Sponsors Link

Penyebab Pinggir Mata Bernanah dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Beberapa faktor bisa membuat sudut mata bengkak bahkan mengeluarkan nanah. Karena jika tidak segera mengetahui penyebabnya, bisa memperparah kondisi mata. Berikut beberapa kemungkinan penyebab pinggir mata bernanah.

ads

1. Konjungtivitis bakteri

Penyebab pinggir mata bernanah bisa dikarenakan infeksi bakteri yang terjadi di mata. Gejala utama penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri biasanya diawali dengan kelopak mata menempel dan disertai sedikit nanah setelah tidur. Gejala ini bisa timbul pada salah satu ataupun pada kedua mata. Beberapa bakteri bisa menyebabkan timbulnya nanah di mata, tapi ada juga yang tidak.

2. Konjungtivitis virus

Konjungtivitis virus merupakan infeksi akibat virus pada mata. Gejala utama penyakit mata yang disebabkan oleh virus yang sering ditemui adalah timbulnya warna merah pada area putih mata. Mata juga akan sering berair, bahkan bisa diiring munculnya nanah pada ujung mata.

3. Cairan lendir yang masuk ke mata

Hal ini biasanya diakibatkan iritasi karena tangan kotor dipakai untuk mengelap atau mengucek mata. Akibat ini timbulah cairan lendir biasanya bisa kamu temukan pada sudut mata. Tidak jarang lendir ini masuk dan berkumpulan di ujung mata dan berubah menjadi warna krem bahkan mengeluarkan nanah.

4. Saluran air mata tersumbat

Gejala utama akibat saluran air mata tersumbat akan membuat mata berair tidak berhenti. Selain itu mata biasanya akan memerah serta kelopak mata yang sedikit bengkak. Mata yang terus basah bisa mengalami infeksi mata sekunder. Jika sudah begini kelopak mata akan terlihat kusut bahkan timbul infeksi mata bernanah.

5. Benda asing di mata

Benda asing seperti kotoran, pasir, atau serbuk gergaji bisa tertiup dan masuk ke mata. Seringkali benda asing tersangkut pada kelopak mata atas. Jika tidak segera menghilangkan, mata tentu merespon bahkan langsung memproduksi nanah jika infeksi tidak segera diatasi.

6. Selulitis kelopak mata

Selulitis kelopak mata merupakan infeksi pada dalam kelopak mata serta jaringan di sekitarnya. Saat kamu terkena selulitis ada beberapa gejala utama mulai dari kelopak mata yang merah, bengkak, bahkan bengkaknya bisa mengakibatkan mata sedikit tertutup. Gejala ini bisa terjadi pada satu mata atau bisa timbul pada kedua mata.

Jika sudah mengetahui beberapa penyebab pinggir mata bernanah, kamu juga harus tahu cara untuk mengatasinya. Saran perawatan ini akan mengurangi dan menjadi pertolongan pertama sebelum mendapat penanganan langsung dari dokter.

  • Menghilangkan nanah

Pertama adalah menghilangkan semua nanah kering serta cairan pada kelopak mata. Kamu bisa menggunakan air hangat serta bola kapas basah buat melakukan hal ini. Lakukan pembersihan setiap nanah terlihat pada kelopak mata. Selain itu kamu juga bisa mengeluarkan nanah sebelum kamu meneteskan obat antibiotik mata. Jika kamu tidak membersihkannya terlebih dahulu, obat antibiotik akan tidak bekerja karena terhalang nanah. Nanah pada ujung mata bisa menyebarkan infeksi pada orang lain, jadi buanglah kapas ataupun peralatan yang terkena nanah dengan hati-hati. Kemudian cucilah tanganmu dengan baik setelah membersihkan nanah.

  • Obat tetes mata antibiotik

Jika kamu bersikap kooperatif, kamu bisa menarik kelopak bawah ke arah bawah dengan selembut mungkin. Kemudian masukkan 1 tetes obat antibiotik ke kelopak mata bawah. Kemudian tutup mata kurang lebih 2 menit agar obat bisa masuk ke dalam jaringan mata. Jika kamu sulit membuka mata, kamu bisa berbaring terlebih dahulu. Kemudian meletakkan 1 tetes obat pada sudut mata dibagian dalam. Kemudian kamu bisa membuka mata lalu berkedip, tetes mata otomatis mengalir masuk. Jika kamu tidak membuka mata, obat tetes mata justru perlahan akan meresap ke kelopak mata.

Demikian pembahasan mengenai penyebab pinggir mata bernanah dan cara pengatasannya. Semoga bermanfaat.

, , , ,