Sponsors Link

Ulkus Kornea : Penyebab – Cara Mengatasi – Pencegahan

Sponsors Link

Ulkus kornea terjadi paling sering karena infeksi yang menimbulkan luka terbuka pada kornea. Kondisi ini dapat menyerang pasien pada usia berapapun. Pada artikel ini akan dibahas mengenai ulkus kornea: penyebab, cara mengatasi dan pencegahan.

ads

Gejala umum dari ulkus kornea adalah mata merah, rasa nyeri parah, seperti ada sesuatu di mata, mata menjadi berair, nanah ataupun cairan kental keluar dari mata, dan pandangan menjadi kabur, sensitivitas pada cahaya, dan bengkaknya kelopak mata. Apabila ulkus sangat besar maka terdapat bercak bulat putih pada kornea yang terlihat dengan mata telanjang. Gejala dari ulkus kornea harus segera diatasi, karena dapat menjadi penyebab kebutaan mata.

Meskpun ulkus kornea paling sering disebabkan karena infeksi, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni:

  • Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri biasanya terjadi pada pengguna lensa kontak. Pengguna lensa kontak terkadang lupa melepaskan lensa kontak saat ingin tidur. Selain itu, terkadang pengguna tidak mensterilkan lensa dengan benar. Hal ini dapat memicu berkembangnya bakteri pada lensa yang menyebabkan ulkus kornea.

  • Infeksi Virus

Biasanya disebabkan oleh jenis virus seperti herpes simplex virus penyebab cold sores atau virus varicella penyebab cacar air.

  • Infeksi Jamur

Ulkus kornea karena infeksi jamur jarang terjadi. Biasanya terjadi karena seseorang menggunakan tetes mata steroid maupun lensa kontak yang tidak disterilkan dengan baik.

  • Cedera Mata

Cedera mata ringan mungkin tidak terlalu membahayakan, hal ini dapat ditangani dengan mudah. Namun, cedera mata berat dapat menjadi salah satu penyebab ulkus kornea ataupun jenis-jenis penyakit mata lainnya. Cedera mata dapat disebabkan oleh benturan tumpul pada mata, masuknya benda asing seperti serangga, dan sengatan panas penyebab luka bakar pada mata.

  • Mata Kering

Sindrom mata kering dapat menjadi penyebab ulkus kornea. Mata kering merupakan kondisi dimana mata sangat kekurangan cairan. Sedikitnya jumlah air mata yang diproduksi dapat menyebabkan ulkus kornea.

  • Kelainan Inflamasi

Inflamasi adalah peradangan pada mata yang terjadi pada kornea mata. Peradangan ini dapat memicu luka terbuka pada kornea.

  • Penggunaan Lensa Kontak

Lensa kontak bisa menjadi penyebab ulkus kornea. Anda perlu memperhatikan kebersihan lensa kontak Anda. Anda perlu mengetahui cara merawat lensa mata yang baik untuk kesehatan mata Anda.

  • Kekurangan Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin mata terbaik. Kekurangan vitamin A tidak hanya dapat menyebabkan ulkus kornea, tetapi xeroftalmia (bola mata menjadi kering) serta pembengkakan kelopak mata.

Cara Mengatasi Ulkus Kornea

Ulkus kornea merupakan permasalahan yang serius, maka Anda harus menemui dokter spesialis mata sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Dokter akan mendeteksi dengan menggunakan mikroskop mata khusus atau slit lamp. Selain itu, untuk mempermudah dokter akan meneteskan obat mata yang mengandung pewarna fluorescence pada mata. Apabila diduga ulkus kornea terjadi karena infeksi, maka dokter akan mengambil sampel ulkus untuk dicek lebih lanjut oleh laboratorium.

Sponsors Link

Pengobatan disesuaikan dengan penyebab terjadinya ulkus kornea. Berikut adalah jenis pengobatan yang biasanya diberikan oleh dokter:

  1. Apabila ulkus kornea terjadi karena infeksi mata, maka selama dokter menguji sampel ulkus kornea Anda akan diberikan tetes mata anti bakteri.
  2. Pada kasus ulkus kornea hingga menyebabkan mata meradang dan bengkak, maka dokter akan memberikan tetes mata kortikosteroid.
  3. Pada kasus yang parah, dokter akan menyarankan transplantasi kornea. Transplantasi kornea membutuhkan operasi pengangkatan jaringan kornea dan penggantian dengan donor jaringan. Operasi ini bisa menyebabkan komplikasi seperti pertumbuhan glaucoma, penolakan jaringan donor, katarak, infeksi mata, dan bengkak pada kornea.

Pencegahan Ulkus Kornea

Ulkus kornea merupakan salah satu jenis penyakit mata serius yang dapat menyebabkan kebutaan. Lebih baik mencegah daripada mengobati adalah ungkapan yang tepat untuk penyakit mata ini. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah ulkus kornea atau mengurangi bertambah parahnya penyakit ini, yaitu:

  1. Apabila Anda menggunakan lensa kontak, maka segeralah lepas jika Anda merasa ada yang mengganjal di mata Anda.
  2. Kompres dingn mata yang mungkin terkena secara perlahan.
  3. Jangan mengucek dan menyentuh mata dengan tangan Anda.
  4. Rutin mencuci tangan dan mengeringkan dengan handuk bersih untuk membatasi penyebaran infeksi.
  5. Anda bisa menggunakan obat penawar rasa sakit yang dijual bebas di pasaran, seperti acetaminophen (Tylpenol) atau ibuprofen (Motrin).
  6. Lepas lensa kontak Anda sebelum tidur.
  7. Sterilkan lensa kontak sebelum dan sesudah pemakaian dengan baik.
  8. Bilas mata Anda untuk mengeluarkan benda asing.
  9. Jangan lupa mencuci tangan sebelum menyentuh mata Anda.

Inilah penjelasan tentang ulkus kornea: penyebab, cara mengatasi, dan pencegahan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selalu jaga kesehatan mata Anda.

, , ,



Oleh :