Sponsors Link

Tekanan Bola Mata Rendah – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Jenis penyakit mata tekanan bola mata rendah bisa terjadi pada saat ada sedikit cairan diantara lensa dan juga kornea berbeda dari biasanya. Cairan ini disebut dengan aqueous humor yang umumnya diproduksi dan juga dikeringkan pada tingkatan stabil agar bisa mempertahankan tekanan dan juga membantu oegan mata agar bisa mempertahankan bentuk normalnya. Jika terdapat cairan, maka seseorang akan merasakan sakit sekaligus perubahan dalam penglihatan. Sebagian besar tekanan bola mata rendah atau disebut dengan hipotensi okular ini biasanya terjadi karena mengkonsumsi beberapa jenis obat dan juga cedera. Untuk lebih jelas tentang apa penyebab, cara dan juga cara mengatasi tekanan bola mata rendah ini, silahkan membaca ulasan yang kami berikan berikut ini.

ads

Penyebab Tekanan Bola Mata Rendah

Penyebab tekanan bola mata rendah yang hanya terjadi pada salah satu bagian mata bisa disebabkan karena banyak hal seperti kebocoran luka pasca operasi. Kebocoran luka pasca operasi menjadi penyebab tekanan bola mata rendah yang paling umum terjadi.

Peradangan kronis yang terjadi di dalam mata atau terlepasnya retina sering juga dihubungkan dengan detasemen koroid atau lapisan mata yang terletak di antara retina mata dengan sklera dan juga bagian depan mata bagian dalam yang lebih dangkal. Tergantung dari durasi dan tingkat keparahan, hipotensi okular ini nantinya bisa menyebabkan retina semakin membesar, cakram optik yang membengkak dan juga terdapat lipatan di koroid dan retina. Selain itu, masih banyak hal yang bisa menyebabkan tekanan bola mata rendah sebelah yang lain seperti:

  • Detasemen siliaris, jemoragik atau transial
  • Cylodialysis sumbing
  • Inflamasi seperti iridocylitis atau trauma tumpul
  • Ablasi retina atau retinotomi
  • Iskemia mata
  • Perforasi skleral dengan jarum ataupun jahitan sesudah trauma
  • Cylodestruction kimia dari antimetabolites
  • Fotokoagulasi atau cryoablasi dari tubuh siliaris
  • Tekanan eksternal pada mata yang sering terjadi secara tidak sengaja ketika sedang tidur.

Sedangkan untuk penyebab tekanan bola mata rendah yang terjadi di kedua bagian bola mata bisa terjadi karena beberapa hal seperti:

  • Hipertonisitas sistemik atau asidosis yang disebabkan karena dehidrasi, diabetes tidak terkontrol, pemakaian agen hiperosmotik dan uremis.
  • Distrofi miotonik
  • Kehamilan

Gejala Tekanan Bola Mata Rendah

Ada beberapa gejala umum yang bisa ditimbulkan saat seseorang mengalami tekanan bola mata rendah yang bisa dirasakan oleh penderita dan beberapa diantaranya adalah:

  1. Gangguan Penglihatan

Gangguan penglihatan yang bisa terjadi pada salah satu atau kedua bagian mata seperti melihat seberkas cahaya, hilangnya penglihatan di beberapa titik tertentu hingga kebutaan menjadi salah satu gejala dari tekanan bola mata rendah yang biasanya terjadi antara beberapa menit hingga setengah jam bahkan bisa menjadi penyebab kebutaan mata mendadak. Akan tetapi, terkadang agak sedikit sulit untuk membedakan gejala tersebut jika hanya terjadi di salah satu bagian mata sehingga bisa diperiksa dengan cara menutup salah satu mata untuk memperhatikan gejala tersebut dan ganti dengan mata lainnya. Atau bisa juga Anda mengalami penyebab iritasi mata merah.

  1. Sakit Kepala

Sakit kepala yang terjadi karena tekanan bola mata rehdan bisa berlangsung antara 4 hingga 72 jam tergantung dari tingkat keparahan. Selain itu, sakit kepala biasanya hanya terjadi hanya pada satu bagian kepala atau sakit kepala sebelah, terasa berdenyut dan akan semakin parah ketika bergerak.

Selain beberapa gejala diatas, ada beberapa gejala umum lainnya yang biasanya terjadi pada penderita tekanan bola mata rendah seperti mual, muntah, katarak, pembengkakan di dalam dan sekitar mata, peradangan yang menyebabkan mata menjadi merah dan sensitif terhadap cahaya atau beberapa gejala lain seperti penyebab mata bintitan pada anak .

Cara Mengatasi

Sebenarnya, tidak ada pengobatan khusus yang bisa diberikan untuk meningkatkan tekanan pada bola mata. Namun sebagai penggantinya, dokter nantinya akan mengatasi tekanan bola mata rendah dengan cara mengatasi masalah yang menjadi penyebabnya. Penderita dengan luka pada mata akan diobati dengan obat anti kobaran atau salep topikal dan mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan.

Sponsors Link

Sedangkan untuk antibiotik oral atau topikal kemungkinan akan diresepkan oleh dokter jika terjadi gejala sesudah operasi glaukoma atau infeksi. Sedangkan jika terjadi masalah yang lebih kronis, maka pembedahan kemungkinan juga akan dilakukan untuk memperbaiki jaringan yang sudah rusak, pemasangan ulang retina, pembersihan katarak atau memblokir saluran drainase sebagian kondisi ini bukan  penyakit mata yang menular

Tekanan bola mata rendah yang menjadi salah satu gangguan mata kronis ini berbanding terbalik dengan glaukoma atau tekanan bola mata tinggi namun tetap sama sama berbahaya dan harus segera mendapatkan penanganan medis secepatnya sebelum menyebabkan komplikasi serius yakni kebutaan permanen.

, ,