Sponsors Link

Penyebab dan Cara Mengobati Pupil Mata Putih Pada Bayi

Sponsors Link

Menjadi indera utama di dalam kehidupan manusia, kesehatan mata sudah selayaknya diperhatikan. Tidak hanya ketika seseorang menginjak dewasa dan lanjut usia, kondisi mata seorang bayi pun rentan mendapatkan masalah bahkan sejak ia berada di dalam kandungan. Ada banyak masalah mata yang bisa diderita oleh seorang bayi, baik merupakan masalah bawaan lahir yang berkaitan dengan proses perkembangan janin maupun masalah yang timbul setelah proses persalinan yang menimbulkan gangguan mata bayi kuning dan belekan.

ads

Salah satu masalah yang umum diderita oleh seorang bayi adalah pupil mata putih. Kondisi ini tentu bukan kondisi yang normal sebab pupil mata manusia sepatutnya berwarna hitam. Munculnya pupil mata putih pada bayi adalah anomali yang bisa jadi merupakan gejala dari retinoblastoma. Retinoblastoma adalah sejenis kanker yang muncul pada bayi atau anak di bawah usia enam tahun. Kanker ini jarang terjadi.

Dalam dunia medis, munculnya kondisi pupil mata putih dikenal dengan istilah leukocoria. Kondisi tentu akan sangat mengkhawarikan orang tua yang mendapatinya. Sebab, mata bayi dengan kondisi leukocoria akan tampak normal jika dilihat sekilas. Akan tetapi, warna putih atau keruh akan sangat tampak ketika bayi berada di ruangan dengan cahaya yang rendah atau dalam jepretan foto.

Meski menjadi salah satu gejala dari penyakit kanker pada organ mata atau retinoblastoma, persentase munculnya kanker tersebut pada bayi dan balita terhitung langka. Selain itu, ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab dari munculnya pupil mata putih pada bayi Anda yakni sebagai berikut.

  • Katarak adalah penyakit bawaan lahir yang bisa seorang bayi derita. Jenis katarak ini berbeda dengan katarak yang bisa Anda alami ketika memasuki usia senja. Memiliki istilah medis katarak kongenital, ada beberapa penyebab katarak pada bayi. Umumnya, hal ini berhubungan dengan berbagai gangguan kehamilan saat janin memasuki usia 3 bulan. Beruntungnya, katarak kongenital bisa disembuhkan melalui tindakan operasi dan penggunaan kaca mata.
  • Light Shining off the Optic Nerve adalah penyebab umum dari munculnya pupil mata putih pada bayi Anda, terutama pupil mata putih yang akan tampak begitu nyata dalam hasil jepretan kamera. Hal ini bukanlah jenis penyakit melainkan karena pantulan cahaya kamera yang memicu refleksi berupa warna putih pada pupil bayi Anda.
  • Vitreus Haemorrhage atau Rhegmatogenous RD adalah salah satu penyebab dari pupil mata putih pada bayi Anda. Kondisi ini ditandai dengan adanya darah dalam jumlah sedikit yang masuk ke dalam mata sehingga memunculkan bercak putih pada pupil mata bayi.
  • Persistent Hyperplasctic Primary Vitreous (PHPV) tidak jauh berbeda dengan penyebab pada poin 3. Kondisi ini ditandai dengan adanya vitreous di dalam mata Anda. keberadaan vitreous biasanya didorong oleh proses embryological yang terganggu. Kondisi PHPV bisa memicu masalah lain seperti katarak dan birat retina.

Kelainan pupil mata putih pada bayi sudah menjadi konsen bagi banyak praktisi kesehatan. Tidak heran jika untuk memupuk kesadaran orang tua terhadap kondisi tersebut, dimunculkanlah kampanye pupil putih. Kemunculan pupil mata putih bisa menjadi tanda yang sangat berbahaya, karena kerap berakhir pada kondisi kebutaan atau gangguan penglihatan lainnya. Oleh karena itu, penanganan yang tepat dan berkelanjutan diperlukan untuk mengatasi seorang bayi yang terkena pupil mata putih.

Penanganan pupil mata putih pada bayi bisa jadi beragam, didasarkan pada penyebab utama munculnya kelainan tersebut. Pada umumnya, penyebab pupil mata putih adalah katarak kongenital. Maka, penanganan yang tepat adalah dengan mengetahui dengan pasti ciri-ciri mata katarak pada bayi dan melaksanakan prosedur penyembuhan katarak yang diderita oleh sang bayi. Katarak pada usia bagi bisa disembuhkan dengan jalan operasi, terutama untuk bayi berusia di atas usia 6 minggu hingga 3 bulan. Setelah itu, mereka bisa menggunakan kaca mata atau lensa kontak untuk mendukung mata mendapatkan penglihatan yang lebih bagus.

Tidak hanya diderita oleh bayi, permasalahan mata juga bisa diderita oleh orang dewasa. Selain katarak, masalah mata yang umum dijumpai adalah mata rabun serta silinder. Ada banyak cara untuk menyembuhkan mata minus dan silinder, baik melalui operasi ataupun melalui cara mengobati mata silinder tanpa operasi.

Meski tindakan operasi adalah tindakan paling instan untuk menyembuhkan berbagai gangguan pada mata, namun menilik biayanya yang besar maka tidak banyak orang yang menggunakan cara tersebut. Meski demikian, pertanyaan mengenai mata silinder bisa sembuh atau tidak sudah selayaknya terjawab. Anda bisa membuat mata katarak, rabun, atau silinder yang And derita lebih terjaga dengan menggunakan kaca mata dan mengurangi berbagai jenis kegiatan yang bisa membuatnya semakin parah.

, , , , ,



Oleh :