Sponsors Link

9 Tips Memilih Kacamata Untuk Hijabers Agar Pas

Sponsors Link

Kacamata menjadi salah satu alat bantu yang sangat diperlukan untuk penderita kelainan mata. Menggunakan kacamata tidak hanya membuat pandangan mata lebih jelas tapi juga membantu agar mata tidak sakit. Jika penderita kelainan mata seperti mata minus atau mata plus tidak menggunakan kacamata maka biasanya mata akan sakit.

ads

Menggunakan kacamata juga menjadi cara agar mata minus tidak bertambah karena akomodasi lensa mata tetap stabil. Namun menggunakan kacamana juga bisa menjadi tidak nyaman jika bentuknya tidak sesuai dan bahan yang kurang nyaman untuk digunakan. Terlebih untuk hijabers yang menggunakan hijab di kepala. Bentuk wajah biasanya akan berubah ketika sudah menggunakan hijab dan kacamata. Ini membuat hijabers tidak percaya diri. Nah, kami sampaikan daftar tips memilih kacamata untuk hijabers agar pas.

1. Harus Sesuai dengan Bentuk Wajah

Tips Memilih Kacamata Untuk Hijabers

Fungsi kacamata minus memang harus mendukung penglihatan sehingga lebih jelas ketika melihat benda-benda yang letaknya cukup jauh. Ini memang kelemahan mata minus dibandingkan mata yang normal. Kemudian bentuk kacamata untuk hijabers harus sesuai dengan bentuk wajahnya. Tidak hanya mengikuti tren yang sedang berkembang tapi akhirnya tidak sesuai. Apalagi hanya melihat promosi dari selebritis yang memang tidak memakai hijab. Jadi ada cara mudahnya untuk mengikuti bentuk frame kacamata dengan bentuk wajah, yaitu:

  • Wajah bulat : lebih sesuai dengan kacamata bentuk persegi panjang agar tidak terlihat chubby.
  • Wajah kotak: lebih cocok menggunakan kacamata bentuk oval, persegi panjang atau bulat dengan bagian sisi tepi yang melengkung sedikit.
  • Wajah oval: sangat mudah karena bentuk frame apa saja bisa sesuai.
  • Wajah segitiga: pilih kacamata dengan bentuk bingkai yang lebih lebar pada bagian atas dan sempit pada bagian bawah. Kacamata ini mirip seperti mata kucing dan sesuai untuk kacamata tebal.
  • Wajah segitiga: sangat cocok menggunakan kacamata yang memiliki sudut dengan sedikit lengkungan atau bentuk oval.

2. Bahan Gagang Kacamata

Tips Memilih Kacamata Untuk Hijabers

Jika Anda mengunjungi toko optik maka banyak sekali jenis dan model kacamata. Berbagai frame bisa terbuat dari bahan besi, kombinasi kawat dan plastik serta model lainnya. Karena menggunakan hijab maka kemungkinan pada bagian dalam atau sekitar telinga lebih banyak berkeringat.

Karena itu lebih baik memilih kacamata dengan gagang yang terbuat dari plastik dan anti karat. Kedua bahan ini banyak memiliki model yang bisa disesuaikan dengan bentuk wajah. Selain untuk kacamata minus maka sesuaikan juga dengan jenis penyakit mata yang diderita.

3. Pilih Warna Frame yang Netral Saja

Tips Memilih Kacamata Untuk Hijabers

Jika Anda pertimbangkan lagi maka apakah lebih sering berganti kacamata atau berganti bentuk, warna dan model hijab? Tentu saja hijabers akan lebih sering berganti hijab termasuk untuk warna dan model. Karena warna hijab menyesuaikan penampilan dari atas sampai bawah. Nah karena itu Anda sebaiknya memilih frama kacamata dengan warna yang netral. Kecuali Anda memang memiliki banyak koleksi kacamata. Beberapa warna frame biasanya ditawarkan dalam bentuk frame plastik dan kombinasi kawat tipis. Misalnya menggunakan warna frame hitam, putih, merah bata, coklat, biru hitam dan warna netral lain. Jadi semua frame ini bisa digunakan untuk warna hijab apa saja.

