Sponsors Link

Apa Perbedaan Blefaritis dan Hordeolum?

Sponsors Link

Ada berbagai macam jenis penyakit mata dari mulai yang ringan hingga membahayakan, diantaranya adalah kondisi blefaritis dan hordeolum. Kondisi penyakit mata tersebut kerap kali menyerang siapa saja. Lantas, apa perbedaan blefaritis dan hordeolum? Ini merupakan informasi penting yang sangat perlu Anda ketahui. Lebih lengkapnya lagi berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing penyakit mata tersebut.

ads

Blefaritis

Blefaritis merupakan salah satu jenis peradangan yang akan menyerang tepian kelopak mata dan akan mengakibatkan bagian tersebut mengalami pembengkakan dan memerah. Perangan blefaritis secara umum akan menyerang kedua mata namun bisa juga satu mata saja. Penyakit mata ini bukan penyakit mata yang menular dan tidak membahayakan apalagi sampai menjadi penyebab kebutaan mata. Kondisi ini biasanya akan terjadi karena disebabkan bakteri staphylococcus.

Sementara untuk beberapa gejala yang sering terjadi pada kondisi blefaritis diantaranya:

  1. Gatal pada kelopak mata
  2. Mata yang berair dan juga kering
  3. Mata seperti ada pasir dan terasa panas
  4. Kulit sekitara mata sedikit mengelupas
  5. Kerak pada bulu mata dan timbul seperti berminyak
  6. Kelopak mata bengkak pada bagian tepinya
  7. Kelopak mata menjadi sangat lengket
  8. Mata menjadi terasa sangat sensitive bila terkena sinar matahari
  9. Penglihatan menjadi tampak sangat buram
  10. Bulu mata tumbuh dengan tidak normal
  11. Mata yang sangat sering berkedip
  12. Mata terasa tidak nyaman saat menggunakan lensa
  13. Bulu mata hilang bila blefaritis semakin parah

Bagaimana cara mengatasi bila terserang blefaritis?

Bila kebetulan Anda sedang mengalami kondisi blefaritis namun masih dalam tahap yang ringan, Anda bisa coba meredakannya dengan cara mencuci mata menggunakan air atau mengompres menggunakan handuk yang sudah direndam dengan air hangat. Namun bila cara tersebut belum berhasil juga sebaiknya Anda segera menemui dokter untuk mengatasi lebih lanjut dan memastikan bahwa kondisi tersebut tidak akan menyebabkan hal yang membahayakan pada mata.

Hordeolum

Selanjutnya adalah hordeolum, kondisi ini sedikit mirip dengan blefaritis karena menyebabkan pembengkakan pada bagian kelopak mata. Hordeolum sendiri biasanya sering disebut dengan bintitan, kondisi peradangan yang biasanya akan menimbulkan benjolan pada kelopak mata, berawarna kemerahan dan terdapat nanah di dalamnya.

Sama halnya dengan blefaritis, hordeolum juga bukan merupakan penyakit yang membahayakan. Karena biasanya pembengkakan pada kelopak mata akan sembuh dalam waktu 1 minggu atau bisa juga lebih cepat. Namun tentunya ketika Anda mengalami kondisi ini, Anda akan merasa sangat tidak nyaman sebab terasa ada yang mengganjal pada mata bahkan terkadang akan timbul rasa nyeri.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan kondisi hordeolum diantaranya:

  1. Pemakaian kosmetik yang sudah kadaluarsa
  2. Tidak pernah membersihkan makeup sama sekali sebelum tidur
  3. Sangat jarang sekali membersihkan lensa kontak
  4. Mencuci lensa kontak menggunakan tangan kotor
  5. Adanya gangguan tidur
  6. Infeksi silang dari orang lain karena pemakaian barang secara bersamaan seperti handuk

Terkadang hordeolum juga merupakan kondisi yang terjadi karena komplikasi dari blefaritis namun bisa juga karena adanya komplikasi rosacea atau inflasi pada kulit wajah. Cara mengatasi kondisi ini juga bisa dengan mengompres menggunakan air hangat, atau bisa juga menggunakan obat pengliang rasa nyeri seperti paracetamol bila memang hordeolum membuat mata Anda nyeri.

Sponsors Link

Itulah penjelasan mengenai kondisi keduanya, Anda bisa mengetahui perbedaan blefaritis dan hordeolum dari penjelasan tersebut. Jaga selalu kesehatan mata dengan menjaga kebersihan lingkungan atau mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan  agar terhindar dari bakteri dan debu yang akan menyebabkan terganggunya kesehatan mata.

, ,