Sponsors Link

Penyebab Terasa Nyeri di Bagian Alis Mata dan Pengatasannya

Sponsors Link

Sakit kepala merupakan gejala yang umum dan memiliki beragam penyebabnya. Penyebab sakit kepala cukup jarang diketahui penyebabnya bahkan lebih kurang 90%. Paling umum terjadinya sakit kepala diakibatkan pola makan yang tidak teratur, kurang tidur, kelelahan dan masih banyak lainnya. Sakit kepala akibat sesuatu yang tidak diketahui seringkali disebut sebagai sakit kepala primer, seperti migraine, sakit pada tulang alis dan cluster headache.

ads

Sedangkan untuk sakit kepala yang diketahui penyebabnya lebih sedikit atau sering disebut juga sebagai sakit kepala sekunder. Sakit kepala seperti bisa disebabkan karena sakit gigi, demam, vertigo dan masih banyak penyebab lainnya. Bisa jadi yang kamu rasakan disebabkan otot di sekitar mata sedang tegang, selain itu ada beberapa faktor yang membuat tulang alis terasa sakit. Berikut ini beberapa penyebab terasa nyeri di bagian alis mata:

  • Tidur yang kurang

Kebutuhan tidur setiap orang tidaklah sama, tapi jika ingin merasakan tubuh yang fresh dibutuhkan tidur berkualitas 7-9 jam setiap harinya. Untuk anak-anak serta remaja, membutuhkan tidur antara 8-10 jam setiap harinya. Akibat kurang tidur bagi mata salah satunya dapat membuat kamu terlihat lelah saat bangun dan mengalami nyeri pada tulang alis.

  • Bekerja di depan komputer

Duduk seharian di depan layar komputer merupakan aktivitas wajar bagi sebagian pekerja kantoran. Mata terasa berat dan kering serta merah merupakan salah satu keluhan paling umum. Tapi tidak hanya itu saja, ada banyak resiko penyakit akibat pengaruh komputer terhadap kesehatan mata dan bagian tubuh lainnya. Bahkan sudah banyak penelitian yang menunjukkan 50-90% orang kantoran bekerja di depan layar komputer akan mendapat masalah kesehatan seperti sakit nyeri pada tulang alis.

  • Kurang minum air

Kurang minum air putih ternyata bisa mempengaruhi kehidupan kamu sehari-harinya. Selain bisa menimbulkan kelelahan, kamu juga bisa sakit pada tulang alis. Jika kamu tidak memiliki cukup cairan dalam tubuh, sel akan memperlambat aktivitas sehingga menghasilkan sedikit energi. Selain itu, orang yang mengalami dehidrasi akan sering merasa lelah dan mengantuk.

  • Folikulitis pada alis

Folikulitis merupakan peradangan pada folikel rambut atau di tempat rambut biasanya tumbuh diakibatkan infeksi bakteri. Ini dapat menimbulkan rasa perih dan gatal, walaupun penyakit ini tidaklah berbahaya. Tapi, folikulitis dalam tahapan parah bisa membuat rambut rontok secara permanen, menimbulkan bekas luka, bahkan rasa sakit pada tulang alis.

  • Sakit kepala cluster

Selain itu rasa sakit pada tulang alis yang kamu rasakan akibat sakit kepala tipe cluster. Sakit kepala tipe cluster bisa berulang secara periodik serta muncul dalam waktu singkat. Sakit kepala tipe cluster, bisa terjadi selama 4-8 minggu bahkan bisa muncul 1-2 kali per harinya. Bahkan beberapa orang sering merasakan sakit sekitar mata, bahkan sakit pada tulang alis.

Menurut beberapa dokter, bagian otak hipotalamus yang berperan dalam rasa sakit kepala tipe cluster. Rasa sakit pada tulang alis ini bisa disebabkan beberapa faktor pencetus seperti coklat, alkohol, rokok, dan udara panas bisa turun berperan. Sebaiknya saat sakit kepala disertai sakit pada tulang alis datang menyerang ada sebaiknya kamu beristirahat, kurangi radiasi mata akibat terlalu sering menatap layar komputer.

Anda juga bisa minum obat pereda rasa sakit untuk mengurangi nyeri ataupun minum obat jenis NSAID. Jika sakit pada tulang alis masih belum reda lebih baik kamu segera berkonsultasi ke dokter terutama spesialis saraf agar bisa segera diperiksa secara holistik. Dokter juga akan memastikan penyebabnya dan kondisi apakah berbahaya atau tidak berbahaya.

, ,