Sponsors Link

4. Frame Tipis Agar Nyaman

Tips Memilih Kacamata Untuk Hijabers

Salah satu penyebab mata cepat lelah saat menggunakan kacamana adalah karena bentuk frame yang kurang sesuai, frame yang berat dan tidak nyaman. Karena itu untuk hijabers sebaiknya menggunakan frama kacamata yang lebih tipis dengan bahan titanium atau besi ringan.

Biasanya model frame ini tidak terlalu berat sehingga sisi telinga tetap nyaman. Juga tidak menyebabkan tekanan karena memakai hijab. Nah model kacamata ini juga sesuai untuk berbagai model hijab yang santai sehingga bentuk hijab tidak akan tertekan atau tertarik oleh frame kacamata.

5. Frame Tanpa Bingkai

Tips Memilih Kacamata Untuk Hijabers

Terkadang ketika sudah mengenakan hijab dan kacamata maka wajah terlihat lelah dan kurang nyaman. Semua itu bisa karena tekanan pada bagian sekitar mata dan telinga. Ditambah dengan rasa pusing karena kacamata yang kurang sesuai.

Nah agar tidak mengalami masalah ini maka gunakan kacamata dengan bentuk frame tanpa bingkai. Model kacamata ini bisa membuat wajah menjadi sangat segar dan nyaman. Selain itu juga tampak muda dan bisa digunakan untuk berbagai gaya dan model hijab. Sudah banyak juga yang menggunakan model kacamata ini.

6. Frame Polos untuk Hijab Aneka Warna

Jika Anda sering menggunakan hijab dengan aneka warna maka cobalah untuk memilih kacamata dengan frama polos. Warna polos memudahkan agar lebih sesuai dengan kesan atau warna wajah dan tampilan wajah Anda. Begitu juga dengan sebaliknya agar lebih sesuai maka jika menggunakan hijab polos maka bisa memilih kacamata yang berwarna lebih mencolok.

Sponsors Link

7. Datang Langsung ke Toko Optik

Tentu saja untuk menemukan kacamata yang sesuai maka lebih baik langsung datang ke pusat optik. Meskipun ada banyak toko kacamata online, tapi sebenarnya jika belum terbiasa maka tidak disarankan. Karena terkadang promo yang disampaikan oleh model hasilnya berbeda jika digunakan. Jadi lebih baik datang ke toko langsung kemudian mencoba beberapa model sampai menemukan yang sesuai. Anda juga bisa meminta pendapat dari penjaga optik sehingga bisa memberikan saran untuk model yang sesuai.

8. Kacamata Sesuai Resep

Hal lain yang harus diperhatikan adalah memilih kacamata yang sesuai dengan resep dokter. Hal ini harus sesuai dengan resep dokter karena jika tidak maka akan pusing atau tidak nyaman saat digunakan. Dan untuk menjaga kesehatan mata maka cobalah mengonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata.

9. Sesuaikan Tone Warna Kulit

Tips Memilih Kacamata Untuk Hijabers

Hal yang tidak boleh terlupa adalah harus menyesuaikan bentuk dan warna frame agar sesuai dengan warna tone kulit. Jika tone kulit berwarna lebih gelap maka bisa memilih frame dengan warna yang netral dan tidak terlalu mencolok. Sementara jika warna tone kulit lebih terang maka bisa memilih warna kacamata yang lebih cerah seperti putih, biru, hitam, ungu, merah dan warna lain. Cara ini juga seperti menyesuaikan kacamata dengan warna hijab.

Itulah semua tips memilih kacamata untuk hijabers agar pas. Anda harus melakukan dengan tepat agar bisa menemukan kacamata yang sesuai.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Gaya Hidup