Sponsors Link

Perbedaan Ulkus Kornea dan Katarak pada Mata

Sponsors Link

Banyaknya jenis gangguan yang bisa menyerang organ penglihatan Anda membuat cukup banyak masyarakat bingung untuk membedakan satu jenis gangguan dengan gangguan lainnya. Hal tersebut selain didukung karena lokasi gangguan yang sama juga kerap menimbulkan gejala yang sama. Salah satu yang banyak disalahpahami adalah gangguan dan perbedaan ulkus kornea dan katarak. Sebab, dua gangguan ini ditandai dengan adanya kabut atau bercak berwarna putih pada bola mata hitam manusia.

ads

Padahal, ulkus kornea dan katarak tentu adalah dua gangguan yang berbeda. Sebaiknya jika Anda menemukan gejala tersebut pada bola mata Anda, jangan sekalipun membuat diagnosis pribadi. Melainkan lakukanlah pemeriksaan kepada dokter mata yang lebih berkompeten. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Sebab, dua jenis-jenis penyakit mata tersebut memiliki bahaya dan dampak buruknya masing-masing bila tidak ditindaklanjuti dengan benar.

Apa itu Ulkus Kornea dan Katarak?

Perbedaan ulkus kornea dan katarak bisa Anda pahami terlebih dahulu dari definisi penyakitnya. Ulkus kornea adalah gangguan mata yang ditandai dengan munculnya ulkus atau luka pada kornea mata Anda. Sementara katarak adalah gangguan yang terjadi pada lensa mata Anda yang ditandai dengan adanya penebalan. Dua gangguan mata tersebut akan membuat organ penglihatan Anda tidak berfungsi dengan baik.

Jika dilihat dari segi penyebabnya, ulkus kornea dan katarak berbagi beberapa sebab yang sama yakni adanya infeksi yang terjadi pada organ mata baik karena virus, bakteri, maupun jamur. Namun, ulkus kornea juga bisa disebabkan oleh adanya trauma yang terjadi pada mata seperti karena benturan yang terlalu keras atau menghadapi ledakan sehingga membuat jaringan kornea mata Anda rusak. Sementara itu, penyebab katarak cukup banyak yakni seperti berikut ini.

  • Bawaan Lahir. Beberapa jenis katarak muncul karena bawaan lahir, yakni jenis katarak kongenital. Katarak jenis ini tentu saja menyerang balita. Namun canggihnya pengetahuan medis saat ini bisa menjawab kekawatiran Anda mengenai apakah katarak bawaan lahir bisa disembuhkan. Tentu saja katarak jenis ini bisa disembuhkan dengan tindakan operasi.
  • Komplikasi Penyakit Lain. Penyakit diabetes melitus diketahui mampu memicu komplikasi katarak pada mata Anda.
  • Dampak Benda Asing. Katarak juga bisa disebabkan oleh benda asing di luar sistem tubuh manusia seperti paparan sinar UV yang berlebihan dan penggunaan beberapa jenis obat steroid.

Apa Gejala dari Ulkus Kornea dan Katarak?

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk memahami perbedaan ulkus kornea dan katarak adalah dengan mengetahui gejala-gejala yang muncul. Gejala ulkus kornea biasanya lebih banyak dan membutuhkan bantuan obat untuk mengatasinya sementara gejala dari katarak biasanya hanya terdapat pada daya lihat seseorang. Untuk lebih jelas, berikut adalah gejala dari ulkus kornea.

  • Mata merah baik karena infeksi maupun trauma. Ulkus kornea adalah salah satu penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri. Mata yang memerah bisa jadi diikuti oleh nyeri parah yang mengharuskan Anda mengonsumsi Obat pereda sakit. Mata merah juga kerap diikuti oleh keluhan lain seperti ada sesuatu yang mengganjal di dalam bola mata.
  • Dalam kondisi yang parah, mata Anda tidak hanya mengeluarkan air mata secara terus menerus melainkan juga nanah atau cairan kental sejenisnya.
  • Keluhan-keluhan tersebut membuat pandangan Anda tidak jelas dan kabur, lebih sensitif terhadap cahaya serta membuat mata terlihat bengkak.
  • Bercak berwarna putih di dalam kornea akan muncul jika ulkus berukuran cukup besar. Bercak ini bisa dilihat secara langsung tanpa bantuan mikroskop.

Pengobatan Ulkus Kornea dan Katarak

Salah satu cara penyembuhan ulkus kornea dan katarak yang tingkat keberhasilannya tinggi adalah dengan tindakan operasi. Namun jika keluhan ulkus kornea masih ringan, biasnya Anda akan dituntut untuk mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu seperti paracetamol dan tetes mata antibiotik. Berbeda dengan katarak, hingga kini belum ditemukan jenis obat sakit mata alami untuk dewasa maupun obat medis yang bisa menyembuhkan katarak.

Tindakan operasi untuk ulkus kornea bertujuan untuk melakukan pergantian kornea yang rusak dengan kornea donor. Operasi transplantasi ini bernama operasi keratoplasti. Karena termasuk salah satu tindakan operasi besar, Anda akan mendapatkan anestesi seluruh badan dan proses perawatan pascaoperasi yang intensif untuk memastikan keberhasilan operasi.

Sementara operasi untuk katarak dilakukan dengan melakukan pergantian lensa mata dengan lensa buatan. Berbeda dengan operasi keratoplasti, operasi katarak biasanya dilakukan dengan sistem pembiusan lokal. Perawatan pascaoperasi tidak perlu ditunjang dengan rawat inap. Anda hanya perlu memastikan diri untuk menghindari pantangan setelah operasi katarak.

Begitu juga dengan proses operasi katarak kongenital pada balita. Untuk menjaga perkembangan kesehatan mata balita setelah operasi katarak, biasanya mereka diharuskan untuk menggunakan kacamata untuk bayi katarak hingga sembuh sempurna. Dengan demikian, mata yang terkena gangguan katarak bisa kembali berfungsi dengan baik.

Perbedaan ulkus kornea dan katarak cukup signifikan, apalagi jika dilihat dari penyebab, gejala yang muncul, serta proses penyembuhannya. Oleh karena itu, Anda tidak diperkenankan untuk melakukan diagnosis pribadi terhadap gangguan yang terjadi pada mata Anda. Sebaiknya, Anda lekas memeriksakannya kepada dokter mata yang kredibel.

, , , ,



Oleh :