Sponsors Link

3 Perbedaan Softlens Kanan dan Kiri agar Tidak Tertukar

Sponsors Link

Menggunakan lensa kontak untuk pengguna baru memang dapat terbilang sulit. Softlens atau lensa kontak digunakan dengan tangan yang steril dan posisi yang benar. Terkadang softlens digunakan bisa saja tertukar antara kanan dengan kiri atau bahkan terbalik antara depan dan belakang. Maka, jika baru menggunakan sebaiknya tanyakan kepada penjual atau orang lain yang sudah sering menggunakan softlens. Menggunakan softlens bening terbilang lebih sulit membedakannya dari pada softlens bermotif.

ads

Terkadang, mata sebelah kanan dan kiri memiliki minus yang berbeda atau bahkan perbedaan antara minus dan silinder yang lebih sulit untuk membedakan softlens pada mata kanan dan juga mata kiri. Maka dari itu, penggunaan softlens untuk mata sebelah kanan dan kiri dapat dibedakan dengan adanya perbedaan minus di kedua mata tersebut agar dapat digunakan dengan nyaman dan penglihatan menjadi jernih.

Untuk para pemakai softlens harus mengetahui ciri-ciri agar softlens terbalik dan tertukar serta cara menghindarinya. Karena pada penggunaan softlens yang tertukar antara mata kanan dan kiri akan menyebabkan rasa tidak nyaman, pusing bahkan mata akan memerah. Pelajari juga mengenai cara membedakan softlens depan dan belakang.

Selain itu, mata dengan perbedaan minus untuk pengguna softlens juga perlu perhatian yang benar agar saat memakai tidak tertukar dan dapat melihat dengan jelas. Ini adalah cara dan perbedaan softlens kanan dan kiri agar tidak tertukar:

  • Perhatikan tanda R dan L pada wadah

Untuk menghindari softlens yang tertukar maka harus memperhatikan wadah saat menaruh softlens, karena pada wadah softlens telah tertera tanda Lyangberarti untuk softlens sebelah kiri dan tanda R untuk softlens sebelah kanan. Hal ini sangat mudah dilakukan agar softlens tidak tertukar. Biasa selain tanda R dan L, juga terdapat perbedaan warna tutup di antara keduanya sehingga lebih mudah membedakan.

  • Perhatikan posisi saat menaruh sotflens sesuai dengan tanda di wadah

Seperti penjelasan sebelumnya, apabila posisi saat menaruh salah, maka saat softlens dipakai akan terasa tidak nyaman. Hal ini tentu sangat mengganggu mata, maka diri itu taruhlah softlens pada posisi yang benar agar nyaman digunakan. Setelah dipakai langsung ditaruh pada wadah sesuai tanda dan posisi softlens saat dilepaskan. Baik itu pada mata sebelah kanan maupun pada mata sebelah kiri. Pelajari juga cara mensterilkan softlens agar aman dipakai.

  • Gunakan softlens sesuai dengan minus pada masing-masing mata hingga nyaman agar tidak tertukar

Mata minus terkadang berbeda antara yang kanan dengan mata sebelah kiri. Jika minus tidak sesuai dengan mata penglihatan pun akan tetap tidak jelas, juga akan terasa pusing. Maka memperhatikan minus pada mata dan softlens sangat penting untuk kesehatan mata dan kenyamanan mata itu sendiri agar dapat melihat dengan baik. Biasanya minus yang terdapat pada softlens ditambahkan sedikit dari jumlah minus pada mata aslinya, jika dengan bantuan kacamata, maka minus pada mata dan kacamata tersebut sama. Tergantung bagaimana pemeriksaan pada mata itu sendiri.

Meskipun minus pada kedua mata besarnya sama, namun sebaiknya untuk tidak menggunakannya secara terbalik baik dengan sengaja ataupun tidak. Kebanyakan pengguna softlens memiliki minus pada kedua mata berbeda, sehingga bukan hanya pada penggunaannya saja yang harus diperhatikan, tetapi pada perawatan softlens tersebut pun harus diperhatikan. Bukan saja untuk yang memiliki minus berbeda, tetapi pula untuk pengguna softlens dengan mata minus yang sama.

Penggunaan softlens yang terbalik selain akan dirasa tidak nyaman juga akan menyebabkan hal lain seperti mata merah, pusing, penglihatan bertambah buram, dan sebagainya. Maka hal-hal yang telah dipaparkan di atas sangat perlu diterapkan. Softlens sebagai alat bantu penglihatan harus sangat terjaga kondisinya agar tetap bermanfaat sebagaimana fungsinya, bukan malah dapat meruk mata. Terlebih jika penggunaan softlens hanya dianggap sebagai penunjang gaya hidup, biasanya pemakai tidak sampai memperhatikan cara perawatan softlens. Seperti halnya air yang digunakan untuk softlens diganti dengan air bisa, hal itu malah dapat merusak mata. Bagaimana pun keadaan mata, baik yang memerlukan alat bantu untuk melihat atau pun tidak tetap perlu dijaga kondisinya agar tidak terjadi hal-hal fatal yang menyebabkan bahaya hingga kebutaan.

Pahamilah perbedaan softlens kanan dan kiri, agar saat digunakan terasa nyaman dan tidak menyebabkan kesakitan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Tips menjaga mata agar tetap sehat juga dapat dibantu dengan mengurangi penggunaan gadget di ruang gelap, dengan posisi berbaring juga dengan mengkonsumsi banyak vitamin A. Mata dengan penglihatan yang jernih tentu dapat membuat senang karena tidak memerlukan bantuan apa pun untuk melihat.

Sedangkan mata yang bermasalah tentu membuat diri lebih ekstra dalam memperhatikan kesehatan, namun hal ini juga berlaku untuk yang memiliki mata normal. Jagalah mata agar tetap menikmati keindahan dengan penglihatan kita. Yang paling utama dalam pemakaian softlens adalah tentukan kanan dan kirinya, agar nyaman untuk digunakan.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan