Sponsors Link

11 Penyebab Pandangan Mata Tidak Fokus

Sponsors Link

Anda mungkin pernah mengalami mata tidak fokus saat melihat benda? Masalah fokus merupakan jenis gangguan mata yang sering dialami. Objek penglihatan tidak dapat terlihat jelas dan tampak kabur. Ada beberapa penyebab pandangan mata tidak fokus, yaitu:

ads
  1. Infeksi mata

Fokus mata menjadi berkurang ketika mata Anda terinfeksi. Infeksi mata merupakan penyakit mata akibat bakteri, jamur, parasit, ataupun virus yang masuk dan menginfeksi mata. Salah satu jenis infeksi mata adalah konjungtivitas. Pada saat terjadi infeksi mata maka jaringan mata pada bagian retina tidak berfungsi. Bagian retina menjadi lemah dan bisa mengakibatkan penglihatan buram.

  1. Cedera mata

Cedera mata yang diakibatkan hantaman hingga pukulan yang keras mengakibatkan fokus penglihatan menjadi kabur. Apabila benturan mengenai kedua mata, maka mata sebelah kanan dan kiri akan menjadi tidak fokus. Cedera mata bisa menyebabkan kerusakan pada saraf sehingga penglihatan menjadi tidak jelas.

  1. Glaukoma

Salah satu gejala dari penyakit glaukoma adalah penglihatan mata kabur secara mendadak atau tidak fokus. Glaukoma terjadi karena rusaknya saraf optik. Glaukoma dapat disembuhkan melalui operasi. Anda dapat membaca jenis operasi glaukoma yang biasa dilakukan.

  1. Miopia

Mata tidak fokus bisa disebabkan karena miopia atau yang lebih dikenal dengan rabun dekat. Pada penderita miopia, cahaya difokuskan di depan retina sehingga gambar kabur. Miopia biasanya terjadi pada usia-usia remaja, walaupun dapat terjadi setiap saat sejak lahir. Miopia progresif meningkat selama beberapa tahun berikutnya dan kemudian melambat pada pertengahan hingga akhir dua puluhan pada kebanyakan orang.

  1. Hiperopia

Penderita hiperopia mengalami penglihatan kabur atau tidak fokus saat melihat benda dekat. Jika hiperopia semakin besar maka mata akan semakin kehilangan fokusnya. Pada penderita hiperopia, mata akan menjadi lelah dan sakit kepala akan muncul karena upaya untuk memfokuskan mata pada waktu yang lama.

  1. Astigmatisme

Astigmatisme menyebabkan pandangan menjadi tidak fokus. Astigmatisme merupakan kesalahan fokus yang mendistorsi penglihatan di semua jarak. Penderita mata silindris melihat beberapa titik pada gambar lebih fokus daripada yang lain. Misalnya pada suatu gambar terdapat dua garis, yaitu garis horizontal dan garis vertikal. Namun, penderita mata silindris hanya dapat melihat garis vertikal secara jelas sedangkan garis horizontal terlihat blur. Astigmatisme sebenarnya bukanlah jenis penyakit mata. Pada umumnya orang memiliki setidaknya dalam jumlah yang sangat sedikit. Gejala astigmatisme sendiri ada berbagai macam, sehingga kita perlu mengenali gejala tersebut dan mewaspadainya.

  1. Presbiopia

Presbiopia merupakan kondisi yang membuat penglihatan sulit pada jarak baca normal. Pertambahan usia menyebabkan lensa kehilangan fleksibilitas dan kehilangan kemampuan untuk mengubah bentuk serta kemampuannya untuk fokus. Hal ini merupakan perubahan penuaan normal. Presbiopia terjadi pertama kali pada usia sekitar 40 sampai 45 tahun dan kemudian meningkat antara usia 45 dan 65 tahun. Selanjutnya akan terus meningkat pada usia 65 tahun dan seterusnya.

  1. Degenerasi makula

Selain glaukoma, gejala degenerasi makula juga menyebabkan penglihatan mata menjadi kabur atau tidak fokus. Degenerasi makula merupakan penyakit mata yang mengarah pada bagian makula sehingga menyebabkan penglihatan kabur. Makula adalah organ kecil pada mata yang berada di bagian belakang mata. Organ kecil ini berfungsi mengirimkan sinyal gambar dari mata ke bagian otak. Umumnya penyakit ini terjadi pada seseorang yang sudah lanjut usia.

Sponsors Link

  1. Paparan radiasi elektromagnetik

Paparan radiasi elektromagnetik dapat menjadi penyebab pandangan mata tidak fokus. Ketika Anda terlalu lama melihat layar monitor handphone, televisi atau komputer maka Anda banyak terpapar radiasi elektromagnetik. Hal tersebut dapat menyebabkan sinar biru dan menghasilkan luka pada jaringan mata, sehingga pandangan mata menjadi tidak fokus. Selain itu anda juga perlu mewaspadai bahaya sinar hp pada mata.

  1. Paparan polusi udara

Polusi udara dapat berupa debu, asap kendaraan bermotor, dan asap pembuangan pabrik. Polusi udara tidak baik untuk kesehatan mata Anda. Paparan polusi udara bisa menyebabkan iritasi mata. Mata bisa menjadi kemerahan, trauma, dan terasa gatal sampai perih. Ada beberapa penyebab mata perih saat berkedip seperti peradangan pada selaput bening dan mata kering atau benda asing yang masuk ke mata.

  1. Mata lelah

Mata lelah menjadi salah satu dari 11 penyebab pandangan mata tidak fokus. Penggunaan mata yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan mata menjadi lelah. Retina dapat mengalami kelelahan karena retina harus bekerja secara ekstra. Membaca buku atau berinteraksi terlalu lama dengan layar komputer menyebabkan mata menajdi tidak fokus. Bagian saraf mata Anda mengalami kelelahan sehingga hilangnya fokus penglihatan mata. Cara mengatasi mata lelah karena karena hp sendiri dapat anda pelajari, karena pengaruh gadget pada kehidupan sehari-hari cukup sulit dihilangkan.

Penyebab pandangan mata tidak fokus pada dasarnya terjadi karena akibat atau gejala dari penyakit mata. Beberapa penyebab lainnya disebabkan oleh faktor dari luar seperti paparan polusi udara, paparan radiasi elektromagnetik, atau penggunaan mata yang terlalu berlebihan sehingga menyebabkan mata lelah. Apabila Anda terus menerus mengalami pandangan mata yang tidak fokus, sebaiknya segera periksa ke dokter ahli mata. Konsultasikan ke dokter mata terkait dengan keluhan yang Anda alami, sebelum terjadi hal-hal yang tidak dinginkan. Selalu jaga kesehatan mata Anda.

, , ,
Oleh :