dekat. Berikut ini adalah pembahasan mengenai penyebab mata plus pada usia muda dan cara mengatasinya.

ads
  • Mata anak khusus nya bagian retina mengalami masalah

Pada sebagian kasus, penyakit Mata pada Anak mata plus memang akan menyerang pada anak-anak. Penyebab dari mata plus yang terjadi pada anak adalah bisa disebabkan karena ia memiliki masalah pada bagian retinanya atau mempunyai sindrom mata kecil. Salah satu sindrom yang akan menyebabkan mata tidak bisa berkembang dengan sempurna ketika masih bayi atau bahkan saat masih dalam kandungan.

  • Mata plus disebabkan karena keturuan

Mata plus akan terjadi saat bola mata terlalu pendek dan kornea kurang melengkung sehingga bentuknya akan terlalu datar, atau bisa juga karena lensa mata yang tidak cukup tebal. Akibatnya cahaya yang harusnya jatuh tepat pada bagian retina malah akan focus di bagian belakang retina, sehingga akan mengakibatkan objek yang dekat malah terlihat buram.

Penyebab pastinya memang belum bisa dipastikan, namun factor Penyakit Mata yang Menular karena keturunan biasanya akan menjadi pemicu anak mengalami kondisi ini. Beberapa bayi yang mempunyai kondisi mata plus biasanya akan dinyatakan normal dan gejalanya bisa menghilang dengan sendirinya saat mereka menginjak usia remaja.

Cara Mengatasi Mata Plus Pada Usia Muda

Penglihatan yang baik tentu saja akan sangat diperlukan bagi perkembangan mata anak. Karena kondisi yang akan mengganggu indra penglihatan bisa saja menyebabkan gangguan pada mata atau penyebab kebutaan mata pada anak yang akan sangat berpengaruh pada aktivitas anak.

Mata plus yang terjadi pada anak bisa Anda tangani dengan pemakaian kaca mata atau pun lensa kontak, tujuannya adalah agar penglihatan menjadi jelas dan tajam. Namun tidak semua anak yang mengalami kondisi rabun dekat membutuhkan alat bantu penglihatan ini.

Karena biasanya mata plus yang kurang dari 1 masih bisa melihat objek dengan jelas, ini disebabkan otot mata yang akan berfungsi untuk membuat focus penglihatan masih bisa menanganinya. Ditambah lagi dengan kondisi lensa mata yang masih bekerja denga fleksibel.

Kaca mata merupakan salah satu alat bantu untuk bisa membantu anak melihat objek dengan jelas, dan juga cocok untuk digunakan pada anak. Perlu diketahui bahwa penggunaan lensa kontak tidak cocok jika digunakan pada anak usia 5 tahun karena penggunaannya akan dimasukan kemudian dikeluarkan dari mata. Mata plus tidak akan menjadi  penyebab kebutaan mata pada anak sehingga Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir berlebihan.

Prosedur operasi juga kerap kali dilakukan untuk mengobati kondisi mata yang plus. Operasi laser adalah yang akan dilakukan. Namun operasi tidak disarankan untuk dilakukan pada anak. Karena jika anak mengalami kondisi mata plus biasanya jika rutin melakukan pengobatan kondisinya akan semakin membaik seiring bertambahnya usia anak. Karena sebelum usia 20 tahun biasanya mata plus masih bisa dihilangkan.

Sponsors Link

Itulah pembahasan mengenai penyebab mata plus pada usia muda dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Mata plus pada anak tidak akan terlalu membahayakan karena kondisi akan bisa membaik seiring berjalannya waktu, yang perlu Anda lakukan sebagai orang tua adalah membantu pengobatan mata anak agar mata plusnya tidak semakin parah. Sebaiknya juga sejak kecil anak sudah diberikan makanan untuk menjaga kesehatan mata agar bisa membantu menyehatkan mata kembali.

, ,