Sponsors Link

Sakit di Sudut Mata : Penyebab – Gejala – Pengobatannya

Sponsors Link

Sakit di sudut mata memang cukup mengganggu karena menyebabkan rasa tidak nyaman saat mengedip atau ketika mata digunakan untuk melihat. Mata adalah organ tubuh yang berperan cukup penting dalam aktivitas sehari-hari. Struktur mata mempunyai bagian-bagian yang berfungsi sebagai reflek dan juga melindungi mata dari berbagai penyakit yang bisa menyerang mata. Pada dasarnya mata mempunyai imunitas yang berasal dari air mata untuk menghilangkan debu, kotoran atau infeksi bakteri yang menyerang mata.

ads

Sakit di sudut mata bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti cedera trauma atau infeksi bakteri. Tak jarang sakit mata ini menimbulkan peradangan hingga bagian mata menjadi bengkak. Sakit mata dapat terjadi pada siapa saja tanpa mengenal usia. Sakit ini dapat menyerang bagian dalam mata ataupun di bagian saluran air mata. Saluran air mata yang mengalami peradangan ini dikenal juga dengan dakriosistitis.

Dakriosistitis ini menyerang saluran air mata yang berada di sudut mata sebelah bawah. Meski semua orang bisa terkena dakriosistitis, namun penderita yang paling banyak adalah usia bayi. Hal ini disebabkan karena belum sempurnanya beberapa fungsi organ ketika lahir dan akan menghilang seiring bertambahnya usia. Namun diperlukan tindakan pembedahan apabila sampai usia dewasa saluran air mata ini tidak bisa berfungsi dengan semestinya.

Radang pada saluran di air mata sebelah bawah ini akan mengakibatkan sudut mata menjadi sakit karena tidak bisa mengeluarkan air mata dengan normal. Penyumbatan yang terjadi diakibatkan oleh banyak hal, seperti:

  • Struktur pertumbuhan tulang yang mengalami kelainan
  • Saluran yang terlalu sempit
  • Trauma atau cedera
  • Kanker atau tumor
  • Infeksi bakteri

Kesemua penyebab di atas mengakibatkan sakit di sudut mata dan membawa gejala seperti berikut: 

1. Mata berwarna merah

Pada mata yang sakit akan menjadi kemerahan akibat pembengkakan yang menekan syaraf pada mata. Meskipun tidak semua kondisi menyebabkan mata menjadi merah, namun kondisi yang umum adalah kemerahan pada mata dan kulit kantung di sekitar mata. Cara menghilangkan mata merah bisa menggunakan obat tetes mata sesuai petunjuk dokter atau bisa juga menggunakan cara mengobati mata merah dengan bahan alami.

2. Bengkak pada mata bagian bawah

Bagian sudut mata yang mengalami peradangan akan mengalami pembengkakan akibat adanya penyumbatan di saluran air mata. Penyumbatan akibat berkumpulnya bakteri atau jaringan yang membengkak karena tidak lancarnya aliran air mata. Anda juga harus waspada terhadap penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri.

3. Keluar kotoran dari mata

Pada bagian mata yang sakit akan keluar kotoran yang berwarna kuning hingga kehijauan, kotoran ini berasal dari bakteri yang bercampur dengan air mata. Pada kondisi normal memang ada beberapa bakteri yang hidup di area mata, adanya air mata yang selalu membasahi dan membersihkan lapisan mata akan membuat bakteri ini hilang. 

4. Kelopak mata lengket

Kelopak mata di bagian yang sakit akan saling menempel akibat kotoran yang mengering. Kotoran yang bercampur air mata yang telah mengering ini akan membuat kelopak mata saling menempel, biasa terjadi ketika bangun tidur.

5. Suhu tubuh meningkat

Biasanya suhu tubuh akan meningkat seiring berat ringannya peradangan. Suhu tubuh yang meningkat ini sebagai sinyal bahwa ada yang tidak beres pada tubuh. 

6. Keluar air mata

Ketika mata dalam kondisi tidak normal maka air mata akan keluar dengan otomatis. Hal ini adalah upaya alami dari sistem tubuh untuk melindungi lapisan mata. Pada kondisi sakit pada sudut mata, air mata akan membasahi mata sebagai upaya membersihkan kotoran yang membuat mata tidak nyaman.

7. Mata tidak nyaman

Adanya bengkak atau peradangan akan membuat sakit pada sudut mata dan membuat mata terasa tidak nyaman untuk berkedip atau ketika dipakai melihat, kondisi ini juga akan mengganggu penglihatan sementara waktu.

Sponsors Link

Ketika dokter telah melakukan pemeriksaan atas keluhan seputar mata Anda, maka akan dilakukan beberapa pengobatan yang bergantung berat ringannya kondisi penyakit mata. Apabila sakit di sudut mata tidak begitu berat maka dokter akan memberikan obat antibiotik untuk mencegah infeksi bakteri yang lebih parah. Untuk pasien yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut maka dokter akan memberikan suntikan cairan khusus berwarna pada saluran yang mengalirkan air mata. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi saluran, memastikan penyebab dan lokasi yang menimbulkan sakit pada sudut mata ini.

Jika dalam kantung rongga yang menjadi tempat mengalir air mata ini terdapat nanah maka akan dilakukan upaya mengeluarkan nanah terlebih dulu. Jika kondisi saluran tersumbat bisa dilakukan operasi kecil untuk membuka saluran tersebut untuk memudahkan pengobatan. Setelah itu dokter akan memberi obat-obatan antibiotik seperti Amoxicillin untuk mempercepat proses penyembuhan. Pada kasus penyakit yang disebabkan oleh tumor atau kanker, biasanya akan dilakukan pengobatan yang bertujuan mengatasi tumor atau kanker terlebih dulu. Upaya ini akan dilakukan oleh dokter yang ahli pada bidangnya.

Anda bisa mencegah datangnya penyakit ini dengan:

  • Memeriksakan mata secara teratur apabila terdapat gejala yang sudah disebut di atas.
  • Sakit di sudut mata dapat dihindari dengan menjaga kebersihan diri terutama bagian mata dan menjaga kebersihan tangan saat melakukan kontak dengan mata.
  • Pada bayi dan anak-anak, biasanya radang ini lebih cepat terdeteksi sehingga lebih mudah untuk diobati. Untuk radang yang tidak terlalu berat, Anda bisa mengompres area mata dengan air hangat dengan diberi sedikit garam untuk mengurangi pembengkakan.
  • Jangan melakukan tindakan seperti memencet sudut mata yang bengkak atau memberi obat secara sembarangan.

Sakit pada sudut mata bukanlah penyakit yang berat, namun bila tidak ditangani secara tepat, dapat beresiko komplikasi penyakit lanjutan yang lebih serius. Segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mencegah penyakit ini berkembang semakin parah. 

, , , ,