Sponsors Link

Perawatan Pasca Operasi Pterygium yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Pterygium adalah salah satu jenis penyakit mata yaitu suatu kondisi dimana terdapat selaput bening seperti daging tumbuh yang menutupi bagian putih pada mata, kelopak mata, atau daging tumbuh di sudut mata. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, maka pterygium dapat meluas dan mengganggu penglihatan mata. Apabila sudah mulai menganggu penglihatan, maka langkah yang biasanya dilakukan ialah mengangkat selaput bening tersebut melalui operasi pterygium.

ads

Terlepas dari manfaat operasi pterygium, ternyata melakukan operasi mata pterygium juga memiliki efek samping. Efek samping operasi pterygium diantaranya adalah :

  1. Infeksi Pasca Operasi: Terjadinya infeksi pasca operasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah terdapat standar kerja operasi yang terlewatkan. Entah itu alat-alatnya yang tidak bersih /kurang steril maupun lingkungan sekitar yang kurang bersih.
  2. Penglihatan Ganda: Penglihatan ganda atau yang dikenal juga dengan diplopia merupakan suatu kondisi dimana anda seperti melihat dua benda dalam satu wujud yang jaraknya dekat. Diplopia juga merupakan efek samping operasi pterygium yang sering terjadi.
  3. Perforasi Bola Mata: Perforasi mata ialah kondisi mata yang dipenuhi oleh bakteri. Hal ini cukup berbahaya karena bisa merubah susunan anatomi mata.
  4. Mata Terasa Nyeri: Pada umumnya proses pembedahan memang kerap menimbulkan rasa nyeri, itulah mengapa anda kadang merasakan nyeri setelah melakukan operasi pterygium
  5. Pterygium Kambuh: Meskipun telah melakukan operasi pterygium, itu tidak menghilangkan resiko pterygium tumbuh kembali. Jika benar terjadi maka pterygium akan sulit untuk disembuhkan karena keadaannya yang lebih parah.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pasca operasi pterygium, anda disarankan untuk melakukan perawatan pasca operasi pterygium. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini!

  • Mengonsumsi Vitamin Pada Masa Pemulihan

Mengonsumsi vitamin dapat membantu anda untuk menyempurnakan pola makan terutama vitamin A yang sangat penting untuk penglihatan serta vitamin C yang dapat membantu proses penyembuhan pasca operasi pterygium

  • Menjauhkan Mata dari Air

Setelah melakukan operasi, sebaiknya anda selalu melindungi mata agar tidak terkena air. Karena air yang masuk ke mata setelah operasi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan dikhawatirkan dapat menyebarkan infeksi.

  • Merubah Rutinitas Mandi

Dikarenakan anda disarankan untuk menjauhkan mata dari air, maka anda pun harus merubah cara mandi anda khususnya pada saat membersihkan wajah. Sebaiknya anda menggunakan kain bersih untuk membersihkan area mata dan membersihkannya secara perlahan.

  • Menggunakan Pelindung Mata Saat Tidur

Menggunakan pelindung mata saat tidur juga termasuk ke dalam perawatan pasca operasi pterygium. Pelindung tersebut akan mencegah anda untuk menggosok atau mengucek mata tanpa sadar saat sedang tidur.

  • Mengonsumsi Obat Secara Rutin

Pascar operasi biasanya dokter akan memberikan anda beberapa obat diantaranya adalah obat tetes. Gunakannlah obat tetes yang sudah diresepkan oleh dokter secara rutin untuk membantu proses penyembuhan pasca operasi pterygium. dan jangan menggunakan obat sakit mata di apotik kecuali sesuai anjuran dokter

Hal-hal yang harus anda hindari pasca operasi pterygium :

  • Menggunakan Lensa Kontak: Menggunakan lensa kontak pasca operasi pterygium adalah hal yang harus dihindari karena hal tersebut dapat menghambat proses penyembuhan dan menimbulkan efek penggunaan lensa kontak yang lain.
  • Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung: Jika anda telah melakukan operasi pterygium, sebaiknya anda menghindari sinar matahari secara langsung. Karena sinar matahari dapat merangsang tumbuhnya jaringan fibrovaskular pterygium kembali. Gunakanlah kacamata hitam ketika beraktivitas diluar ruangan.
  • Menggosok atau Mengucek Mata: Menggosok mata adalah hal yang wajib kamu hindari. Baik sengaja maupun tidak sengaja. Mengucek atau menggosok mata dapat menimbulkan iritasi atau keluhan yang lebih parah. Bahkan dapat menimbulkan efek samping operasi pterygium yang lain.
  • Dilarang Membuka Balutan Operasi: Anda tidak dibolehkan untuk membuka balutan mata anda pada hari pertama operasi.
  • Menggunakan Make-Up di Sekitar Mata: Pasca operasi pterygium, sebaiknya anda menghindari menggunakan riasan disekitar mata. Hal ini dilakukan hingga 2 minggu pasca operasi pterygium.
  • Tidak Diperbolehkan Untuk Mengemudi: Biasanya mata anda masih dalam keadaan buram setelah melakukan operasi. Usahakan untuk tidak mengemudikan kendaaraan karena dapat membahayakan diri anda. Mulailah mengemudi pada saat mata anda telah pulih dan tidak ada gangguan penglihatan yang berarti.

Berapa Lamakah Proses Penyembuhan Pasca Operasi Pterygium ?

Pada umumnya, proses penyembuhan setelah operasi kurang lebih memakan waktu selama 1-2 minggu. Dalam beberapa kasuk bahkan bisa lebih cepat. Tentu saja semua itu tergantung pada kondisi pasien sendiri serta proses penyembuhan yang berlangsung. Apabila anda melakukan perawatan pasca operasi dengan benar maka tentu saja proses penyembuhannya pun akan lebih cepat. Dan apabila anda tidak melakukan perawatan dengan benar maka bisa jadi proses penyembuhannya akan sangat lama. Rajinlah mengonsumsi vitamin dan makanan untuk menjaga kesehatan mata anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan