Sponsors Link

Sindrom Mata Kering – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Mata kering merupakan salah satu  jenis penyakit mata yang akan menyebabkan mata terasa kering. Ini karena mata sangat kekurangan cairan karena air mata yang mudah menguap sehingga produksi airnya matanya sangatlah sedikit. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini pembahasan mengenai sindrom mata kering.

ads

Penyebab

Penyebab dari kondisi ini karena terganggu nya produksi air mata dan penguapan air mata yang terlalu cepat. Sementara itu untuk faktor pemicu nya, diantaranya:

  1. Karena faktor usia, sebagian besar penderita mata kering diderita oleh mereka yang sudah tua
  2. Adanya perubahan hormone. Misalnya saja saat seseorang sedang hamil, saat sedang menggunakan pil kontrasepsi atau bisa juga saat seorang perempuan akan menopause.
  3. Aktivitas dan juga kebiasaan yang mengakibatkan frekuensi mata penderita kurang berkedip, misalnya saja saat sedang membaca, memainkan komputer atau menulis.
  4. Karena penyakit tertentu yang memang berhubungan dengan kondisi mata, seperti blefaritis, tidak berfungsinya kelenjar meibomian dan yang lainnya.
  5. Karena kondisi cedera pada mata
  6. Akibat paparan radiasi
  7. Akibat efek sampi dari penggunaan kontak lensa
  8. Akibat efek samping dari prosedur operasi LASIK
  9. Kondisi lingkungan yang kering, berangin bahkan panas

Kondisi-kondisi di atas merupakan hal-hal yang bisa menyebabkan resiko mata kering menjadi lebih besar.

Gejala

Setelah mengetahui penyebab, hal penting lain yang harus Anda ketahui adalah mengenai gejala mata kering:

  1. Kondisi mata jadi terlihat merah dibagian putihnya
  2. Jika semakin parah kemungkinan Anda juga akan mengalami bengkak pada mata
  3. Mata yang terasa panas
  4. Mata yang terasa nyeri
  5. Mata terasa seperti berpasir dan juga kering
  6. Gatal
  7. Penglihatan Anda menjadi sangat sensitive pada cahaya
  8. Penglihatan menjadi sangat buram
  9. Terkadang ada selaput lendir yang sangat tipis menutupi mata
  10. Kelopak mata atas dan bawah juga saling menempel saat baru saja bangun tidur

Sementara itu untuk tingkat keparahan sindrom mata kering akan bervariasi. Mulai dari tingkat yang ringan sampai tingkat yang terparah dengan menimbulkan rasa nyeri bahkan bisa juga hingga mengalami komplikasi terjadinya gangguan mata lain.

Cara Mengatasi

Bagaimana mengatasi mata kering? Sebenarnya kalau sudah tidak nyaman, Anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter. Namun akan lebih baik kalau Anda mengobatinya sendiri kalau memang gejala nya masih tergolong ringan. Caranya dengan memanfaatkan obat sakit mata di apotik seperti obat tetes mata cendo xitrol. Ada banyak obat yang dijual, Anda bisa meminta saran apoteker mana obat mata yang cocok untuk kondisi Anda.

Sponsors Link

Namun, jika memang pengobatan yang sudah Anda coba lakukan sendiri di rumah belum juga berhasil dan mata kering semakin terasa tidak nyaman, Anda bisa menemui dokter. Biasanya dokter juga akan memberikan beberapa resep untuk menstimulus produksi air mata atau memperbanyak jumlah air mata dan juga menurunkan resiko kerusakan yang terjadi pada kornea mata.

Sementara itu, jika memang obat-obatan tidak bisa mengatasi kondisi mata kering, biasanya dokter akan menawarkan Anda untuk melakukan prosedur penyumbatan saluran dengan pembuangan air mata atau disebut juga sumbat punktus. Lewat prosedur ini lubang pembuangan air mata yang ada dibagian sudut mata akan disumbat supaya mata Anda tidak mengalami kering.

Itulah pembahasan mengenai sindrom mata kering. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena ini bukan  penyakit mata yang menular. Sebagai cara pencegahan nya, sebaiknya saat Anda sedang membaca atau bermain komputer, alihkan pandangan beberapa detik dan kedipkan mata.

, ,