Sponsors Link

5 Cara Terapi Mata Minus Alami Paling Ampuh

Sponsors Link

Banyak sekali jenis penyakit mata yang sangat mengganggu, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Mulai dari bawaan sejak lahir sampai yang baru saja diderita saat penderita tumbuh dewasa. Salah satunya adalah mata minus.

ads

Kondisi mata minus pada umumnya, bisa terjadi karena faktor keturunan yang memang akan sangat sulit dihindari. Bisa juga karena faktor gaya hidup yang akan didapatkan saat penderita dewasa. Memiliki mata minus tentunya akan sangat mengganggu, karena Anda akan sangat kesulitan saat harus melihat objek. Selain dengan memanfaatkan fungsi kacamata minus Anda juga bisa melakukan terapi alami. Berikut adalah 5 cara terapi mata minus paling ampuh yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi mata minus.

1. Mengkonsumsi amla

Amla atau disebut juga gooseberry India adalah salah satu ramuan herbal atau alami yang sudah cukup terkenal dan sangat sering dipakai untuk mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan mata, termasuk salah satunya kondisi mata minus. Buah ini mempunyai kandungan anti bakteri dan juga antiviral. Buah ini juga bisa menjadi salah satu sumber vitamin C yang dinilai sangat tinggi dan akan sangat membantu dalam proses penyembuhan kondisi mata minus.

2. Mengkompres mata menggunakan eyebright

Eyebright adalah salah satu tanaman herbal lainnya yang juga bisa mengatasi masalah penglihatan seperti mata minus dan merupakan cara agar mata minus tidak bertambah. Tanaman ini sangat aman digunakan dan tidak akan memberikan efek samping. Kandungan nutrisi yang ada di dalam tanaman eyebright ini selain bisa mengatas minus juga bisa mengatasi mata plus, radang kelopak mata, katarak dan penyakit mata lainnya.

Cara menggunakan tananam ini, Anda tinggal memasukkan 1 sendok teh serbuk tanaman eyebright yang sudah dikeringkan ke dalam baskom, kemudian masukkan air panas. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, celupkan handuk, dan kompreskan ke mata. Anda bisa melakukannya sambil berbaring selama 15 menit.

3. Membuat tetesan untuk mata dari bunga kitolod

Minus bukan merupakan penyebab kebutaan mata sehingga dengan usaha tertentu bisa saja disembuhkan. Terapi mata minus alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kitolod atau disebut juga bunga bintang lima. Cara memanfaatkan tanaman ini adalah dengan mengolahnya dan menjadikan obat tetes untuk mata. Pertama, Anda bisa siapkan tangkai bunga kitolod lalu cuci sampai bersih dengan air yang mengalir. Masukan tangkai ke dalam gelas yang sudah diisi dengan air, rendam beberapa menit. Jika sudah, ambil 1 tangkai bunga kitolod, kemudian teteskan air yang menetes dari tangkai pada mata. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa saat menggunakan Bunga kitolod maka mata akan terasa sangat perih untuk beberapa saat.

4. Membuat obat tetes mata dari ekstrak biji keben

Keben adalah tanaman kayu lunak, pada ekstrak biji keben terdapat cukup banyak kandungan saponin, monosakrida, asam galat, asam bartogenat, dan juga asam anhidrobartogenat yang dinilai sangat baik terutama untuk mengatasi kondisi mata minus. Ekstrak biji keben ini jika digunakan bisa membuat mata menjadi segar terutama dibagian saraf optic yang lemah. Sehingga kondisi mata minus secara perlahan bisa kembali normal. Anda bisa menggunakan ekstrak biji keben untuk obat tetes mata minimal 2 kali dalam sehari.

Sponsors Link

5. Daun kelor

Daun kelor mempunyai cukup banyak nutrisi dan juga kandungan antioksidan, diantaranya seperti vitamin A, E, K, D, C, B7, B6, B3, B1, B2, magnesium, tembaga, kalium, kalsium, mangan, seng dan juga besi. Kandungan-kandungan tersebut adalah yang sangat dibutuhkan untuk memperbaiki kesehatan mata terutama kondisi mata minus.

Itulah 5  cara terapi mata minus yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jika memang tidak yakin, Anda bisa menkonsultasikannya dulu pada dokter. Selain dengan terapi di atas, akan lebih baik jika Anda bisa mengimbangi asupan Anda dengan makanan untuk menjaga kesehatan mata.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal, Pengobatan