Sponsors Link

5 Terapi Ablasio Retina dan Perawatan Dukungan

Sponsors Link

Penyakit mata ablasio retina adalah sebuah kondisi medis ketika bagian kerucut dan bagian batang retina terlepas dari koloid akibat dampak robekan pada retina. Kondisi ini akhirnya akan membuat bagian retina kekurangan cairan sehingga bisa menyebabkan retina tidak berfungsi dengan normal. Kondisi ini paling sering terjadi pada usia 40 sampai 70 tahunan. Namun penyebab dari dampak cedera bisa terjadi pada semua umur termasuk anak-anak.

ads

Kondisi ini akan menyebabkan bagian retina kekurangan oksigen terus menerus. Jika ternyata sudah terlepas dari retina maka mata akan kehilangan penglihatan baik itu yang bersifat sementara atau permanen. Semua sangat tergantung seberapa parah masalah ablasio retina ini. Ini penyakit yang sangat berbahaya dan perlu segera mendapatkan perawatan dari dokter. Termasuk untuk mengurangi risiko cacat permanen.

Berikut adalah beberapa terapi ablasio retina dan perawatan dukungan.

  • Operasi laser Photocoagulation

Tindakan untuk mengatasi penyebab kebutaan mata akibat ablasio retina termasuk dengan tindakan operasi laser atau yang dinamakan dengan Photocoagulation. Tindakan ini dilakukan dengan prosedur dimana dokter akan memasukkan sinar laser ke bagian mata melalui pupil. Laser tersebut kemudian akan membuat luka bakar pada bagian robekan retina, yang kemudian akan menyebabkan pertumbuhan jaringan parut. Jaringan parut ini yang kemudian akan mengelas atau menyambungkan bagian robekan retina di bagian bawahnya.

  • Tindakan pembekuan atau cryopexy

Ini adalah sebuah prosedur untuk mengatasi  penyebab mata buta mendadak akibat ablasio retina. Tindakan dilakukan dengan memberikan bius lokal dimana bagian mata tidak akan merasa sakit selama tindakan. Dokter akan membuat bagian yang mengalami robekan mengalami pembekuan untuk selama waktu tertentu. Bagian yang terkena terapi ini termasuk dari bagian luar mata langsung. Kemudian proses bagian yang beku akan membuat luka yang kemudian menempelkan retina kembali ke bagian dinding mata. Setelah menjalani prosedur ini sebaiknya pasien tidak melakukan aktifitas yang berlebihan selama beberapa minggu.

  • Tindakan vitrektomi

Jika robekan akibat ablasio retina terlalu besar maka bisa menjalani prosedur vitrektomi. Tindakan ini dilakukan dengan pemberian bius total dan perawatan lanjutan. Dokter akan memulai prosedur dengan alat yang sangat kecil dan masuk ke bagian retina. Kemudian jaringan yang mengalami luka akan diangkat ke permukaan lalu cairan dari retina dikeluarkan. Setelah itu bagian retina yang robek kembali di tempatkan ke tempatnya dan akan pulih lagi setelah prosedur. Kondisi ini yang akan menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga pasien harus istirahat setelah prosedur. Perawatan ini jarang dilakukan untuk jenis-jenis penyakit mata selain ablasio retina.

  • Retinopeksi pneumatik

Ini adalah sebuah tindakan medis untuk memasukkan atau menyuntikkan sejumlah gas ke dalam mata. Dokter akan menyuntik gas sampai membentuk gelembung udara atau gas ke bagian tengah mata. Lalu posisi yang tepat akan mendorong bagian gelembung ke bagian retina yang akhirnya membuat cairan berhenti di belakang retina. Dalam prosedur ini terkadang dokter juga menerapkan tindakan cryopexy agar hasilnya lebih maksimal.

  • Tindakan tekuk scleral (Indentasi permukaan mata)

Tindakan terapi yang lain adalah dengan indentasi skleral mata. Prosedur ini dilakukan dengan cara menjahitkan sebuah bahan silikon ke bagian putih mata atau sklera di bagian atas area retina yang terkena robekan. Kemudian proses ini akan mengurangi tekanan atau kekuatan pada retina yang bisa menyebabkan robekan pada retina mata. Pasien yang menjalani prosedur ini harus banyak istirahat sehingga mata pulih lagi. Dan belajar lagi cara merilekskan mata sehingga perawatan lebih maksimal.

Jika ternyata selama prosedur ditemukan lubang atau robekan mata yang sangat luas pada retina, maka dokter biasanya akan memasang sabuk skleral. Tindakan ini dilakukan untuk membuat bagian putih mata bergantung pada sabuk sepenuhnya kemudian tidak akan menghalangi pandangan. Kondisi ini biasanya bersifat permanen sehingga bisa mencegah kerusakan retina setelah prosedur.

Kondisi Mata Setelah Prosedur

Pada dasarnya tingkat keberhasilan terapi tersebut sangat tergantung dengan kondisi ablasio retina. Jika segera dilakukan perawatan setelah diagnosis dengan gejala yang masih ringan maka retina bisa dipasang kembali tanpa masalah. Artinya mata akan melihat lagi secara normal. Namun jika dilakukan sudah dalam kondisi yang cukup parah maka biasanya tingkat keberhasilan bisa berbeda-beda. Pertumbuhan jaringan parut pada mata juga bisa menyebabkan terapi bisa berhasil atau tidak. Tapi biasanya tidak semua retina yang sudah terlepas bisa dipasang lagi dengan baik. Kondisi ini sangat tergantung dengan kondisi mata.

Sponsors Link

Terapi Dukungan Ablasio Retina

Penyakit ablasio retina bisa menyebabkan mata kehilangan penglihatan dan kebutaan permanen. Tingkat keberhasilan beberapa terapi diatas sangat tergantung dengan tingkat keparahan. Semakin parah maka semakin banyak tindakan yang dibutuhkan dan jika belum terlalu parah maka satu tindakan mungkin bisa menyembuhkan. Karena itu pasien perlu mendapatkan tindakan dukungan untuk penyakit ini agar kondisi mata tidak memburuk. Berikut perawatan yang dibutuhkan.

  • Kacamata

Dokter biasanya akan memberikan resep untuk mendapatkan kacamata sesuai dengan kondisi mata. Kacamata khusus bisa digunakan untuk mengatasi ablasio retina dan membuat penglihatan mata menjadi lebih maksimal. Terkadang dokter juga akan memberi lensa mata dukungan sesuai kondisi mata.

  • Akses cahaya dalam rumah

Sebaiknya rumah penderita kondisi ini harus dibuat terang dengan tingkat cahaya yang cukup. Cahaya akan membantu mata bisa melihat dengan lebih baik sehingga juga mencegah kerusakan yang lebih buruk lagi. Karena itu lampu dan akses cahaya matahari harus diperhitungkan. Hindari memasang lampur redup untuk bagian rumah yang cukup berbahaya misalnya pada tangga rumah.

  • Tanda pada rumah

Orang yang sudah menderita ablasio retina mungkin akan mengalami kondisi yang sulit untuk beraktifitas. Hal ini yang akhirnya membuat kehidupan menjadi kurang normal. Karena itu untuk mengatasi cedera dan kecelakaan yang buruk maka semua bagian rumah bisa diberi tanda dengan label warna yang cerah. Misalnya label pada tangga, dapur, tempat memasak, kamar mandi dan bagian rumah yang lain.

Itulah semua terapi ablasio retina dan perawatan dukungan yang diberikan kepada penderita. Hal yang paling penting dari kondisi ini adalah segera melakukan perawatan setelah muncul gejala.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan