Sponsors Link

Bolehkah Propolis untuk Mata? Apakah ada Efek Sampingnya?

Sponsors Link

Anda pernah mendengar obat bernama propolis? Propolis adalah obat herbal yang sudah digunakan oleh ribuan orang sejak zaman dahulu. Berasal dari lebah madu dan bertekstur lengket, obat herbal yang satu ini sering digunakan oleh orang-orang pada zaman dahulu untuk mengobati berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan tubuh. Contohnya ialah bangsa mesir kuno yang menggunakannya untuk proses pembalseman mumi.

ads

Kata propolis sendiri berasal dari Bahasa Yunani yakni pro yang berarti depan dan polis yang berarti kota. Semakin berkembangnya zaman, propolis pun telah diolah menjadi berbagai macam bentuk untuk mengobati penyakit yang berbeda-beda. Salah satunya ialah untuk mengobati penyakit mata.

Manfaat propolis untuk kesehatan mata diantaranya adalah :

  • Mengobati mata minus
  • Mengobati katarak
  • Mengobati glukoma

Propolis akan membantu menyembuhkan jenis-jenis penyakit mata anda secara alami. Dengan begitu anda tidak perlu melakukan operasi apapun untuk menyembuhkan mata anda. Mengapa propolis dapat menyembuhkan mata? rahasianya adalah karena propolis mengandung vitamin A yang bagus bagi kesehatan mata. Selain mengandung vitamin A, propolis juga mengandung beberapa zat lainnya yakni :

  • Mengandung semua jenis vitamin A, B2, C, E, P, H, B6, D, asam nikotinat, dan asam folat.
  • Terdiri dari semua jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia kecuali belerang
  • Selain itu propolis juga mengandung banyak zat yang bagus untuk kesehatan tubuh seperti zat anti virus, anti bakteri, anti jamur, peradangan, dan antioksidan. Zat-zat tersebut berfungsi untuk membantu proses regenerasi sel sebagai sumplemen sel.

Dengan kandungan yang kaya akan manfaat tersebut tidak heran jika propolis disebut sebagai zat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit pada tubuh manusia. Bagaimana cara menggunakan propolis untuk mata?

Propolis yang digunakan untuk penyembuhan penyakit mata biasanya sudah dibentuk dalam kemasan botol kecil dan dilengkapi dengan alat tetes didalamnya. Selain praktis, hal tersebut akan memudahkan para pengguna untuk memakainya. Anda hanya perlu meneteskan 1 sampai 2 tetes propolis pada mata yang bermasalah sebanyak 2 kali sehari. Yaitu di siang hari maupun malam hari.

Beberapa menit setelah penggunaannya, semua kotoran yang terdapat pada mata anda akan keluar secara perlahan. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain hangat atau tisu. Berbicara mengenai sebuah obat, pasti ada rasa khawatir tentang efek samping yang ditimbulkannya. Anda pasti bertanya-tanya apakah propolis menimbulkan efek samping tertentu?

Jawabannya adalah propolis tidak menimbulkan efek samping apapun pada tubuh. Alasannya ialah sangat jelas, yakni propolis terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Bahan-bahan propolis mengandung antibiotik yang bebas racun sehingga dapat melawan bakteri, virus, dan jamur tanpa efek samping apapun.

Walaupun demikian, propolis tetap menimbulkan reaksi atau tindak balas ketika anda mengonsumsinya. Misalnya reaksi yang ditimbulkan saat digunakan sebagai obat tetes mata ialah pada awal pemakaiannya memang terasa agak perih. Reaksi atau tindak balas sendiri ialah efek positif yang timbul dari dalam tubuh sebagai tanda bahwa propolis bekerja dengan baik dan ampuh. Reaksi yang ditimbulkan bersifat sementara, oleh karenanya anda tidak perlu merasa khawatir

Siapa sajakah yang boleh menggunakan propolis untuk mata? Propolis sangat aman digunakan oleh siapapun mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan orang yang sudah lanjut usia pun bisa menggunakan propolis. Selain itu jika anda adalah ibu hamil atau ibu menyusui anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan propolis untuk mengobati mata anda yang bermasalah.

Hati-hati dengan produk palsu! Semakin terkenal suatu produk, maka akan timbul juga produk serupa yang kualitasnya sangat jauh dengan prosuk aslinya. Cara ini digunakan oleh orang-orang yang curang demi mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Tidak heran jika penjual produk palsu bisa mendapatkan untuk yang sangat banyak. Hal tersebut pun berlaku di dunia penjualan produk propolis.

Jika anda berniat untuk membeli propolis maka anda sangat dianjurkan untuk berhati-hati dalam memilih produk propolis yang telah tersebar di pasaran. Pasalnya jika anda sampai salah memilih produk, maka bisa membahayakan tubuh anda. Selain itu anda akan merasakan efek samping yang cukup berbahaya bagi tubuh, yaitu :

  • Anda akan mengalami ketergantungan
  • Penyakit yang anda derita tidak kunjung sembuh
  • Dapat menimbulkan efek samping bagi penyakit lain yang anda derita
  • Propolis palsu biasanya mengandung bahan pengawet dan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh
  • Anda tidak pernah merasakan khasiatnya meskipun sudah menggunakannya berkali-kali

Pilihlah produk propolis yang benar-benar terpercaya. Lakukanlah pengecekan secara detail mulai dari komposisinya, tanggal kadaluarsanya, nomor BPOM dan cap halal, hingga kemasannya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal