Sponsors Link

Penyebab Retina Mata Lepas, Robek, Putus Dan Rusak

Sponsors Link

Pernahkan Anda mendengar jenis penyakit mata yang menyebabkan bagian retina lepas, robek, putus bahkan rusak? Jika belum, informasi kali ini khusus akan membahas mengenai penyebab retina mata lepas, robek dan rusak.

ads

Sel retina menjadi bagian penting untuk mata, karena sel-sel retina bermanfaat untuk menangkap gambar kemudian menyalurkannya ke bagian otak lewat syaraf optik mata Anda. Kerusakan retina kerap kali terjadi menjadi hal yang sangat mengganggu bahkan bisa saja menjadi penyebab kebutaan mata.

  • Kondisi retina mata yang lepas

Kondisi pertama yang berhubungan dengan gangguan pada retina adalah retina mata yang terlepas dari tempatnya. Sebagian besar penyebab dari kondisi ini karena adanya 1 atau bahkan lebih banyak robekan atau lubang pada bagian retina atau yang dinamakan ablasio retina regmatogen.

  • Kondisi retina mata yang robek

Bagaian retina mata juga bisa saja mengalami kerobekan. Adanya kerobekan biasanya akan terjadi saat bagian retinanya terpisah dari bagian luar mata. Penyebab dari kondisi ini disebabkan karena saat cairan yang dinamakan vitreous yang bentuknya berupa jel dan adanya di dalam bagian mata menjadi sangat cair daripada biasanya. Akibatnya akan ada tekanan yang abnormal pada bagian retina dan menyebabkan kerobekan pada retina.

  • Kondisi retina mata yang terputus

Selanjutnya adalah retina yang putus dan tidak dapat tersambung pada mata. Penyebab dari kondisi ini biasanya bisa saja disebabkan karena beberapa penyakit kronis seperti karena kompikasi diabetes yang sudah semakin parah, adanya tumor yang suah menyerang bagian mata, terjadinya peradangan cukup hebat sehingga menyerang mata atau bahkan bisa juga karena akibat benturan atau trauma kecelakaan yang sangat mempengaruhi mata.

  • Kondisi retina mata yang mengalami kerusakan

Kondisi retina mata yang mengalami kerusakan adalah salah satu penyakit mata yang cukup umum terjadi. Lalu, apa yang menjadi penyebabnya? Kerusakan pada bagian retina mata biasanya sangat berkaitan dengan usia yang semakin tua, atau penyebab lainnya seperti adanya kontak cahaya yang terlalu berlebihan, pernah mengalami kecelakaan, kekurangan nutrisi untuk mata, atau bisa juga disebabkan karena beberapa komplikasi karena penyakit kronis seperti ginjal, hipertensi, diabetes dan yang lainnya.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Kerusakan pada mata sebenarnya bisa Anda atasi sejak dini, misalnya saja dengan mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mataseperti wortel. Atau Anda juga bisa mengatur penglihatan dengan tidak terlalu lama mendiamkan sebagai cara mengatasi mata lelah karena hp.

Sponsors Link

Karena biasanya terlalu lama melihat gadget akan sangat berpengaruh pada mata, seperti mata yang sering merasa kelelahan bahkan gangguan lainnya yang semakin parah dan menjadi Penyebab mata lelah.

Atau Anda juga bisa saja melakukan pengaturan pada cahaya gadget agar tidak terlalu terang. Sebaiknya Anda rutin melakukan olahraga mata agar mata bisa kembali merasa rileks dan tidak tegang. Jika Anda memiliki obat tetes mata Anda juga bisa memanfaatkannya. Karena biasanya obat tetes memang digunakan untuk menyegarkan mata kembali,

Itulah informasi mengenai penyebab retina mata lepas, robek, putus dan rusak yang sangat penting Anda ketahui. Jika memang Anda mengalami kondisi yang tidak wajar Anda rasakan pada mata, sebaiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter. Karena bisa saja Anda mengalami masalah dengan mata terutama pada bagian retina mata Anda. Penanganan secepat dan setepat mungkin akan sangat membantu melihat kondisi mata Anda dengan baik.

, , , , ,