Sponsors Link

7 Penyebab Mata Sering Berkedip Pada Anak

Sponsors Link

Pernahkah Anda melihat mata anak sering sekali berkedip atau tiba-tiba saja anak berkedip dengan sangat cepat. Menurut seorang Profesor dari Cornell University States, mata yang sering berkedip merupakan refleks pada mata yang normal bukan jenis penyakit mata  berbahaya. Namun ada juga kondisi mata berkedip terlalu cepat dan sering yang tidak normal. Apa saja sih penyebabnya? Berikut pembahasannya.

ads

1. Mata anak kering

Anak menjadi sering berkedip bisa saja dikarenakan matanya sangat kering sehingga dengan refleks otak akan akan langsung memerintah kelopak mata matanya untuk berkedip. Ini dilakukan agar tidak terjadi kekeringan yang terjadi pada bola mata semakin tidak nyaman, berkedip akan membuat mata menjadi lembab dan basah. Ini juga bisa karena anak mengalami penyebab iritasi mata merah.

2. Penglihatan anak terasa kabur atau buram

Keseringan mengedipkan mata juga bisa saja karena berhubungan dengan tingkat kefokusan anak dalam melihat sesuatu. Saat anak melihat objek mungkin ia masih sulit untuk membedakan objek dekat dan jauh dan mata nya menjadi buram atau kabur. Ini bisa juga karena anak memilih masalah pada perkembangan penglihatannya.

3. Masalah pada mata anak

Kemungkinan lain yang menyebabkan mata anak sering sekali berkedip karena adanya masalah pada mata, seperti pada bagian iris, kornea, atau lensa mata. Ini bisa karena ada luka yang mempengaruhi penglihatan. Akan lebih baik jika anak mengalami ini segeralah periksakan pada dokter.

4. Anak mengalami sindrom tourette

Sindrom Tourette merupakan salah satu sindrom yang bisa menyebabkan penderitanya selalu melakukan tics, salah satunya adalah berkedip. Ini merupakan gejala umum pada penderita yang sering terjadi.

5. Anak mengalami gangguan dystonia

Gangguan dystonia merupakan gangguan gerakan yang akan menyebabkan anak bergerak dengan refleks. Ini karena anak mengalami gangguan yang menyerang saraf mata sehingga ia tidak bisa mengontrolnya.

6. Epilepsi

Epilepsi adalah penyakit yang biasanya akan terjangkit seumur hidup. Saat seseorang mengalami kambuh penyakit epilepsy, mereka biasanya akan berkedip dengan cepat sampai mengalami kejang. Ini bukan  Penyakit Mata yang Menular ya, jadi orang disekitar penderita tidak perlu merasa khawatir.

7. Mengalami alergi pada mata

Alergi biasanya tidak disadari oleh orang tua. Gejalanya baru disadari jika anak sudah mengalami gejala yang nampak seperti gatal dan merah di tubuh. Namun jika mata Ada sering berkedip, Anda juga patut mencurigai kalau anak terserang alergi. Agar bisa menjaga kesehatan mata anak, cobalah  khasiat tomat untuk mata.

Sementara itu, mata yang sering sekali berkedip biasanya akan terjadi pada anak laki-laki dibandingkan anak perempuan. Jika ingin mendiagnosa anak sebaiknya berkonsultasi pada dokter agar dapat di diagnose dengan tepat. Perawatan yang dilakukan juga akan tergantung pada penyebab anak mengalami berkedip apakah membahayakan atau tidak.

Namun, biasanya kondisi mata anak yang sering berkedip tidak sering menimbulkan adanya masalah yang serius, dan untuk sebagian orang biasanya tidak harus mendapatkan perawatan yang khusus. Namun jika karena penyebabnya karena epilepsy atau dystonia tentu saja harus di atasi dengan konsumsi obat atau perawatan khusus. Jika Anda bahkan kebingungan apa yang menyebabkan anak mengalami kondisi tersebut sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Sponsors Link

Itulah 7 penyebab mata sering berkedip pada anak. Hindarilah penggunaan obat-obatan tanpa adanya resep apalagi itu dilakukan pada anak, ini agar menghindari hal yang tidak membahayakan mata anak. Pastikan saja dulu penyebabnya baru bisa menggunakan obat yang cocok, baik dari apotik tanpa resep atau setelah memeriksakan pada dokter menggunakan obat resep dokter. Sebagai anjuran Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, berikan anak makanan yang mengandung vitamin A tinggi.

, ,