Sponsors Link

Bahaya Penyebab Mata Semakin Sipit Menurut Medis

Sponsors Link

Kondisi mata sipit merupakan salah satu perbedaan fisik yang secara umum memang normal. Karena memang manusia akan terlahir dengan perbedaan baik dari segi fisik atau pun kepribadian. Namun, sayangnya ada kondisi tertentu yang menyebabkan mata sipit semakin membahayakan. Berikut adalah Bahaya penyebab mata semakin sipit menurut medis.

ads

1. Sindrom down

Sindrom down atau kondisi down sindrom merupakan suatu kelainan genetik penyakit mata yang menular biasanya akan menimpa anak sejak lahir. Tanda dari penyakit ini adalah adanya kelainan fisik dan juga tumbuh kembang anak sangatlah terganggu. Selain matanya terlihat sipit, mulut kecil serta lidah anak juga akan menonjol selain itu, kepala mereka juga akan lebih datar. Ini disebabkan karena adanya kelainan pada kromosan 21.

2. Sindrom alkohol pada janin 

Pernah mendengar istilah sindrom alkohol? Ya, ini merupakan suatu penyakit gangguan fisik pada janin. Selain fisik, mental serta tumbuh kembang bayi juga akan sangat terpengaruh. Ini disebabkan karena ibu yang sering mengkonsumsi alkohol pada saat masa kehamilan. Akibatnya akan mempengaruhi perkembangan janin di dalam perut. Bahkan saat 3 bulan usia kandungan janin akan sangat terganggu.

Bayi yang mempunyai sindrom alkohol pada umumnya akan mempunyai mata yang sangat sipit diserta dengan lipatan kulit pada bagian atas mata yang besar, bintik hitam di mata, rahangnya pun akan terlihat kecil, kepalanya kecil serta bibirnya sangat tipis. Selain ciri fisik, bayi juga biasanya akan mengalami serangan jantung dari kecil.

3. Myasthenia Gravis (MG)

Penyakit selanjutnya yang menyebabkan mata anak bisa semakin sipit adalah MG yang merupakan salah satu gangguan neuromuscular yang mengakibatkan bagian otot rangka tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Hal ini dapat terjadi karena adanya gangguan apda bagian serabut saraf. Kelopak mata anak akan semakin menurun sehingga mata semakin terlihat sipit. Bahkan penderita juga biasanya akan kesulitan untuk mengangkat benda atau berjalan melalui tangga. Mereka juga akan kesulitan beraktifitas normal pada umumnya.

4. Oftalmoplegia

Merupakan salah satu kondisi kelemahan atau kelumpuhan yang terjadi pada otot mata. Akibat dari gangguan ini biasanya mata anak akan semakin sipit, bahkan penglihatannya pun akan semakin terganggu dan penderita sulit menggerakkan matanya. Kondisi ini biasanya akan disebabkan karena faktor keturunan atau faktor genetik. Atau bisa juga muncul karena beberapa penyakit medis yang mematikan seperti stroke.

5. Nanophthalmos

Nanophthalmos merupakan salah satu kondisi dimana ukuran mata Anda akan semakin mengecil. Penyebabnya adalah bisa karena genetik yang menyerang perkembangan mata Anda. Kata nano dari penyebutan penyakit ini berasal dari bahasa Yunani yang artinya kecil.

Jika Anda terlahir dengan kondisi mata normal kemudian tiba-tiba saja mata Anda berubah menjadi sipit sebaiknya Anda berhati-hati. Apalagi jika kondisi tersebut belangsung dalam waktu lama sebaiknya segera hubungi dokter dan sampaikanlah keluhannya, walaupun tanpa ada gejala sedikitpun.

Sponsors Link

jenis penyakit mata seperti ini bisa sangat membahayakan jika Anda diamkan dalam waktu yang sangat lama. Jika terjadi pada anak sebaiknya juga Anda jangan mendiamkan sampai ia beranja dewasa, karena perkembangan anak bisa saja jadi tidak normal dan banyak sekali hambatan.

Itulah 5 bahaya penyebab mata semakin sipit menurut medis yang penting sekali Anda ketahui agar bisa menghindari kelainan mata yang menyebabkan gangguan berkepanjangan bahkan penyebab kebutaan mata karena mata sipit yang tidak diketahui penyebabnya bahkan kondisi-kondisi di atas tidak bisa hanya di atasi dengan  cara mengobati mata minus dengan madu.

, ,