Sponsors Link

Perbedaan Mata Minus dan Plus serta Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Ada cukup banyak jenis penyakit mata  diantaranya mata minus dan plus. Kedua kelainan mata tersebut adalah kelainan yang paling sering terjadi. Yang kita tau mungkin mata minus dan plus pastinya akan sangat di tuntut untuk menggunakan kacamata, tujuannya adalah untuk mengkoreksi objek yang kita lihat. Namun, apakah Anda sudah tahu perbedaan antara keduanya? Berikut ini adalah perbedaan mata minus dan plus yang perlu Anda ketahui.

ads

Penyakit Mata Minus

Mata minus merupakan salah satu jenis penyakit mata yang cukup sering terjadi baik dari ciri-ciri mata minus pada anak hingga orang dewasa. Mata minus adalah kelainan mata dimana mata tidak dapat melihat objek jarak jauh secara jelas. Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebabnya. Diantaranya:

  • Faktor Keturunan

Ya, mata minus bisa saja disebabkan karena faktor keturunan. Seseorang yang mempunyai gangguan mata minus bisa saja menurunkan resiko terserang gangguan yang sama pada turunannya. Namun resiko ini bisa dihindari selama perawatan mata anak sejak kecil sudah sangat diperhatikan. Misalnya saja dengan mengkonsumsi  makanan untuk menjaga kesehatan mata.

  • Stresmata

Stress pada mata yang terlalu berlebihan dan juga berkepanjangan bisa saja meningkatkan seseorang bisa terserang resiko mata minus. Penyebab stress pada mata biasanya karena aktivitas yang menuntut mata harus melihat dalam jarak dekat.

  • Pola hidup yang tidak sehat

Pola hidup juga bisa menjadi penyebab lain mengapa mata mengalami gangguan minus. Misalnya saja Anda terlalu sering menonton lewat gadget bahkan berlama-lama di depan gadget hingga lebih dari 5 jam. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi pada kerusakan mata.

Penyakit Mata Plus

Selanjutnya adalah penyakit mata plus, penyakit gejala mata minus ini kerap kali disangkut pautkan dengan penyakit mata tua. Ya, karena mata plus biasanya akan lebih mendominasi dimiliki oleh para orang tua yang memang penglihatannya sudah mulai terganggu. Mata plus adalah kondisi dimana mata tidak bisa melihat dalam jarak yang sangat dekat. Beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan mata plus, diantaranya:

  • Karena usia

Usia menjadi faktor utama seseorang bisa mendapatkan resiko terserang mata plus istilah lain dari mata plus dinamakan juga presbiopi. Saat seseorang memasuki usia dewasa misalnya di atas 40 tahunan maka bagian organ mata akan mengalami kondisi penurunan untuk melihat objek yang ada di dalam jarak yang sangat dekat.

  • Keturunan

Genetik juga biasanya bisa berperan terhadap kerusakan mata plus. Kelainan genentik akan menurunkan orang tua yang memiliki kondisi mata plus pada anaknya lebih cepat.

Sponsors Link

  • Penyakit tertentu

Dalam beberapa kasus biasanya ada saja anak muda yang sudah mengalami kondisi mata plus. Biasanya ini disebabkan karena pengaruh dari penyakit tertentu. Misalnya karena ada tumor. Atau bisa juga dipengaruhi karena seseorang tersebut pernah mengalami operasi pada bagian mata. Karena resiko pernah mengalami operasi mata biasanya akan menyerang pada gangguan mata lebih ringan lainnya, salah satunya adalah mata plus.

Cara Mengatasi Mata Minus dan Plus

Untuk mengatasi mata minus dan plus Anda bisa memanfaatkan fungsi kacamata minus dan plus. Saat ini sudah banyak sekali optic yang menyediakan kacamata sesuai selera pengguna baik dari segi frame dan lensanya. Atau jika Anda tidak mau menggunakan kacamata Anda juga bisa menggantinya dengan menggunakan softlens. Fungsi softlens dan kacamata saja saja, tujuannya untuk mengkoreksi objek yang masuk ke mata.

Itulah perbedaan mata minus dan plus serta cara mengatasinya yang sangat penting Anda ketahui.

, , ,