Sponsors Link

5 Tanaman Obat untuk Mata Kering yang Ampuh

Sponsors Link

Dry eye syndrome (DES) adalah salah satu jenis penyakit mata yang paling umum. Ada kebutuhan besar untuk memperlakukan DES dengan cara yang sederhana namun efisien. Air mata buatan (AT) adalah obat tetes yang paling umum digunakan untuk mengobati DES, tetapi tidak terlalu efektif. Ekstraksi herbal dari ferulic acid (FA), agen anti-oksidan, dan kaempferol (KM), reagen anti-inflamasi, seringkali ditambahkan ke larutan buffer (BS) untuk menggantikan ATs untuk pengobatan DES.

ads

Sitotoksisitas dan efek antiinflamasi diperiksa banyak peneliti di seluruh dunia untuk melihat kultur dengan sel epitel kornea manusia (HCEC) untuk mendapatkan konsentrasi KM dan FA yang optimal untuk mengobati HCEC. Sifat fisik BS, seperti nilai pH, osmolalitas, dan indeks bias juga diperiksa. Kemudian, obat herbal dengan DES tersebut digunakan untuk evaluasi terapi.

Meskipun banyak yang mengalami penurunan penglihatan mata sebagai bagian dari penuaan alami, namun hal itu sebenarnya lebih merupakan efek samping dari gaya hidup modern kita. Penuaan tidak secara otomatis menyamakan kegagalan penglihatan, katarak atau mata kering, asalkan Anda telah memelihara mata Anda dengan baik selama bertahun-tahun. Sayangnya, statistik menunjukkan bahwa banyak orang bahkan di negara maju seperti Amerika sekalipun telah menderita dampak dari pilihan gaya hidup yang buruk selama bertahun-tahun. Pada orang di atas usia 40 dari sebuah survey didapatkan hasil bahwa:

  • 24,4 juta orang menderita katarak
  • 2,7 juta menderita glaukoma
  • 4,2 juta menderita gangguan penglihatan
  • 4,88 juta menderita mata kering

Risiko mata kering meningkat dengan bertambahnya usia dan wanita tampaknya lebih banyak menderita daripada pria. Anda mungkin pernah mengalami beberapa gejala mata kering setelah berada di luar dalam kondisi berangin atau seharian mengenakan lensa kontak. Gejala-gejala ini mungkin termasuk sensasi gatal pada mata Anda, atau merasa seolah ada sesuatu di mata Anda. Mungkin terasa seolah-olah kelopak mata Anda berat, lebih sulit untuk berkedip atau Anda mungkin mengalami penglihatan kabur.

Istilah medis untuk mata kering adalah keratoconjunctivitis sicca atau lebih dikenal sebagai Dry eye syndrome (DES). Jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata Anda. Di masa lalu, mata kering dirawat dengan menambahkan kelembaban, seperti saline normal. Saat ini, ada pemahaman yang lebih baik tentang kompleksitas beberapa zat dalam air mata Anda dan bagaimana mereka berfungsi di mata Anda

Pada prakteknya, ada banyak tanaman obat alami yang bisa digunakan untuk mengobati sakit akibat mata kering. Namun demikian, bisakah mengurangi rasa sakit mata kering sesederhana membumbui makanan? Ada banyak bumbu dan rempah-rempah alami yang penuh antioksidan dan cocok untuk mata yang kering. Bahkan, Anda bahkan mungkin menemukan ada banyak tanaman alami yang bisa digunakan untuk membantu mengurangi mata kering yang banyak ditemukan di lemari bumbu Anda sendiri!

Anda sudah penasaran belum? Lihatlah, beberapa tanaman obat untuk mata kering berikut ini:

  1. Kunyit

Berbagai tanaman seperti Buddleja officinalis, Aristotelia chilensis, Prunus armeniaca, Hippophae rhamnoides, Lycium barbarum, dan Rhynchosia volubilis Lour efektif dalam mengobati DED melalui mekanisme yang berbeda. Turunan herbal seperti curcumin, kacamata antioksidan, phytoestrogen, asam ferulic, dan kaempferol dapat digunakan sebagai suplemen makanan secara mandiri dan dalam beberapa kasus bersama dengan obat-obatan kimia.

