Sponsors Link

Pertolongan Pertama Mata Terkena Minyak Panas dan Pencegahannya

Sponsors Link

Mata adalah satu dari lima panca indera yang sangat sensitif. Sedikit saja terkena benda asing, misalnya kelilipan akibat debu, Anda sudah merasa tidak nyaman. Pengelihatan pun menjadi terganggu. Terlebih lagi ketika mata terkena benda asing yang tidak terduga, seperti minyak panas.

ads

Saat menggoreng makanan Anda memang perlu waspada akan percikan minyak goreng yang bisa saja melukai kulit. Kendati sudah hati-hati, terkadang Anda tidak bisa mengendalikan datangnya percikan minyak goreng tersebut. Lalu, apa yang harus Anda lakukan apabila mata terkena percikan minyak panas? Berikut adalah rekomendasi pertolongan pertama mata terkena minyak panas yang bisa dilakukan.

Mengetahui bagian mana yang terkena percikan minyak perlu dilakukan terlebih dahulu. Kelopak mata biasanya akan reflek menutup ketika ada benda asing yang hendak mengenai mata. Ketika kelopak mata sempat menutup, otomatis benda asing tersebut akan melukai dan menyebabkan kelainan pada kelopak mata. Percikan minyak panas dapat menimbulkan luka bakar pada kelopak mata.

Pertolongan pertama mata terkena minyak panas adalah membersihkan minyak goreng pada kelopak mata menggunakan cutton bud. Setelah kelopak mata bersih dari minyak goreng, pastikan untuk menjaga kelopak mata tetap bersih dan menjaganya agar tetap kering. Luka bakar pada kelopak mata biasanya akan membekas dan menimbulkan jaringan parut. Bekas luka bisa saja hilang, namun diperlukan waktu yang cukup lama.

Kelopak mata memang memiliki reflek untuk menutup ketika melihat benda asing yang hendak mengenai mata. Tetapi, bagaimana jika kelopak mata terlambat menutup? Tentu benda asing akan langsung masuk mengenai bola mata dan bisa menimbulkan cedera serius. Ketika mata terkena benda asing, biasanya kita reflek untuk menggosok mata menggunakan tangan. Meski bersifat alami, hal ini sangat dilarang untuk dilakukan. Menggosok mata akan membuat zat yang masuk menjadi menyebar pada seluruh bagian mata. Terutama pada minyak goreng yang merupakan benda cair dan terlebih lagi dalam kondisi panas. Hal ini dapat merusak jaringan halus yang melapisi mata.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan ketika terkena percikan minyak panas adalah melakukan irigasi pada mata. Irigasi atau perlakuan membilas mata ini dapat dilakukan menggunakan air bersih yang mengalir. Aliran air akan membersihkan minyak atau zat lain yang mengenai mata sehingga tidak menimbulkan cedera lebih lanjut. Ketika hanya salah satu mata yang terkena percikan minyak panas, usahakan untuk menutup mata yang lain. Hal ini untuk mencegah aliran air yang mengandung minyak berpindah dari satu mata ke mata lain.
  • Bilas mata minimal selama 15 menit untuk memastikan bahwa mata benar-benar bersih dari minyak. Air yang digunakan untuk membilas mata sebaiknya air yang sesuai dengan suhu ruangan. Namun, penggunaan air kran atau air pada bak penampungan juga diperbolehkan, asal air tersebut benar-benar bersih. Dalam kondisi seperti ini, pastikan mata yang tengah diirigasi tidak berkedip untuk mencegah masuknya minyak pada bagian mata lebih dalam.
  • Setelah mata selesai dibilas, Anda bisa memeriksa mata yang terkena percikan. Biasanya sisa minyak masih menempel pada sudut mata. Apabila masih terdapat sisa minyak pada sudut mata, bersihkan sisa minyak tersebut pelan-pelan menggunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan air. Jangan membersihkan sudut mata dengan tangan, karena bisa saja pada tangan kita terdapat kotoran yang dapat memperparah cedera mata.

Apabila mata sudah benar-benar bersih dari minyak, kita harus memeriksa dengan seksama bagian mata yang terkena percikan untuk memastikan apakah bagian mata tersebut mengalami perubahan atau tidak. Trauma pada mata bisa terjadi akibat beberapa hal, misalnya jenis zat, radiasi, dan juga suhu. Percikan minyak goreng tentu dapat menimbulkan trauma pada mata karena suhunya yang panas. Biasanya mata akan terasa perih dan berat saat dikedipkan.

Percikan minyak pada kelopak mata dapat menimbulkan luka bakar yang bisa menyebabkan gangguan serius lain. Selain bisa menimbulkan jaringan parut, hal ini juga bisa merusak saluran air mata yang bertugas untuk melumasi bola mata. Sedangkan percikan minyak goreng panas pada bola mata dapat menimbulkan gangguan yang lebih serius. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan pada kornea dan selaput bening terluar pada mata.

Ketika mata terkena percikan minyak panas, atau bahkan cedera akibat zat lain, dianjurkan untuk segera memeriksakan kondisi mata pada dokter. Cedera pada mata, baik bagian kelopak atau bagian bola mata secara langsung perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menghindari terjadinya gangguan pengelihatan yang mungkin terjadi di kemudian hari. Jumlah zat, lama waktu terpapar, dan tempat terjadinya paparan minyak pada mata akan mempengaruhi seberapa besar cedera yang terjadi pada mata. Besarnya cedera pada mata juga mempengaruhi seberapa banyak penanganan yang perlu dilakukan oleh dokter.

Sponsors Link

Selain melakukan penanganan, sangat penting dilakukan tindakan pencegahan agar mata tidak mengalami cedera akibat kecelakaan yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya percikan minyak goreng panas yang bisa melukai mata Anda.

  1. Tetap waspada ketika melakukan aktivitas di dapur, terutama saat menggoreng makanan. Ketika dalam posisi waspada, refleks dalam tubuh kita akan berlangsung lebih baik. Misalnya ketika minyak memercik, maka tubuh memiliki waktu untuk menghindari percikan.
  2. Menggunakan wajan yang bersih dari air. Letupan minyak goreng seringkali terjadi karena masih adanya air pada wajan. Maka dari itu, setelah mencuci wajan sebaiknya langsung di lap hingga kering. Membersihkan wajan dengan lap ketika hendak digunakan juga penting untuk dilakukan.
  3. Menggunakan minyak secukupnya untuk menggoreng. Penggunaan minyak goreng yang berlebihan bisa menyebabkan minyak menguap dan menimbulkan letupan. Sedangkan penggunaan minyak yang terlalu sedikit akan membuat makanan menjadi kurang renyah dan menimbulkan percikan ke permukaan.
  4. Menggunakan suhu minyak yang tepat untuk menggoreng. Terjadinya letupan biasanya dipicu oleh suhu minyak yang belum panas atau terlalu panas untuk menggoreng makanan. Sehingga menunggu sampai suhu minyak sesuai sangat dianjurkan.
  5. Tidak melempar makanan pada minyak goreng. Ketakutan akan percikan minyak goreng membuat banyak orang melakukan hal ini. Padahal, dengan melempar makanan ke dalam minyak goreng justru memicu minyak goreng menghasilkan percikan. Lebih baik untuk memasukkan makanan pada minyak goreng secara perlahan dan dengan jarak yang dekat.
  6. Tidak membolak-balikkan makanan secara berlebihan. Pastikan untuk membalik makanan ketika satu sisi sudah cukup kering. Membolak-balikkan makanan dapat memicu terjadinya percikan minyak goreng.
  7. Mencampur minyak goreng dengan beberapa bahan yang dianjurkan juga dapat mengurangi terjadinya letupan. Bahan-bahan yang dapat dicampurkan pada minyak goreng, antara lain: garam, tepung terigu, jahe dan jeruk nipis. Campuran minyak dengan salah satu bahan tersebut mampu mencegah munculnya percikan minyak goreng.

Itulah pertolongan pertama mata terkena minyak panas yang bisa kita lakukan. Beberapa langkah pencegahan tersebut juga dapat diaplikasikan, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk memelihara kesehatan mata Anda.

, ,