Sponsors Link

Presbiopi – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Ada banyak jenis penyakit mata yang bisa menyerang siapa saja baik anak-anak atau pun orang dewasa. Salah satunya adalah gangguan mata presbiopi, yang kerap kali identik dengan gangguan mata pada orang tua.

ads

Presbiopi merupakan gangguan mata yang biasanya akan ditandai dengan penurunan pada kemampuan lensa mata untuk bisa fokus melihat objek dengan jarak pandak dekat. Atau bisa juga mata masih bisa melihat dekat namun membutuhkan waktu lama untuk bisa memfokuskan objeknya. Kondisi ini bisa terjadiny dengan sendirinya seiring dengan proses penuaan dan bisa dialami oleh semua orang, pada umumnya akan menyerang meraka yang sudah berusia di atas 40 tahun.

Penyebab Presbiopi

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang terserang masalah mata presbiopi:

1.  Perubahan protein pada lensa mata

Usia adalah hal pertama yang bisa mempengaruhi kondisi gangguan mata tidak bisa fokus saat melihat objek jarak dekat. Kondisi ini berbeda dengan penyakit mata silindris atau pun rabun jauh dan rabun dekat yang biasa disebut Penyakit Mata Hipermetropi dan biasa dikaitkan dengan bentuk bola mata serta pengaruh dari faktor genetic serta lingkungan. Pada umumnya presbiopi dikarena adanya penebalan yang bertahap serta kondisi mulai hilangnya fleksibilitas pada lensa alami di bagian dalam mata. Seiring dengan pertambahan usia (usia lanjut 40 tahun ke atas) maka perubahan ini akan terjadi pada protein yang ada di dalam lensa mata. Sehingga akan membuat lensa mata menjadi semakin lebih keran dan juga kurang elastis.

2. Perubahan serat otot

Selain karena perubahan protein, seiring bertambahnya usia juga akan mempengaruhi pada perubahan serat otot yang biasanya akan mengelilingi bagian lensa. Akibatnya mata menjadi sangat kurang elastis. Sehingga mata akan sangat membutuhkan waktu lama untuk fokus saat harus melihat objek yang jaraknya dekat.

3. Dipengaruhi karena riwayat anemia

Gangguan mata presbiopi juga bisa saja terjadi sejak dini atau dinamakan presbiopi dini sama hal nya seperti penyebab mata plus di usia muda. Penyebabnya adalah bukan karena faktor usia melainkan karena gangguan kesehatan. Salah satunya adalah anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Jika sejak mudah bahkan sejak kecil Anda memiliki riwayat anemia maka kemungkinan besar Anda juga akan mengalami presbiopi dengan cepat.

4. Dipengaruhi karena penyakit jantung

Penyakit lain yang juga bisa menyebabkan seseorang menderita presbiopi dengan cepat adalah penyakit atau kelainan yang terjadi pada jantung. Penyakit ini akan cukup tinggi mempengaruhi penglihatan jika memang kondisinya sudah cukup lama dan ketergantungan pada obat-obatan.

5. Dipengaruhi oleh diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena kadar gula darah normal dalam tubuh yang naik drastis. Tanda-tanda panyakit diabetes biasanya akan mempengaruhi mata. Salah satu pengaruh pada mata tersebut adalah gangguan mata presbiopi. Diabetes bisa menyerang siapa saja tidak terkecuali bayi baru lahir. Sehingga resiko presbiopi akan semakin besar jika diabetes sudah dialami sejak masih muda.

Sponsors Link

6. Gangguan yang terjadi pada sistem saraf

Terjadinya gangguan pada bagian sistem saraf atau bagian otak dan juga sumsum tulang belakang seperti kondisi multiple sclerosis juga bisa menjadi penyebab paling tinggi seseorang mengalami kondisi presbiopi sejak dini. Saraf memang hal yang sangat vital, jika ada saja yang terganggu dan mengalami kerusakan bisa dipastikan akan selalu ada bagian tubuh yang terganggu.

7. Dipengaruhi kerana trauma pada mata

Mengalami cedera atau trauma yang mengakibatkan mata mengalami gangguan juga bisa menjadi penyebab mengapa sejak dini Anda sudah mengalami presbiopi. Beberapa orang mungkin pernah mengalami kecelakaan sejak kecil sehingga pengaruhnya akan sangat beresiko pada usia di atas 20 tahunan. Presbiopi bukan merupakan  penyebab kebutaan mata.

8. Adanya gangguan aliran darah

Aliran darah merupakan masalah kesehatan lain yang bisa menyebabkan presbiopi di usia muda. Khususnya adalah aliran darah yang menuju jantung. Jika proses aliran darahnya terganggu maka sangat bisa dipastikan bagian mata Anda juga akan terganggu dan lebih besar resikonya terserang kondisi penyakit mata presbiopi.

Sponsors Link

9. Dipengaruhi karena alkohol dan obat-obatan

Selain karena penuaan dan gangguan kesehatan, penyebab lain dari gangguan mata presbiopi adalah bisa karena asupan alkohol yang berlebihan serta obat-obatan tertentu. Beberapa obat yang biasanya akan sangat mempengaruhi pada kemampuan fokus mata seperti obat penenang, antisamin, antipsikotik, antispasmodic, obat diuretic dan obat anti depresi.

Gejala Gangguan Mata Presbiopi

Berikut adalah beberapa gejala yang bisa Anda alami ketika mendapatkan resiko serangan presbiopi sejak dini atau lanjut usia:

1. Sulit membaca

Hal pertama yang Anda alami adalah Anda akan sangat kesulitan saat harus membaca sesuatu baik buku dan yang lainnya. Anda akan cenderung memegangi buku bacaan dengan jarak lebih jauh tujuannya adalah agar bisa melihat huruf dengan lebih jelas lagi.

2. Sering menyipitkan mata saat membaca

Apakah Anda sering menyipitkan mata khususnya saat membaca? Hati-hati bisa saja hal tersebut merupakan gejala presbiopi sejak dini. Jika Anda sudah cenderung sering menyipitkan mata sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi mata Anda ke dokter untuk menghindari masalah mata lebih parah.

3. Penglihatan yang kabur

Saat Anda berusaha melihat objek jarak dekat atau saat Anda ingin membaca dengan jarak yang normal mata maka penglihatan Anda malah akan sangat kabur dan tidak bisa fokus sama sekali. Bagaimanapun Anda berusaha kondisi ini tetap saja sulit diatasi.

ads

4. Saat membaca Anda akan membutuhkan penerangan

Penerangan memang sangat penting apalagi saat akan membaca. Namun akan berbeda dengan penerangan yang dibutuhkan oleh penderita presbiopi. Biasanya penerangan normal khusus membaca saja tidak akan cukup, ia akan sangat membutuhkan kondisi lampu yang lebih terang lagi.

5. Sakit kepala

Sakit kepala biasanya juga akan diikuti dengan kondisi mata yang semakin menegang. Hal ini disebabkan karena kemampuan mata saat melihat objek jarak dekat sudah sangat berkurang dan akan membuat mata semakin berusaha lebih keras untuk melihat objek. Akibatnya saraf mata malah jadi lelah dan mempengaruhi pada sakit kepala dan mata yang menjadi tegang. Jika Anda sudah sampai ditahap ini sebaiknya segera periksakan mata Anda ke dokter.

Cara Mengatasi Presbiopi

Jika Anda positif mengalami masalah mata presbiopi, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Diantaranya:

1. Menggunakan kacamata

Untuk permasalahan mata presbiopi atau kondisi mata tua menggunakan kacamata bisa menjadi salah satu penanganan paling dianjurakan. Bahkan cara ini merupakan cara yang dinilai paling aman untuk mengatasi gangguan mata tersebut. Ada 2 jenis kacamata yang bis digunakan oleh penderita presbiopi.

  • Kacamata dengan lensa bifocal : Merupakan kacamata yang mempunyai lensa bifocal dan menjadi salah satu lensa paling umum yang digunakan karena cukup simpe. Lensa ini terdiri menjadi 2 bagian. Yaitu, bagian yang lebih besar dengan fungsi sebagai salah satu alat bantu untuk mengkoreksi jarak penglihatan dan bagian kedua adalah bagian sekunder yang ukurannya lebih keci. Fungsinya adalah untuk menolong agar mata bisa melihat dengan jarak yang lebih dekat.
  • Kacamata dengan lensa progeresif : Kacamata jenis ini manfaatnya sama dengan kacamata dengan lensa bifocal sebelumnya. Hanya saja untuk kacamata ini akan ada pencampuran di bagian lensa nya sehingga akan dioptimalkan saat akan melihat jarak yan dekat.

Meskipun penggunaan kacamata dianggap sangat sederhana untuk bisa membantu penglihatan, namun ada beberapa orang yang kurang percaya diri saat diharuskan menggunakan kacamata dimanapun dan kapanpun.

2. Menggunakan lensa kontak

Untuk masalah mata presbiopi selain menggunakan kacamata, Anda juga bisa menggunakan lensa kontak. Ini bisa menjadi pilihan alternative lainnya yang sangat baik agar bisa lebih menunjang penampilan Anda. Lensa kontak juga akan ditawarkan dalam 2 jenis, diantaranya adalah:

  • Lensak kontak multifocal : Manfaat dari penggunakan lensa multifocal sangat mirip jika Anda bandingkan dengan penggunaan kacamata dengan lensa bifocal. Lensa kontak ini telah dirancang untuk penderita agar bisa melihat dengan sangat jelas dari berbagai macam sudut. Penggunaan lensa akan lebih baik jika Anda konsultasikan dulu pada dokter aga bisa mengetahui cocok atau tidaknya lensa yang akan Anda gunakan.
  • Lensa kontak monovision : Lensa selanjutnya adalah lensa monovision yang akan ditawarkan dengan penggunaan resep yang tidak sama untuk tiap mata penderita presbiopi. Lensa ini akan dibagi menjadi 2, yaitu lensa untuk melihat jarak yang dekat dan satunya lagi untuk bisa melihat jarak yang jauh. Pada beberapa orang biasanya akan sangat sulit untuk beradaptasi menggunakan lensa kontak ini.

Lensa kontak memang bisa menjadi salah satu solusi, hanya saja solusi penggunaanya masih dalam waktu yang sementara untuk penderita mata presbipu yang kondisinya sudah sangat serius bahkan membutuhkan perawatan yang lebih lanjut.

3. Melakukan implant lensa

Selanjutnya adalah menangani dengan cara implant lensa. Prosedur ini adalah salah satu cara lain untuk mengatasi gangguan mata presbiopi dengan mengganti bagian lensa mata penderita. Penggantian lensa akan dilakukan dengan lensa mata yang sintetis. Umumnya pada pasien penderita mata presbiopi yang melakukan implant lensa, sebelumnya pernah melakukan prosedur bedah LASIK.

5. Prosedur monovision LASIK

Akar masalah dari kondisi mata presbiopi memang tidak bisa di atasi dengan sangat sempurna oleh prosedu LASI. Namun, prosedur ini bisa menjadi pilihan lain karena mampu membantu mata agar tidak perlu menggunakan lensa dan juga kacamata. LASIK adalah singkatan dari Laser Assisted in Situ Keratomileusis yang merupakan salah satu metoder dari perbaikan pada kelainan mata yang cukup populer dikalangan medis.

Yang boleh melakukan prosedur LASIK hanyalah dokter spesialis dengan penggunaan laser atau microkeratome. Monovisioan LASI merupak metode yang bisa di pilih sebab sangat mampu membantu koreksi mata yang mengalami gangguan mata rabun. Namun untuk bisa memperbaiki penglihatan jarak dekat juga bisa juga di atasi. Tidak sedikit orang yang lebih memiliki melakukan prosedur LASIK sebagai salah satu tindakan bedah untuk mengkoreksi mata. Anda juga sebaiknya perlu tahu, bahwa prosedur ini adalah prosedur paling banyak dilakukan oleh penderita presbiopi. Sebab efek dari prosedur ini akan lebih baik dibandingkan saat Anda harus menggunakan kacamata atau pun lensa kontak.

6. Prosedur multifocal LASIK

Bila pada prosedur LASI sebelumnya mempunyai tujuan utama agar bisa membantu penglihatan menjadi jelas pada jarak dekat dan hanya pada satu mata saja. Maka prosedur LASIK yang kedua akan berbeda, pada prosedur ini akan ada cukup banyak zona daya yang bisa dibuat pada bagian permukaan kornea mata miliki pasien dan agar bagian kedalaman fokus pada penglihatn nya bisa pada jarak berapa saja. Prosedur ini dinamakan juga dengan istilah PresbyLASIK. Metode ini sebenarnya belum disetujui dan juga diresmikan, dan prosedur ini masih dalam proses uji klinis sampai saat ini. Namun beberapa negara sudah ada yang melakukan dan menyukuti prosedur perbaikan mata dengan metode multifocal LASIK Jika memang sudah sangat umum tentunya metoder ini bisa juga dilakukan untuk mengatasi masalah mata presbiopi.

7. Prosedur inlay kornea

Cara mengatasi mata presbiopi selanjutnya adalah dengan melakukan inlya kornea. Cara ini juga bisa menjadi salah satu pilihan lain untuk mengatasi gangguan mata presbiopi. Prosedur yang akan dilakukan adalah dengan cara memasukkan bagian ring plastic yang berukuran kecil tepat pada bagian sudut kornea mata pada masing-masing sisinya agar bagian lengkungan nya dapat berubah. Penderita juga tidak harus merasa khawatir sebab prosedur ini resiko nya sangat keci dibandingkan dengan prosedur bedah mata lainnya. Dibandingkan LASIK, akan lebih baik juga jika Anda melakukan inlay kornea.

8. Prosedur keroplasti konduktif

Prosedur ini juga sudah banyak dipilih sebagai salah satu solusi untuk mengatasi gangguan mata presbiopi. Pada prosedur keroplasti konduktif akan dilakukan penggabungan untuk mengirimkan gelombang radio pada bagian target area di kornea mata miliki pasien. Cara ini tujuannya ada untuk membuat bentuk pada kornea mata mejadi semakin lebih sesuai. Namun biasanya prosedur ini hanya bisa dilakukan pada 1 mata saja. Permasalahan mata lain yang juga bisa di alami dengan prosedur ini adalag astigmatisme dan juga keratoconus.

9. Melakukan olahraga Mata

Cara penanganan presbiopi selanjutnya adalah dengan cara melakukan olahraga mata. Ada satu latihan yang menjadi anjuran untuk melatih mata Anda dan dinilai mampu mengatasi masalah presbiopi semakin berkurang. Caranya adalah dengan menyilangkan mata dan membuat fokus penglihatan Anda pada bagian ujung hidung. Kemuian Anda bisa melanjutkan dengan cara melihat benda pada jarak jauh dan juga fokuskan mata pada benda tersebut. Prosedur pelatihan ini biasa Anda lakukan secara berulang dan dengan melatih pernapasannya juga. Namun sebenarnya masih ada cara latihan lain yang bisa Anda lakukan, yaitu dengancara memegang buku dengan jarak 3 inci dari wajah. Kemudian Anda bisa melihat huruf yang ada pada buku, tangkat setiap hurufnya dan fokuskan mata Anda. Lalukan hal tersebut dengat rutin agar bisa semakin melatih peglihatan Anda.

Itulah informasi lengkap mengenai penyebab, gejala dan cara mengatasi gangguan mata presbiopi. Ada banyak sekali gangguan mata yang bisa menyerang siapa saja, tidak terkecuali presbiopi. Jika sejak dini Anda sudah mengaalmi presbiopi maka akan sangat tidak nyaman sekali, Anda harus menggunakan kacamata atau hal lain yang bisa membantu penglihatan Anda. Sehingga ada baiknya, Anda bisa merawat mata sedini mungkin, misal nya dengan mengkonsumsi Makanan untuk menjaga kesehatan mata biasanya yang akan mengandung vitamin A seperti sayuran wortel, melakukan olahraga mata, melakukan gaya hidup sehat, tidak merokok dan banyak lagi.

, , ,