Sponsors Link

Penyebab Selaput Kuning di Mata Putih yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Selaput kuning di mata putih ini bukanlah jenis penyakit mata katarak. Lantas apa penyebab selaput kuning di mata putih? Penyakit tersebut adalah jenis penyakit mata yang ditandai dengan tumbuhnya selaput pada permukaan bola mata yang disebut dengan pterigium. Kondisi tersebut dapat terjadi pada salah satu bola mata maupun kedua bola mata. Pterigium tergolong penyakit lesi non kanker yang jarang menimbulkan komplikasi pada organ tubuh lainnya. Bahaya adalah ketika pterigium tidak segera ditangani dan terus-menerus dibiarkan, maka selaput kuning tersebut akan menyebar hingga bisa menutupi pupil mata. Bila pupil mata tertutup, penglihatan pun akan terganggu.

ads

Lalu apa perbedaan pterigium dengan katarak? Penyakit pterigium menyerang tepat di bagian bawah lapisan selaput mata. Sementara penyakit katarak menyerang bagian lensa mata. Kondisi awal (pterigium ringan) akan muncul selaput putih keruh hingga kekuningan pada sudut mata. Lama-kelamaan selaput kuning tersebut akan menjalar ke bagian tengah mata yang berwarna putih. Saat kondisinya makin serius, pterigium akan menutupi pupil mata yang dapat membuat mata mengalami kelainan mata silinder. Pada kondisi yang serius ini, bagian mata pun harus diangkat dengan cara operasi. Konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata juga sangatlah dianjurkan agar kesehatan mata Anda selalu terjaga

Gejala awal yang dirasakan penderita yang mengalami pterigium di antaranya pandangan mulai kabur disertai dengan rasa gatal pada bagian mata dan mata menjadi merah.

Para dokter mengungkapkan beberapa penyebab selaput kuning di mata putih, antara lain karena:

  • Sinar UV, angina dan debu

Menurut dokter spesialis mata, dr. Dion Oscar, Sp.M., pterigium  disebabkan oleh paparan sinar UV ke mata yang terlalu tinggi intensitasnya. Paparan gelombang elektromagnetik tersebut dapat membuat sel bermutasi sehingga muncul vibrin atau jaringan parut yang membuat lapisan atau selaput bening pada mata yang perlahan berubah menjadi keruh dan berwarna kuning. Selain paparan sinar UV, selaput kuning pada mata juga muncul akibat angin dan debu yang secara rutin mengenai mata.

Kebiasaan tersebut sering terjadi pada pekerja outdoor, pekerja lapangan, kuli bangunan, pengendara motor, nelayan, dan petani. Dokter Dion menyebut bahwa penderita pterigium tidak memandang usia. Menurut data penderita pterigium terbanyak menyerang usia 20-40 tahun. Sinar UV dapat berasal dari sinar matahari maupun sinar yang dikeluarkan oleh layar benda elektronik misalnya smartphone atau laptop. Sehingga bukan disebabkan  efek samping operasi katarak.

  • Mata kering

Mata kering disebabkan oleh cairan mata yang diproduksi oleh kelenjar lakrima berjumlah sedikit. Kondisi ini membuat mata tidak bisa menghilangkan debu maupun benda asing yang menempel pada bola mata. Sehingga mata menjadi sangat tidak nyaman dan terasa pedas. Mata yang kering dapat memunculkan selaput kuning bahkan urat-urat pada bola mata akan terlihat jelas.

Cara penanganannya Anda harus memeriksakan dengan segera ke dokter mata untuk meringankan rasa gatal dan peradangan pada mata. Biasanya dokter memberikan obat tetes mata dan memberikan edukasi mengenai aktivitas yang harus penderita lakukan. Misalnya jangan terlalu melakukan aktivitas yang berat-berat yang dapat memicu kondisi semakin parah. Tapi Anda tenang saja,ini bukan penyakit mata yang menular.

Obat tetes tersebut berfungsi sebagai pelumas mata. Apabila diobati dengan baik dan penderita mengurangi aktivitas outdoor, pterigium ringan akan hilang dengan sendirinya. Namun, apabila si penderita datang dengan kondisi mata kuning yang sangat serius, pihak medis biasanya menyarankan operasi pengangkatan selaput mata (jika sudah derajat 3 sampai 4) yang kemudian diganti dengan jaringan sehat.

Saat Anda masih dalam masa pengobatan atau pemulihan, gunakan kaca mata hitam serta topi atau kerudung ketika keluar rumah untuk mencegah iritasi. Atur jadwal kontrol ke dokter sesering mungkin untuk mendapatkan penanganan yang optimal sesuai dengan diagnosis yang disebutkan oleh dokter, sehingga penyebab selaput kuning di mata putih pun bisa teratasi dengan maksimal.  Sebaiknya, Anda segera periksakan ke dokter bila kondisi mata berbayang bintik hitam terjadi pada Anda.

, , ,