Bumbu ajaib ini sangat populer di mata teman-teman kita yang cenderung kering. Kadang-kadang dikenal sebagai curcumin, asal tahu saja kunyit adalah rempah-rempah Asia yang dapat melindungi Anda terhadap sejumlah penyakit (termasuk mata kering). Namun, ada yang menarik: kunyit tidak selalu mudah diserap. Percobaan dengan anti-inflamasi alami ini-mungkin membantu mengurangi stres oksidatif.

Coba resep berikut ini: Panaskan susu almond, taburkan satu sendok teh kunyit, ½ sendok teh kayu manis dan 1/8 sendok teh cengkeh. Selesai dengan sedikit madu mentah. Kocok bersama-sama dan menu siap disajikan.  Cara inventif-pencegahan {dan lezat} ini cocok dilakukan dengan memasukkan kunyit ke dalam makanan Anda!).

  1. Paprika

Paprika memiliki konsentrasi vitamin A yang sangat tinggi, yang sangat bagus untuk menangkal gejala mata kering. Berita baik lainnya tentang paprika adalah bahan ini sangat serbaguna- dan hampir semua orang memilikinya di lemari bumbu. Coba gunakan paprika lain kali saat Anda memasak. Ini luar biasa untuk meningkatkan rasa dan nutrisi! Dapatkan dosis paprika dengan menaburkannya di salad kentang, ikan, ayam, dan telur.

  1. Bilberry

Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa bilberry, semak yang terkait erat dengan blueberry, sangat bagus untuk kesehatan mata secara keseluruhan dan penyakit retina seperti degenerasi makula. Yah, itu juga sangat bermanfaat untuk mata yang kering dan gatal. Ekstrak dari buah bilberry membantu meningkatkan sirkulasi darah, suplai oksigen dan fungsi kelenjar air mata.

Sponsors Link

Selain itu, bilberry mengandung vitamin A dan sitrin, yang keduanya membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan dalam tubuh; pemicu mata kering umum. Lakukan percobaan dengan suplemen bilberry atau teh yang terbuat dari daun bilberry. Namun, berhati-hatilah untuk tidak terlalu memanjakan diri. Konsumsi bilberry tidak lebih dari 220 mg per hari.

  1. Daun mint

Jika lain kali Anda tergoda untuk menggosok mata yang gatal dan menyengat itu, coba pencuci mata spearmint saja. Rebus sekitar 10-12 daun spearmint dalam air. Tunggu hingga solusinya menjadi dingin (setidaknya 20 menit) Dan kemudian gunakan kain muka bersih untuk membasahi mata Anda. Menthol, bahan aktif dalam mint, sebenarnya merangsang produksi air mata dan akan membuat mata Anda merasa berenergi dan segar. Ditambah lagi, baunya luar biasa!

Beberapa mekanisme, termasuk pengurangan Reactive Oxygen Species (ROS) (aktivitas antioksidan), pencegahan apoptosis sel, modulasi faktor-faktor inflamasi, dan regulasi androgen, dapat mempengaruhi kelenjar lakrimal dan sel-sel membran, sehingga membantu mengobati DED

  1. Kamomil

Chamomile dikenal karena sifat pendinginan dan anti-inflamasinya. Ini menenangkan mata yang lelah dan dapat membantu mengembalikan kelembapan. Bonus lain? Minum teh chamomile membuat Anda merasa mengantuk dan mempersiapkan Anda untuk istirahat, jadi ini minuman yang sempurna untuk disantap setelah hari yang panjang.

Jadi, ada banyak pilihan untuk membantu mata kering Anda secara alami. Dry Eye Disease (DED) adalah salah satu masalah yang paling umum dan alasan untuk merujuk ke klinik oftalmologi, yang telah diperburuk oleh meningkatnya penggunaan komputer dan ponsel. Tentu saja, yang disebutkan di atas hanyalah beberapa dari rempah-rempah yang menakjubkan dan rempah-rempah yang dapat mengurangi rasa sakit mata kering. Obat herbal lainnya yang cocok untuk mengurangi mata kering potensial lainnya adalah thyme, adas, marigold dan calendula.

Kesimpulannya, secara umum, tanaman obat ini mengurangi stabilitas lapisan air mata dengan mengurangi osmolaritas dan meningkatkan produksi air mata.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal